infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup membahayakan. Parahnya, walaupun penyakit ini berbahaya, masyarakat belum banyak mengetahui informasi seputar gejala dan cara mengobatinya sehingga infeksi tersebut tidak segera ditangani dan menjadi semakin parah. Oleh sebab itu, kali ini akan dibahas secara gamblang mengenai penyakit yang menyerang saluran urine tersebut beserta gejala dan cara pencegahannya.

Apa Itu Infeksi Pada Saluran Kemih?

Infeksi ini merupakan penyakit yang menyerang bagian kantong kemih manusia. Kantong kemih tersebut adalah salah satu organ yang menampung urine dalam proses ekskresi yang dialami oleh manusia. Jika hal tersebut mengalami infeksi, maka saat kencing akan terasa sangat sakit dan bahkan manusia tidak bisa mengeluarkan urine mereka dalam beberapa waktu.

Tentunya, infeksi ini sangat berbahaya. Di samping menyerang kantung kemih, infeksi ini juga sering terjadi pada uretra. Jika kondisi infeksi sudah semakin parah, hal tersebut dapat memicu terjadinya urosepsis yang mana hal ini merupakan kondisi turunnya tekanan darah manusia hingga individu yang mengalaminya merasa syok dan bahkan menyebabkan kematian.

Gejala Infeksi Pada Saluran Kemih

Banyak sekali gejala yang akan ditimbulkan oleh tubuh ketika manusia mengalami infeksi pada saluran kemih. Untuk mendeteksi penyakit ini, gejala tersebut harus diketahui sejak dini. Lantas, apa saja gejala yang akan ditimbulkan? Simak informasi selengkapnya.

1. Sakit di Perut dan Panggul

infeksi saluran kemih

Gejala pertama yang ditimbulkan ketika mengalami infeksi pada saluran kemih adalah terasa nyeri pada perut dan panggul. Biasanya, secara tiba-tiba kedua bagian tubuh tersebut akan nyeri seperti layaknya ketika wanita akan mengalami haid. Tapi jika wanita pada saat itu tidak sedang haid, bisa jadi saluran kemih memang mulai mengalami kondisi ini.

2. Keluar Darah Saat Kencing

infeksi saluran kemih

Hati-hati jika mengeluarkan darah ketika kencing. Sebab, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda atau gejala terjadinya infeksi. Pada tahapan ini uretra atau kandung kemih sudah mulai terluka sehingga darah dari infeksi yang dialami akan ikut terbawa keluar bersama urine. Di samping itu, penderita juga akan merasa kesakitan saat kencing.

3. Demam Tak Berkesudahan

infeksi saluran kemih

Walaupun infeksi yang terjadi terletak pada organ bagian dalam manusia, namun hal ini akan menimbulkan gejala berupa demam yang tak berkesudahan. Demam tersebut biasanya juga disertai rasa pusing serta nyeri di beberapa bagian tubuh penderita yang mengalami infeksi pada saluran kemih.

Cara Mengatasi yang Dianjurkan

Ketika sudah mengalami gejala-gejala infeksi pada saluran kemih, maka si penderita harus secepatnya tanggap dan melakukan pencegahannya. Hal ini jika belum sangat parah bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan cara-cara alami.

Jangan menunggu sampai kondisi ini menjalar ke berbagai saluran kemih, tetapi cepatlah bertindak sebisa mungkin yang dilakukan. Lakukan cara sebagai berikut sebagai ikhtiar pencegahan infeksi yang cepat dan mudah:

  • Memperbanyak minum air putih yang bersih dan sehat.
  • Menggunakan celana dalam yang longgar, nyaman, dan mudah menyerap keringat.
  • Membersihkan organ vital sebelum melakukan hubungan intim bersama pasangan.

Hal tersebut sangat bisa dilakukan sendiri di rumah. Akan tetapi, jika infeksi sudah terasa, jangan lama-lama untuk memeriksakannya ke dokter agar mendapatkan diagnosa yang tepat, penanganan lebih lanjut, dan tentunya mendapatkan obat yang pas.

Demikianlah informasi mengenai infeksi saluran kemih yang dapat dipaparkan dalam pembahasan artikel kali ini. Semoga hal tersebut bermanfaat dan masyarakat lebih peduli dalam menjaga kesehatan mereka.