ciri-ciri ovulasi berhasil dibuahi

Kehamilan merupakan hal  yang sangat dinantikan oleh banyak pasangan, gejala awal seperti telat haid padahal siklus haid selalu lancar setiap bulannya, sering merasakan kram, payudara terasa sakit, dan masih ada beberapa tanda-tanda lain. Itu bisa saja merupakan beberapa ciri-ciri ovulasi yang berhasil dibuahi. 

Ovulasi itu sendiri merupakan sebuah proses yang terjadi pada saat Anda sedang dalam masa menstruasi. Dalam proses ini, folikel yang sudah matang akan pecah dan mengeluarkan sel telur ke tuba falopi untuk segera dibuahi dan agar proses ovulasi berhasil.

Pada proses tersebut juga, Anda bisa mengetahui beberapa ciri-ciri berhasilnya ovulasi dan tanda-tanda wanita subur dan gampang hamil. Yuk kita cari tahu ciri-cirinya!

Ciri-ciri Ovulasi 

Anda biasanya akan merasakan beberapa tanda fisik saat sedang dalam masa ovulasi, seperti : 

1. Nyeri/Kram ringan

Tanda-tanda berhasilnya ovulasi yang pertama adalah nyeri atau kram. Tanda ini Anda memang sangat mirip seperti kram pada saat menstruasi. Tetapi, rasa sakitnya tidak terlalu sakit seperti sedang mens, melainkan lebih ringan. Selain itu, waktu yang dirasakan pun hanya sebentar dan muncul sesekali.

Nyeri ovulasi yang Anda rasakan bisa saja bukan merupakan tanda kehamilan, melainkan adanya suatu penyakit. Segera periksa ke dokter kandungan jika nyerinya sudah tidak tertahankan.

2. Pendarahan

Pendarahan muncul sebagai salah satu ciri ovulasi tinggi. Pendarahan yang Anda alami juga mirip seperti pendarahan saat haid dan banyak Anda yang tidak menyadarinya.

Ada perbedaan antara pendarahan ovulasi dan mens. Pada pendarahan ovulasi, warna darah yang keluar berwarna kecoklatan atau terkadang berwarna pink, volume darah tidak sebanyak dan sesering darah mens, lebih mirip bercak darah.

Pada pendarahan mens, darah yang keluar berwarna merah terang, sering mengalir, dan menggumpal walau tak sering.

3. Payudara terasa nyeri

Ciri-ciri ovulasi berhasil dibuahi selanjutnya yang Anda rasakan adalah payudara yang terasa nyeri. Tanda ini bisa terasa karena perubahan hormon yang terjadi sangat cepat.

Nyeri yang dirasakan biasanya terjadi pada beberapa hari setelah pembuahan, tetapi kebanyakan merasakan pada 7 hari setelah ovulasi.

Baca juga: Pengertian Ovulasi Secara Mendalam yang Harus Anda Pahami

4. Sering Buang Air Kecil

Salah satu ciri-ciri berhasilnya ovulasi ini sering Anda rasakan karena tubuh mengalami perubahan. Tubuh sedang menyediakan ruang untuk tumbuh kembang janin sehingga janin yang mulai terbentuk akan menekan kandung kemih.

Penekanan tersebut menjadi penyebab meningkatnya keinginan untuk buang air kecil, meskipun ukuran janin masih sangat kecil.

5. Telat Haid

Ciri-ciri ovulasi berhasil berikutnya merupakan sesuatu yang mudah Anda ketahui, yakni telat haid. Apalagi jika siklus haid Anda selalu lancar tiap bulannya. 

Telat datang bulan tidak bisa menjadi tanda pasti keberhasilan dalam kehamilan karena perubahan berat badan, dan stress bisa menjadi pemicu telatnya haid. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk periksa ke dokter kandungan langsung atau memeriksakan secara mandiri menggunakan test pack sehingga menjadi lebih yakin.

6. Perubahan pada Cairan Vagina

Vagina akan mengeluarkan cairan dan itu merupakan hal yang wajar bagi seluruh perempuan. Tetapi, warna, konsistensi, volume mengalami beberapa perubahan yang dikarenakan bertambahnya aliran darah ke vagina.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau cairan yang keluar tampak lebih berwarna putih, lebih banyak dan bertekstur licin. Itu merupakan hal yang wajar dan tidak perlu panik.

7. Peningkatan Suhu Tubuh

Selanjutnya, Anda akan merasakan adanya peningkatan pada suhu tubuh. Tanda ini sering menjadi salah satu berhasilnya ovulasi dibuahi. Oleh sebab itu, Anda bisa rajin mencatat suhu tubuh setiap pagi agar segera mengetahui kalau tiba-tiba suhu naik drastis.

Penyebabnya adalah karena tingginya kadar progesteron di dalam tubuh. Suhu tubuh yang biasa akan naik berkisar 37,4-37,5 °C.

8. Mood Berubah-ubah 

Ciri-ciri ovulasi berhasil dibuahi terakhir adalah mood yang suka berubah-ubah. Biasanya, ada beberapa perubahan yang umum para Anda rasakan meliputi selera makan, suasana hati, dan mudah lelah. 

Perubahan tersebut disebabkan oleh tubuh memproduksi hormon berlebih yang pada akhirnya membuat mood sering berubah alias mood swing

Apakah ciri-ciri di atas adalah hal yang pasti saat ovulasi berhasil dibuahi? Pada umumnya iya, tapi ternyata. hal-hal tersebut belum tentu menjadi patokan karena para perempuan memiliki tanda dan waktu yang bervariasi, bahkan ada beberapa perempuan yang tidak merasakan tanda ini sama sekali.

Oleh karena itu, Tanda-tanda di atas memang menjadi penyebab munculnya kehamilan pada para wanita. Tidak ada salahnya untuk Anda dan pasangan untuk segera memeriksakan diri langsung ke dokter kandungan terpercaya, agar bisa segera dilakukan tindakan lebih lanjut.

Tanda-tanda di atas memang menjadi ciri terjadinya kehamilan. Tetapi, tahukah anda bahwa ada ciri-ciri lain yang menandakan bahwa wanita memiliki kesuburan tinggi dan gampang hamil? Yuk simak di bawah ini.

Baca juga: Jangan Asal Tebak! Ini Ciri-Ciri Ovulasi Gagal dan Berhasil pada Wanita

Ciri-Ciri Wanita Subur dan Gampang Hamil

Selain itu, ada juga beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa Anda adalah wanita yang subur dan gampang hamil. Terdapat beberapa tanda-tanda wanita subur dan gampang hamil yang mudah dikenali dari sisi kesehatan dan juga fisik. Yuk kenali ciri-cirinya!

1. Siklus Menstruasi Normal

Ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil pertama adalah memiliki siklus menstruasi yang normal. Tamu bulanan yang datang selalu tepat waktu menandakan bahwa Anda termasuk wanita subur. 

Hormon yang bekerja dengan baik akan mengeluarkan sel telur secara teratur setiap bulan sebagai tanda siklus haid yang normal. Siklus haid dianggap tidak teratur kalau datangnya kurang dari 21 hari sekali dan lebih dari 38 hari sekali atau jadwalnya berubah-ubah.

2. Keluar Keputihan

Tanda selanjutnya adalah keluarnya keputihan. Keputihan dianggap sebagai salah satu masalah pada sebagian organ reproduksi wanita. Tetapi, keputihan juga bisa menandakan kalau Anda adalah wanita yang subur, lho!

Keputihan pada wanita normal biasanya sedikit lengket dan berwarna putih jernih atau bening. Sedangkan, keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur berupa cairan yang lebih mirip putih telur, lebih kental dan tidak lengket. 

Jadi, Anda tidak perlu khawatir kepada keputihan selama selalu memeriksa apakah normal atau tidak, karena keputihan bisa menjadi salah satu tanda pembuahan yang berhasil.

3. Tidak merokok

Tidak merokok merupakan salah satu ciri-ciri lain pada wanita subur dan gampang hamil berikutnya. Merokok turut andil dalam mempengaruhi tahapan pada proses reproduksi seorang wanita dan pria. Apalagi kalau merokok dalam jangka yang panjang dan terus menerus.

Persentase kerusakan ini akan terjadi lebih tinggi kalau Anda dan pasangan adalah sama-sama perokok aktif. Apa saja sih bahaya merokok dalam mempengaruhi proses reproduksi, khususnya kepada wanita? Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh rokok.

  • Membatasi gerak sel telur yang berhasil dibuahi untuk mencapai rahim
  • Hormon pendukung kehamilan akan memproduksi lebih sedikit
  • Keberhasilan ovulasi untuk dibuahi berkurang
  • Resiko keguguran akan meningkat
  • Sel telur yang berkualitas berkurang

Itulah beberapa ciri-ciri ovulasi berhasil serta tanda-tanda wanita subur dan gampang hamil yang mudah diketahui oleh Anda sendiri. Jika tidak yakin akan diagnosa yang dilakukan sendiri, jangan ragu untuk konsul dan periksa langsung ke dokter kandungan agar ovulasi tinggi, berjalan lancar, dan berhasil.