Logo Morula
Kembali

PGS (Pre-Implantation Genetic Screening) Terobosan Keberhasilan IVF

/media/images/2015/06/30/pgs.jpeg

Kelainan kromosom yang merupakan penyebab utama kegagalan program bayi tabung/ in vitro fertilization (IVF) kini dapat dihindari. Lebih dari 80% kegagalan program IVF disebabkan oleh kelainan kromosom, oleh karena itu identifikasi kelainan kromosom sebelum embrio transfer merupakan hal yang penting dalam menentukan keberhasilan IVF. Solusi dalam mengatasi masalah ini adalah dengan dilakukannya pre-implantation genetic screening (PGS).

PGS adalah tindakan pemeriksaan kromosom pada embrio sebelum dilakukan embrio transfer atau penanaman embrio ke dalam rahim. Embrio normal terdiri atas sejumlah sel yang masing-masing memiliki 46 kromosom, termasuk didalamnya kromosom x dan y yang merupakan kromosom sex. Jika embrio memiliki jumlah kromosom kurang atau lebih dari 46 maka embrio tersebut memiliki kelainan yang disebut aneuploidy.

Tujuan dari PGS adalah untuk mengidentifikasi embrio aneuploidy sehingga hanya embrio dengan jumlah kromosom normal yang ditanamkan kembali ke dalam rahim. Penelitian membuktikan bahwa dengan PGS keberhasilan program IVF mengalami peningkatan yang signifikan.

 

Selain meningkatkan keberhasilan IVF, kelebihan dlakukannya PGS antara lain:

 

  • Menurunkan resiko terjadinya keguguran.

  • Menurunkan biaya penyimpanan freezing embrio karena hanya embrio dengan jumlah kromosom normal saja yang disimpan

  • Memungkinkan dilakukannya single embrio transfer sehingga menurunkan kemungkinan kehamilan multipel (kembar maupun tiplets) yang merupakan kehamilan beresiko

  • Menghilangkan faktor usia ibu sebagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan IVF (dengan PGS tingkat keberhasilan IVF pada wanita usia yang lebih tua sama dengan wanita usia muda)

 

Saat ini Morula IVF Indonesia bekerjasama dengan Reproductive Health Science Australia menghadirkan PGS sebagai terobosan dalam meningkatkan keberhasilan IVF di Indonesia. Morula IVF yang berlokasi di Gedung BIC Jl. Teuku Cik ditiro No. 12 Menteng, Jakarta Pusat telah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium khusus yang memadai dalam mendukung proses pelaksanaan screening genetika pre-implantasi (PGS) bagi pasangan yang membutuhkan.

 

 

Dengan mendaftar di Morula IVF, Anda akan mendapatkan
informasi terbaru tentang bayi tabung dan bisa berkonsultasi
gratis dengan kami.
Daftar Sekarang
Pudah punya akun?

Masuk ke Akun Anda

Lupa Akun Anda?

Link reset password telah dikirim ke alamat email Anda.

Email tidak masuk? Kirim ulang disini!

Password Anda berhasil diubah.

silakan login kembali

Buat Sandi Baru

Buat Sandi Baru

Daftarkan Akun Anda

Silahkan menunggu

Punya pertanyaan?

Jangan ragu, kami akan menghubungi Anda

Ajukan untuk dihubungi