infertilitas adalah

Pernahkah Anda mendengar istilah infertilitas? Infertilitas adalah kondisi yang berkaitan dengan wanita yang mengalami kesulitan untuk hamil. Secara umum infertilitas adalah kondisi gangguan kesuburan. Untuk informasi lebih lengkap, simak pembahasannya pada uraian kali ini.

Pengertian Infertilitas

infertilitas adalah

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, infertilitas adalah adanya gangguan kesuburan. Dimana biasanya ditandai dengan kondisi seorang wanita yang tidak kunjung hamil setelah mencoba untuk hamil dalam kurun waktu satu tahun. Bagaimana bisa demikian? Penyebab keadaan yang satu ini, tentunya beragam. Seperti halnya infeksi pada saluran reproduksi juga PCOS (polycystic ovarian syndrome).

Infertilitas adalah gangguan reproduksi sehingga seseorang mengalami kesulitan untuk hamil. Kondisi ini dapat dikatakan bukan hal yang langka, karena nyatanya terdapat sekitar 10-18% pasangan suami istri di dunia yang mengalami infertilitas tersebut.

Terdapat dua jenis infertilitas, yaitu primer dan sekunder. Dimana infertilitas primer adalah mana kehamilan yang belum terjadi sama sekali. Sedangkan infertilitas sekunder merupakan kondisi kelahiran anak pertama atau pernah hamil namun terus mengalami keguguran.

Menurut World Health Organization (WHO), infertilitas adalah penyakit sistem reproduksi dengan tanda yaitu kegagalan pasangan dalam mencapai kehamilan setelah berhubungan seksual tanpa proteksi selama 12 bulan atau lebih.

Seorang wanita bisa dikatakan memiliki masalah dalam kesuburan saat ia tidak kunjung hamil, meski telah mencobanya dalam kurun satu tahun, atau 6 bulan bagi mereka yang usianya di atas 35 tahun. Atau wanita yang terus maupun sering mengalami keguguran (sulit mempertahankan kehamilan) juga disebut infertil.

Infertilitas juga bisa terjadi pada pria, yaitu bergantung atau dinilai dari kualitas serta kuantitas sperma yang dihasilkannya. Beragam faktor dapat mempengaruhi proses kehamilan, mulai dari pelepasan sel telur saat ovulasi, pembuahan oleh sperma, sampai menempelnya sel telur yang telah dibuahi di dinding rahim. Infertilitas itu sendiri dapat terjadi ketika adanya gangguan pada salah satu proses kehamilan tersebut.

Penyebab Infertilitas

infertilitas adalah

Inilah beberapa penyebab ketidak suburan pada pria maupun wanita yang harus Anda pahami dengan baik. Beberapa gejala infertilitas adalah:

1. Pada Wanita

  • PCOS
  • Tersumbatnya tuba falopi
  • Kelainan struktur rahim
  • Fibroid atau benjolan nonkanker pada rahim
  • Infeksi saluran reproduksi
  • Pengaruh usia
  • Masalah berat badan.
  • Gaya hidup yang tidak sehat

2. Pada Pria

  • Kadar hormon tiroid terlalu rendah
  • kondisi hormon prolaktin yang terlalu tinggi (Hiperprolaktinemia)
  • Produksi hormon follicle stimulating hormone (FSH) dan luteinizing hormone (LH) dari kelenjar pituitari yang rendah
  • Hiperplasia adrenal kongenital atau saat kelenjar pituitari tertekan kenaikan hormon androgen adrenal yang menjadi penyebab rendahnya produksi sperma
  •  Infeksi penyakit kelamin tertentu

Gejala Infertilitas yang Perlu Diketahui

infertilitas adalah

Gejala umum pada pria adalah ketika ia tak mampu ejakulasi dengan baik, juga kondisi penis yang tidak baik pula, seperti halnya: bengkak, nyeri dan timbul benjolan sehingga berpotensi mengeluarkan sperma lebih sedikit dan kurang berkualitas.

Sedangkan pada wanita, University of Chicago Medicine menyebutkan bahwa gejala infertilitasnya beragam, juga tergantung pada apa yang menjadi penyebabnya. Umumnya, jika adanya kondisi nyeri haid yang tak tertahankan, menstruasi dengan darah yang terlalu pucat atau gelap, maupun menopause dini.

Pada intinya, infertilitas adalah kondisi dimana kesuburan wanita atau pria menjadi tidak optimal atau terganggu. Untuk berkonsultasi atau tindakan yang tepat, terutama bagi Anda pasangan yang menanti kehadiran buah hati di tengah keluarga, bisa melalui morulaivf.co.id yang terpercaya dengan dokter professional dan tenaga ahli di bidangnya.