Logo Morula
Kembali

Semen Analysis (pemeriksaan sperma)

/media/images/2015/09/14/istock_000032028624large-sperm.jpg

Semen analysis merupakan sebuah pemeriksaan laboratorium yang bertujuan untuk menganalisis berapa banyak air mani(semen) yang dihasilkan seorang pria serta menunjukkan jumlah dan kualitas sperma dalam air mani.Pemeriksaan ini merupakansalah satu langkah pemeriksaan pertama yang dilakukan untuk mengetahui apakah seorang pria memiliki masalah kesuburan(infertilitas). Lebih dari sepertiga pasangan yang tidak memiliki anak (infertil)memiliki masalah pada faktor sperma.

Persiapan

Anda akandiminta untuk menghindari aktivitas seksual yang menghasilkan ejakulasi selama2 sampai 5 hari sebelum pengambilan sampel. Hal ini membantu untuk memastikan bahwa jumlah sperma Anda akan berada pada tingkat tertinggi. Jika memungkinkan, jangan menghindari aktivitas seksual selama lebih dari 1 sampai 2 minggu sebelum pengambilan sampel.Jangka waktu yang terlalulama tanpa aktivitas seksual dapat menyebabkan pergerakan sperma kurang aktif.

Pengambilansampel

Anda akan diminta untuk memberikan sampel air mani. Hal ini biasanya dilakukan dengan ejakulasi ke dalam tabung sampel bersih yang disediakan. Anda dapat melakukan pengambilan sampel di ruang pribadi yang umumnya disediakan laboratorium atau rumah sakit. Jika Anda tinggal dekat dengan laboratorium yang melakukan pemeriksaan, Anda dapat mengumpulkan sampel air mani di rumah, namun sampel harus segera diantarkan ke laboratorium segera setelah ejakulasi. Jauhkan sampel dari sinar matahari langsung. Selama membawa sampel air mani, jaga agar wadah berada sedekat mungkin dengan tubuh Anda agar sampel berada pada suhu yang mendekati suhu tubuh normal. Jangan mendinginkan sampel air mani

  • Cara yang paling umum untuk melakukan pengambilan sampel air mani adalah dengan masturbasi. Tidak disarankan untuk menggunakan pelumas pada proses pengambilan sampel karena akan mempengaruhi hasil pemeriksaan.
  • Jika metode ini berlawanan dengan keyakinan Anda, sampaikan kepada dokter Anda agar dapat didiskusikan cara-cara yang berbeda untuk mendapatkan sampel.
  • Sampel air mani dapat bervariasi dari hari ke hari, jika diperlukan dua atau tiga sampel yang berbeda dapat diperiksa dalam jangka waktu 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.
  • Analisis air mani yang bertujuan untuk menilai seberapa baik vasektomi, dilakukan 6 minggu setelah tindakan vasektomi.

 

Hasil

Hasil dari analisisair mani umumnya dapat diketahui dalam satu hari. Nilai normal dapat bervariasi dari laboratorium ke laboratorium. Hal-hal yang dinilai pada analisis air mani meliputi:

ü  Volume adalah ukuran dari berapa banyak air mani dalam satu kali ejakulasi. Normal: 2–5 milliliter (mL) (0.002–0.005 L/ SI units) per ejakulasi

ü  Waktu Pencairan (Liquefaction time) Semen adalah gel tebal pada saat ejakulasi, namun kemudian menjadi cair dalam waktu ±20 menit setelah ejakulasi. Waktu pencairan adalah waktu yang dibutuhkan oleh semen untuk berubah menjadi cairan yang lebih encer. Normal: 20–30 menit dari ejakulasi.

ü  Jumlah sperma (Sperm count) jumlah sperma per mililiter (mL) air mani dalam satu ejakulasi. Normal: 20 juta spermatozoa per milliliter (mL) atau lebih.

ü  Morfologi sperma (Sperm morphology) Persentase sperma yang memiliki bentuk normal. Normal: lebih dari 30% spermatozoa berbentuk normal. Spermatozoa dapat dinilai abnormal melalui bentuk kepala dan bentuk ekor. Misalnya satu spertatozoa memiliki 2 kepala atau 2 ekor, ukuran ekor pendek, bentuk kepala kecil, bentuk kepala bulat dan lain-lain. Bentuk spermatozoa yang abnormal mengakibatkan sperma tidak dapat bergerak maupun membuahi sel telur dengan baik. Walaupun demikian bentuk sperma yang abnormal merupakan hal yang umum ditemukan pada setiap analisis air mani. Oleh karena itu yang dinilai adalah seberapa besar persentase bentuk sperma yang normal dari satu ejakulasi.

ü  Motilitas sperma (Sperm motility)  Persentase sperma yang dapat bergerak maju secara normal. Normal: Lebih dari 50% menunjukkan gerakan yang normal setelah 1 jam.

ü  PH Ukuran dari keasaman (pH rendah) atau kebasaan (pH tinggi) dari air mani. Normal: pH 7.1–8.0

ü  Jumlah sel darah putih (White blood cell count) Sel darah putih merupakan hal yang seharusnya tidak ditemukan dalam analisis air mani. Normal: Tidak ditemukan sel darah putih

ü  Tingkat Fruktosa (Fructose level)àJumlah gula yang disebut fruktosa dalam air mani. Fruktosa berfungsi sebagai sumber energi bagi sperma.Walaupun demikian saat ini pemeriksaan tingkat fruktosa pada analisa air mani bukanlah hal yang secara rutin dilakukan.

 

Hal yang dapat mempengaruhi hasil analisa

Analisa air mani tidak dapat sepenuhnya dinilai atau menurun sensitifitasnya jika:

ü  Anda mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan jumlah sperma, misalnya hormon (testosteron, estrogen), sulfasalazine, nitrofurantoin, beberapa obat kemoterapi dan lain sebagainya.

ü  Anda mengkonsumsi kafein, alkohol, kokain, ganja, atau tembakau.

ü  Anda menggunakan obat-obatan herbal yang belum sepenuhnya diketahui pengaruhnya terhadap hormonal atau jumlah sperma secara langsung.

ü  Sampel air mani Anda berada pada suhu dingin sebelum diperiksa. Nilai motilitas sperma akan rendah dan tidak akurat jika sampel air mani terpapar dingin.

ü  Anda terkena radiasi, beberapa bahan kimia (seperti pestisida tertentu atau spermisida), atau panas berkepanjangan.

ü  Sampel air mani Anda tidak lengkap.Tidak semua air mani terkumpul di tabung saat pengambilan sampel.

 

Beberapa kondisi dapat dihubungkan dengan jumlah sperma yang rendah.Antara lainorkitis, varikokel, sindrom Klinefelter, pengobatan radiasike testis, dan penyakit lainnya yang dapat menyebabkan menyusutnya(atrofi) testis.Pastikan untuk memberitahu dokter Anda tentang obat-obatan atau suplemen,medis maupun herbal, yang Anda konsumsi dan komunikasikan dengan dokter Anda apabila terdapat hal-hal yang Anda khawatirkan akan mempengaruhi hasil analisa air mani anda.

Dengan mendaftar di Morula IVF, Anda akan mendapatkan
informasi terbaru tentang bayi tabung dan bisa berkonsultasi
gratis dengan kami.
Daftar Sekarang
Pudah punya akun?

Masuk ke Akun Anda

Lupa Akun Anda?

Link reset password telah dikirim ke alamat email Anda.

Email tidak masuk? Kirim ulang disini!

Password Anda berhasil diubah.

silakan login kembali

Buat Sandi Baru

Buat Sandi Baru

Daftarkan Akun Anda

Silahkan menunggu

Punya pertanyaan?

Jangan ragu, kami akan menghubungi Anda

Ajukan untuk dihubungi
Error
Whoops, looks like something went wrong.