dietary restrictions for PCOS sufferers

Semua orang tentu tidak ingin mengalami masalah pada kesuburan dan reproduksi. Meskipun demikian, masalah ini menjadi salah satu isu utama dalam hubungan rumah tangga. Gangguan kesuburan yang cukup banyak menjadi polemik bersama pasangan adalah ketika si wanita sulit hamil. 

Penyebab sulit hamil ini beragam, salah satu pemicunya adalah gangguan PCOS yang dialaminya. PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome merupakan gangguan keseimbangan hormon pada wanita yang mengakibatkan tubuh wanita memproduksi lebih banyak hormon androgen atau hormon laki-laki.

Akibatnya, ovarium akan memproduksi kantung-kantung berisi cairan yang berdampak pada sulitnya sel telur untuk berkembang secara sempurna. Tak hanya itu, sel telur juga sulit untuk dilepaskan secara teratur setiap bulan. Inilah yang membuat wanita dengan PCOS tidak memiliki siklus haid yang teratur disamping sulit hamil, rentan terkena diabetes dan hipertensi.

Nah, mengingat dampak yang besar pada PCOS, wanita yang telah didiagnosa PCOS perlu memperhatikan pola makan dan pola hidup. Jangan sampai gangguan PCOS bertambah parah dan sulit untuk dikendalikan. Tantangan pengobatan PCOS bisa dibilang sangat berat, meskipun pada dasarnya PCOS dapat dikelola dengan metode yang tepat.

Selanjutnya dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai apa saja pantangan makan untuk penderita PCOS serta pola diet yang disarankan agar kondisi tersebut dapat terkendali dengan baik. Yuk, simak pembahasan lengkapnya.

Daftar Pantangan Makanan untuk Penderita PCOS

Melansir laman Mayo Clinic, PCOS pada wanita tidak dapat disembuhkan. Meskipun demikian, bukan berarti dibiarkan. Pasalnya, PCOS yang dibiarkan begitu saja bisa memicu penyakit lain yang lebih berbahaya, seperti diabetes hingga kanker rahim. 

Penyakit atau gangguan ini bisa dikendalikan. Salah satu caranya adalah dengan menghindari pantangan makanan untuk penderita PCOS. Berikut daftarnya.

1. Gula

Gula merupakan pantangan utama bagi wanita yang mengalami PCOS. PCOS umumnya diderita oleh wanita dengan kadar insulin yang tinggi. Perlu diketahui bahwa insulin merupakan hormon pada pankreas yang berfungsi untuk mengubah gula menjadi energi. Jika kadarnya berlebihan, maka tubuh tidak bisa mengontrol kadar gula dalam darah.

Inilah yang membuat ovarium menghasilkan lebih banyak hormon androgen. Akibatnya, gangguan PCOS semakin parah hingga sulit untuk dikendalikan.

Oleh karena itu, Anda yang mengalami PCOS sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi. Lebih baik ganti gula pada makanan dan minuman Anda dengan sari buah yang lebih sehat.

Baca juga: Pengobatan PCOS Berdasarkan Cara Dokter Hingga Alami

2. Kafein

Pantangan makanan untuk penderita PCOS berikutnya adalah kafein. Hampir sama dengan rokok, kafein yang terdapat pada kopi atau teh dapat menurunkan hormon estrogen pada tubuh. Tak hanya itu, kandungan kafein juga bisa meningkatkan produksi hormon androgen pada wanita. 

Jadi, wanita dengan gangguan PCOS yang mengonsumsi kafein berpotensi mengalami lonjakan androgen pada tubuh. Akibatnya, sel telur semakin sulit untuk berkembang dan dilepaskan dengan sempurna. 

3. Alkohol

Alkohol juga mengandung zat yang memperparah gangguan PCOS pada tubuh wanita. Untuk itulah, alkohol menjadi salah satu pantangan makanan untuk penderita PCOS.

Tidak hanya itu, mengonsumsi alkohol juga dapat memicu terjadinya kemandulan, gangguan kesuburan, serta reproduksi yang bisa menghambat program hamil. Jadi jika ingin memiliki kesehatan reproduksi yang baik, pastikan Anda menghindari minuman beralkohol.

Baca juga: Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria Agar Istri Cepat Hamil

4. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan mengandung gula yang sangat tinggi dibandingkan dengan karbohidrat kompleks. Jika dikonsumsi oleh penderita PCOS, bisa membuat gula darah baik tajam. Akibatnya, pelepasan ovarium pada rahim menjadi terganggu. Inilah yang membuat siklus haid penderita PCOS semakin tidak teratur.

Sebenarnya tidak hanya karbohidrat olahan, penderita PCOS juga perlu menghindari karbohidrat tinggi yang ada pada roti, ubi, nasi putih, dan sejenisnya. Lebih baik ganti makanan berkarbohidrat tinggi dengan nasi merah atau roti gandum.

5. Daging Olahan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa daging olahan memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan, termasuk bagi penderita PCOS. Daging olahan mengandung lemak jenuh dalam kadar berlebih yang mengganggu sistem reproduksi serat kesuburan. 

Makanan ini juga memicu penyakit diabetes, hipertensi, serta produksi hormon androgen berlebih. Akibatnya, wanita dengan sindrom PCOS akan semakin sulit untuk mengelola gangguan pada tubuhnya yang akhirnya berefek pada tingkat kesuburan.

6. Susu

Pantangan makanan untuk penderita PCOS berikutnya adalah susu. Susu memiliki kadar lemak dan gula yang cukup tinggi, terlebih jika Anda membuat susu dengan campuran gula atau pemanis lainnya.