Logo Morula
Kembali

Tips menunggu saat tes kehamilan

/media/images/2016/02/25/menunggu_hamil_posisi2.jpg

Artikel ini dirangkum Morula IVF karena pengalaman-pengalaman Morula-Survivor yang menyatakan bahwa masa terberat dalam perjalan IVF maupun IUI (inseminasi) adalah saat “2 minggu” menunggu hari dimana boleh melakukan tes kehamilan. Disini Morula IVF memberikan tips-tips yang dapat membantu mengatasi periode tersebut.

  1. Setelah inseminasi atau embrio transfer, tidak ada yang hal yang dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya IUI/IVF. Hal ini berada di luar kendali Anda maupun Dokter Anda. Perasaan pesimisme, perubahan suasana hati dan kecemasan Anda tidak akan mengubah hasil. Oleh karena itu penting untuk disadari bahwa stres yang Anda rasakan hanya akan memperberat periode ini.

  2. Salah satu mitos terbesar dalam IUI ataupun IVF adalah bahwa embrio atau sperma bisa "jatuh keluar". Embrio dan sperma tidak akan bisa keluar begitu saja. Kedua sisi dinding rahim akan menjaga embrio tetap pada posisinya, dan apa pun yang Anda lakukan tidak akan bisa mengusir embrio kecil ini. Bahkan jika Anda batuk terlalu keras, duduk lama, sering ke kamar mandi, berjalan atau melakukan aktifitas Anda seperti biasanya,percayalah bahwa embrio tidak akan jatuh keluar.

  3. Menunggu saat tes kehamilan akan terasa seperti waktu yang sangat, sangat lama. Rencanakan kegiatan Anda selama periode ini.Buatlah daftar kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mengalihkan perhatian Anda, memanjakan diri, dan membuat waktu berjalan lebih cepat. Jika Anda bekerja, tetaplah bekerja sampai batas tertentu dimana Anda tidak kelelahan. Di waktu luang, pilih kegiatan yang Anda sukai. Menonton film, spa, pergi ke salon, merajut, memasak, belanja, apapun yang dapat membantu mengalihkan perhatian dari waktu.

  4. Konsumsi progesteron (merupakan hormon yang sewajarnya diberikan untuk menunjang proses IVF – misalnya crinone®) dapat menyebabkan keluhan yang menyerupai kehamilan. Hal ini tidak selalu dirasakan, tetapi umumnya Anda akan merasa mudah lelah, kembung, dan mual. Payudara Anda juga akan terasa lebih kencang. Semua ini memang dapat menjadi tanda-tanda awal kehamilan tetapi dapat juga merupakan efek dari progesterone. Ada baiknya jika selama menunggu tes, Anda mencoba untuk tidak fokus pada gejala-gejala tersebut. Bahkan, banyak wanita tidak memiliki gejala sama sekali setelah transfer embrio, justru memiliki kehamilan yang sehat.

  5. Jangan mencoba melakukan tes kehamilan sebelum waktu yang disarankan dokter anda.Hal ini hanya akan membuat anda semakin gelisah dan stress.

  6. Jauhkan diri Anda dari handphone Anda! Jika keluarga, sahabat dan teman Anda telah mengetahui bahwa Anda sedang menjalani perawatan kesuburan, maka Anda mungkin akan dibanjiri dengan pesan singkat atau panggilan telepon yang menanyakan kabar Anda. Jika ini mulai mengganggu Anda, pilihlah seorang juru bicara untuk Anda (sahabat, kerabat, dll ...). Juru bicara ini akan memberitahu semua orang bahwa ketika ada kabar baik untuk berbagi, Anda pasti akan menghubungi mereka.

  7. Ijinkan diri Anda untuk melindungi perasaan anda. Pilihlah dengan siapa Anda menghabiskan waktu bersama. Pilihlah orang-orang yang akan mendukung, menghibur, dan mengalihkan perhatian Anda. Jangan ragu untuk menghindari kegiatan yang menurut Anda terlalu stres bagi Anda. Acara-acara seperti baby shower teman Anda, menjenguk teman yang melahirkan atau ulang tahun anak sahabat boleh saja dihindari selama periode ini. Anda tidak dapat berharap semua orang memahami proses yang Anda jalani, sehingga anda boleh membentuk lingkungan Anda sebaik mungkin.

  8. Meskipun sulit, cobalah untuk menyeimbangkan harapan Anda dengan realitas. Tidak ada cara yang mudah untuk melakukan ini. Hal terbaik adalah menunggu dengan perasaan penuh harapan dan optimis; tetapi seiring dengan itu ada baiknya mempersiapkan "Rencana B”jika tes kehamilan Anda negatif. Lakukan ini sebelum transfer embrio atau segera setelah transfer. Tetapkan keputusan Anda dan jangan membicarakan "Rencana B “ ini lagi hingga hasil tes kehamilan keluar.

  9. Tariklah nafas panjang perlahan setiap kali Anda merasa gelisah.Percayalah bahwa hal terbaik menanti anda, tenangkanlah diri Anda dan yakinlah bahwa bukan hanya Anda yang mengalami hal ini. Jutaan Ibu lain di seluruh dunia telah menjalani proses ini sebelum Anda.

Ingat bahwa dokter Anda dan tim keperawatan sepenuhnya mendukung Anda selama periode ini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah, jangan bertanya-tanya, menebak-nebak atau membaca informasi di internet yang meragukan. Jika hal ini meresahkan Anda, HUBUNGI KAMI, Kami peduli dan ingin mendampingi Anda menjalani proses ini dengan sebaik mungkin.



  • Disadur dari berbagai sumber

 

Dengan mendaftar di Morula IVF, Anda akan mendapatkan
informasi terbaru tentang bayi tabung dan bisa berkonsultasi
gratis dengan kami.
Daftar Sekarang
Pudah punya akun?

Masuk ke Akun Anda

Lupa Akun Anda?

Link reset password telah dikirim ke alamat email Anda.

Email tidak masuk? Kirim ulang disini!

Password Anda berhasil diubah.

silakan login kembali

Buat Sandi Baru

Buat Sandi Baru

Daftarkan Akun Anda

Silahkan menunggu

Punya pertanyaan?

Jangan ragu, kami akan menghubungi Anda

Ajukan untuk dihubungi
Error
Whoops, looks like something went wrong.