vitamin E for fertility

Bagi pasangan yang sudah menikah, menjaga kesuburan merupakan hal penting jika ingin memiliki keturunan. Selain dengan menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat, konsumsi vitamin E untuk kesuburan pria dan wanita ternyata juga memiliki fungsi yang cukup penting. Vitamin ini dipercaya mampu meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Benarkah demikian?

Kehamilan bisa terjadi jika suami dan istri sama-sama memiliki kesuburan yang baik. Hal ini akan membuat produksi sel sperma dan sel telur menjadi berkualitas sehingga peluang terjadinya pembuahan juga akan semakin besar. Maka dari itulah, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk menjaga kesuburan baik bagi pria maupun wanita.

Lalu apa saja sebenarnya khasiat dan manfaat vitamin E untuk kesuburan pria dan wanita? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Wanita

Bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, vitamin E merupakan salah satu suplemen yang disarankan untuk rutin dikonsumsi baik bagi pria maupun wanita. Vitamin E berguna untuk meningkatkan kesehatan reproduksi sehingga bisa membuat wanita menjadi lebih cepat hamil. Maka dari itu, sangat disarankan bagi wanita yang sedang promil untuk rutin mengonsumsi vitamin E.

Berikut ini beberapa manfaat vitamin E untuk kesuburan wanita yang perlu Anda ketahui.

1. Menebalkan Dinding Rahim

Salah satu manfaat vitamin E untuk wanita adalah untuk membantu menebalkan dinding rahim. Perlu Anda ketahui, bahwa dinding rahim memiliki peran penting dalam menentukan proses pembuahan dan kehamilan. Hal ini karena dinding rahim akan menjadi tempat bagi embrio untuk menempel hingga tumbuh menjadi janin.

Dinding rahim yang terlalu tipis, akan membuat proses terbentuknya janin dalam kandungan menjadi lebih sulit. Tidak hanya itu, dinding rahim yang tipis di bawah batas normal juga bisa meningkatkan risiko kegagalan pada proses bayi tabung dan bisa menyebabkan keguguran.

Manfaat vitamin E untuk kesuburan wanita dan pria menurut The Journal of Maternal-Fetal and Neonatal Medicine, bisa membantu untuk menebalkan dinding rahim sehingga membuat peluang kehamilan menjadi lebih besar. 

Baca juga: Berikut 5 Proses Bayi Tabung yang Harus Anda Ketahui

2. Melindungi Lapisan Air Ketuban

Vitamin E ternyata juga memiliki peran penting dalam melindungi lapisan air ketuban dari kerusakan. Manfaat vitamin E ini bisa Anda rasakan seiring konsumsi rutin yang akan membuat membran-membran di dalam tubuh menjadi lebih kuat. Dengan cara ini, Anda bisa mengantisipasi kerusakan pada air ketuban saat kehamilan sudah mulai membesar.

3. Mengatasi PCOS

Mengonsumsi vitamin E untuk wanita secara rutin juga bermanfaat untuk membantu mengatasi sindrom ovarium polikistik (PCOS). Sindrom ini merupakan salah satu jenis gangguan reproduksi yang biasanya cukup sering dialami oleh wanita. Biasanya wanita yang mengalami PCOS ini akan memiliki kadar hormone androgen berlebih sehingga memicu terjadinya resistensi insulin.

Wanita yang rutin mengonsumsi manfaat vitamin E untuk kesuburan pria akan memiliki risiko sindrom PCOS yang lebih kecil. Vitamin E juga berguna untuk membantu agar siklus menstruasi bisa normal kembali serta menyeimbangkan hormon pada wanita yang membuatnya akan lebih cepat hamil. 

4. Sumber Antioksidan

Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat kaya akan antioksidan. Perlu Anda ketahui, antioksidan sangat diperlukan untuk menjaga kesuburan baik bagi pria maupun wanita. Hal ini karena antioksidan bekerja untuk menghilangkan radikal bebas dan oksigen reaktif dalam tubuh.

Tingginya tingkat oksigen reaktif dalam tubuh wanita bisa membuat sel telur rusak. Hal ini pastinya akan berpengaruh terhadap proses pembuahan yang gagal. Dengan mengonsumsi vitamin E yang kaya akan antioksidan, bisa membantu melindungi sistem reproduksi serta menjaga kesehatan rahim.

Tidak hanya itu, vitamin E juga berguna sebagai antikoagulan alami bagi wanita. Antikoagulan  ini bisa membantu mengencerkan darah yang membeku di area sekitar panggul dan rahim wanita. Dengan peredaran darah yang lancar di rahim, maka dinding rahim akan ikut menebal sekaligus meningkatkan kesuburan wanita.

Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Pria

Tidak hanya untuk wanita, Natur E untuk promil pria juga bagus untuk meningkatkan kesuburan.  Vitamin E diyakini mampu meningkatkan fertilitas dan mengatasi masalah kesuburan pada pria. Berikut ini beberapa manfaat vitamin E untuk pria yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Pergerakan Sperma

Salah satu manfaat utama jika Anda rutin mengkonsumsi vitamin E adalah bisa meningkatkan kualitas sel sperma. Tidak hanya itu, vitamin E juga bagus untuk meningkatkan pergerakan sperma sehingga akan lebih mudah untuk mencapai sel telur. Hal ini sebagaimana ditulis dalam sebuah studi yang menemukan fakta bahwa  bahwa pria yang rutin mengonsumsi vitamin C dan E memiliki peningkatan kualitas sperma khususnya pada pergerakannya.

Jika pergerakan sperma bagus, maka kesempatan untuk bisa membuahi sel telur juga akan semakin besar. Hal ini membuat peluang kehamilan juga menjadi semakin besar.

Baca juga: Begini Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Agar Cepat Hamil

2. Menambah Jumlah Sperma

Konsumsi suplemen vitamin E yang bagus untuk kesuburan ternyata juga bermanfaat untuk menambah jumlah sperma pada pria. Jumlah sperma yang terlalu sedikit, kerap menjadi salah satu penyebab terjadinya infertilitas pada pria. Kondisi ini bisa terjadi jika jumlah sperma kurang dari 20 juta pada 1 ml mani. Dengan konsumsi vitamin E secara rutin, Anda bisa meningkatkan produksi dan jumlah sperma sehingga peluang untuk membuahi sel telur juga akan semakin besar.

3. Meningkatkan Keberhasilan Kehamilan Pasangan 

Satu lagi manfaat konsumsi vitamin E pada pria adalah bisa meningkatkan keberhasilan kehamilan pada pasangan. Hal ini berlaku baik untuk proses kehamilan alami maupun proses kehamilan dengan program bayi tabung.

Berdasarkan studi yang dilakukan di University of Auckland, pria yang rutin mengonsumsi suplemen atau vitamin E memiliki peluang berhasil dalam menghamili pasangan. Akan tetapi pastikan dulu berapa iu vitamin E untuk promil pria agar hasilnya bisa maksimal dan Anda bisa mendapatkan kehamilan yang diinginkan. 

Sumber Vitamin E untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Untuk bisa mendapatkan kehamilan, ada banyak faktor yang bisa menentukan seperti kesehatan, umur, hingga kesuburan. Akan tetapi untuk meningkatkan peluang kehamilan, konsumsi vitamin E 400 iu untuk ibu hamil bisa menjadi salah satu caranya. 

Perlu Anda ketahui, sumber vitamin E tidak hanya berasal dari suplemen saja. Akan tetapi ada banyak jenis makanan alami yang kaya akan kandungan vitamin E, antara lain:

  • Kuaci atau biji bunga matahari
  • Brokoli
  • Alpukat
  • Bayam
  • Mangga
  • Almond
  • Sayuran tauge, dan
  • Kacang hijau

Dibandingkan dengan vitamin E 400 iu untuk promil yang kemasan, mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti di atas pastinya lebih sehat dan aman. Meskipun begitu, jika ingin mengonsumsi suplemen vitamin E untuk program kehamilan ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Perlu Anda pahami juga, konsumsi vitamin E untuk program hamil juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Untuk mengetahui manfaat vitamin E untuk apa saja, akan lebih baik jika anda berkonsultasi langsung dengan dokter.

Saat ini ada banyak jenis dan merk vitamin E yang bisa Anda temukan di pasaran. Akan tetapi selalu pastikan memilih merk vitamin E untuk pria yang aman dan terbaik demi menghindari efek samping dari suplemen tersebut yang mungkin saja terjadi.. Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu,

Program hamil bisa berjalan dengan lancar jika wanita dan pria sama-sama memiliki kesuburan yang baik. Jadi, konsumsi vitamin untuk kesuburan pria juga diperlukan untuk membuat peluang terjadinya kehamilan semakin besar. Jika sel telur dan sel sperma berkualitas, maka akan tumbuh janin yang kuat juga.

Itulah beberapa manfaat vitamin E yang bisa membantu menjaga kesuburan pria dan wanita. Pria lebih rentan terhadap paparan radikal bebas yang bisa memicu menurunkan kualitas sperma. Akan tetapi dengan rutin konsumsi vitamin E untuk kesuburan pria, bisa membuat kualitas sperma menjadi meningkat sehingga peluang untuk membuahi pasangan juga akan semakin besar.