impotence in men

Ukuran dan kemampuan Mr. P di atas ranjang menjadi hal paling penting dalam benak pria. Bagaimanapun kecemasan mengalami masalah saat memuaskan pasangan di atas ranjang seperti impotensi bisa memicu stres. 

Anda yang ingin tampil prima saat memuaskan pasangan tentunya wajib menjaga vitalitas dan stamina. Pastikan selalu menjaga pola hidup sehat agar Anda terhindar dari masalah yang acap mendera para pria dewasa, misalnya, ejakulasi dini, impoten, gagal ereksi, dan lain sebagainya. 

Mengetahui Penyebab Impotensi Pada Pria Muda 

Mungkin Anda sering mendengar pria yang berusia lanjut acap mengalami masalah impotensi, tapi masalah ini juga bisa dialami para pria muda, lho! Tentu kegagalan penis ereksi hingga ketidakmampuan penis mempertahankan ereksi lebih lama menjadi momok yang menakutkan bagi semua pria. 

Apalagi penis yang tidak bisa mempertahankan ereksi lebih lama saat usia masih produktif bisa menyebabkan ketidakharmonisan rumah tangga.

Impotensi memang rentan dialami pria yang berusia di atas empat puluh tahun, tapi tidak menutup kemungkinan Anda adalah pria yang kurang beruntung tersebut. Pasalnya, impotensi bisa menyerang usia yang lebih muda secara tiba-tiba atau bertahap. 

Ciri-ciri impotensi yang perlu Anda ketahui sejak awal yaitu pria mengalami penurunan gairah seksual, penis lebih sulit ereksi, gagal mempertahankan ereksi lebih lama setelah menit-menit awal melakukan pemanasan. 

Ada beberapa penyebab impotensi yang harus pria ketahui yaitu :

1. Mengalami gangguan hormon

Gangguan hormon bisa disebabkan banyak hal seperti menjalani perawatan penyakit tertentu, konsumsi jenis obat-obatan tertentu dan stress. Dewasa ini, banyak pria yang mengeluh stres karena tumpukan pekerjaan di kantor, tekanan dalam kehidupan sosial, kebosanan, dan berbagai hal yang bisa memicu stres. 

Cara mengobati impotensi yang bisa Anda lakukan bila disebabkan oleh stres adalah menerapkan pola hidup sehat. Kelola stres Anda dengan melakukan kegiatan yang lebih positif seperti olahraga, jalan-jalan bersama orang tersayang, melakukan hobi yang disukai, ngobrol dengan teman, dan lain-lain. 

Setiap orang pasti punya cara mengelola stress masing-masing, bukan?

2. Menderita penyakit tertentu

Penyebab pria mengalami impotensi pada rentang usia 40an keatas bisa disebabkan karena ia menderita penyakit tertentu. Orang yang menderita penyakit hipertensi, diabetes dan penyakit jantung bisa mengalami masalah ketidakmampuan mempertahankan ereksi yang serius, bahkan bisa saja mengalami impotensi permanen. 

Pada kasus pria alami stroke, impotensi bisa menjadi penyakit permanen yang wajib Anda waspadai. Selain itu, ada beberapa penyakit yang diderita juga bisa memberikan dampak impotensi pada seseorang. Contohnya penyakit Parkinson, Alzheimer, epilepsy, obesitas, gangguan hormon tiroid, dan lain-lain.

Baca juga: Ternyata Begini Proses Perjalanan Sperma ke Sel Telur, Yuk Cari Tahu!

3. Konsumsi obat-obatan

Pria yang mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu bisa saja mengalami masalah impotensi. Apalagi Anda yang tengah menjalani pengobatan selama memiliki riwayat penyakit, maka impotensi bisa menjadi dampak buruk dari konsumsi obat. 

Beberapa jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan impotensi antara lain obat anti hipertensi, obat antidepresan, obat anti alergi, obat yang diresepkan selama menjalani pengobatan kanker prostat, dan obat penenang. 

4. Alami cedera

Mungkin Anda sering bertanya apakah impotensi bisa berbahaya bagi kesehatan reproduksi? Tentu impotensi bisa membuat hubungan Anda dan pasangan menjadi lebih renggang bila berlangsung dalam waktu lama. 

Pada kasus pria yang mengalami cedera penis, tulang belakang, panggul, dan kandung kemih, maka risiko impotensi bisa saja terjadi. Tentu Anda harus mengikuti saran dokter dalam pemulihan cedera agar impotensi tidak berlangsung lebih lama.

5. Pemakaian narkoba, merokok dan alkohol 

Performa seks Anda bisa menjadi buruk yang menjadi tanda awal impotensi, lho! Penurunan gairah seksual bisa membuat hubungan Anda dan pasangan menjadi runyam sehingga perlu evaluasi diri mulai sekarang. Orang yang memakai narkoba, konsumsi alkohol dan perokok akut lebih rentan terkena masalah impotensi ini.

Gangguan seksual bisa terjadi setelah Anda melakoni masa rehabilitasi sehingga perlu waktu untuk pemulihan tersebut. Bila sekarang Anda merasa tidak ada gangguan dalam hubungan intim meskipun mengkonsumsi alkohol atau rokok, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk mulai sekarang. 

Pikirkan masa depan Anda sejak dini agar bisa memiliki kehidupan yang lebih cerah dari karir dan pribadi tanpa terjerat narkoba, alkohol dan rokok.

Konsultasi ke dokter menjadi solusi untuk Anda yang ingin tahu cara mengatasi masalah impotensi secara cepat. Nanti dokter akan mendapatkan informasi seputar gaya hidup Anda, kemudian pemeriksaan fisik, tes darah, tes urine, tes kelancaran aliran darah di sekitar penis atau Doppler penis, dan pemeriksaan kondisi psikologis. 

Jangan malu melakukan pemeriksaan sekarang, impotensi yang Anda alami bisa sembuh dengan penanganan yang baik.

Cara Mengatasi Impotensi yang Tepat 

Anda harus tahu bahwa impotensi dan kemandulan merupakan dua hal yang berbeda. Bila Anda menderita impotensi, maka wajib mulai menjalani pemeriksaan dan mengubah pola hidup sehat agar tidak mempengaruhi performa seks bersama pasangan. 

Kemandulan bisa disebabkan oleh kualitas sel sperma yang buruk karena gaya hidup tidak sehat, kelainan pada sel sperma, faktor lingkungan, riwayat genetik, dan lain-lain. 

Bukan berarti Anda yang mengalami impotensi tidak akan mampu membuat pasangan hamil, lho! Bila Anda memahami penyebab impotensi dan cara mengatasinya dengan baik, maka hubungan akan kembali hangat seperti dulu. 

Yuk, simak beberapa kiat mengatasi impotensi yang ditakuti banyak pria berikut ini!

1. Lakukan olahraga rutin

Luangkan waktu Anda untuk berjalan kaki setiap hari atau minimal seminggu satu sampai dua kali agar tubuh tetap bergerak sehat. Bagi pria pekerja kantor pun, Anda bisa melakukan olahraga di kantor seperti berjalan kaki, naik tangga, meregangkan otot saat istirahat, dan ide bergerak lain. 

Impotensi akan jauh dari kehidupan Anda bila memiliki tubuh yang senantiasa bugar, lho!

2. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa mencegah impotensi sejak dini antara lain jamur tiram, daging organik, ikan, buah apel, pisang, keluarga berry, dan sebagainya. 

3. Hindari alkohol, narkoba dan rokok

Mengetahui penyebab impotensi bisa membantu Anda menemukan solusi dan cara mengatasinya dengan baik. Penyebab impotensi karena gaya hidup tidak sehat yang disebabkan oleh alkohol, narkoba dan rokok, maka Anda harus menghindarinya mulai sekarang. 

Menjalani masa rehabilitasi bisa menjadi pilihan jitu agar Anda terbebas dari kecanduan alkohol, rokok, serta napza.

Baca juga: Berikut 3 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

4. Istirahat yang cukup

Begadang bisa membuat tubuh menjadi lebih letih, aliran darah kurang lancar, pasokan oksigen kurang, dan Anda mengalami penurunan gairah seksual.

5. Menjalani pemeriksaan ke dokter

Bila impotensi berlangsung lebih lama, Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya lebih cepat. 

Dokter bisa merekomendasikan pengobatan yang benar sesuai kondisi impotensi mulai pemberian obat-obatan, penyuntikan hormon testosteron, alat pompa khusus atau operasi sebagai solusi menangani impotensi yang tidak bisa disembuhkan dengan cara lain, kecuali menanamkan alat yang bisa membantu penis ereksi. 

Kini Anda sudah memahami penyebab impotensi yang acap dialami pria serta cara mengatasinya dengan tepat. Terapkan pola hidup sehat agar Anda terbebas dari risiko impotensi pada usia muda, ya!