jenis ubi yang baik untuk ibu hamil

Ibu hamil harus memilih makanan yang baik untuk menjaga kesehatan diri dan janinnya salah satunya dengan ubi. Jenis ubi yang baik untuk ibu hamil sangat banyak. Ubi memiliki kandungan nutrisi tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dua orang dalam satu tubuh. Secara umum, ada tiga jenis ubi yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis Ubi yang Baik untuk Ibu Hamil

1. Ubi Jalar

jenis ubi yang baik untuk ibu hamil

a. Kaya Vitamin B6

Kandungan vitamin B6 diketahui mampu membantu dalam pembentukan sel darah merah dan mengurangi morning sickness pada ibu hamil. Nah, dalam setiap cangkir ubi jalar mengandung 0,6 milligram vitamin B6. Sementara pada ibu hamil, disarankan oleh The American Pregnancy Association untuk mengonsumsi vitamin B6 sebanyak 1,9 miligram per hari.

b. Kaya akan Serat

Salah satu gejala yang sering dialami ibu hamil adalah sembelit. Untuk mengatasi hal itu, ibu hamil membutuhkan asupan serat sebanyak 28–34 gram per hari. Diketahui dalam satu cangkir ubi jalar mengandung 6,6 gram serat. Anda dapat menyesuaikan konsumsi ubi jalar untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga cocok untuk mengontrol berat badan saat hamil untuk mencegah penyakit seperti diabetes gestasional yang dapat menimpa ibu hamil.

c. Kaya Vitamin A

Kandungan vitamin A dalam satu cangkir ubi jalar yang direbus bersama kulitnya adalah 1922 mikrogram. Sementara menurut The American Pregnancy Association, ibu hamil disarankan mengonsumsi 700 mg vitamin A per hari.

d. Mengandung Vitamin C dan Zat Besi

Menurut The National Institute of Health, ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 80–85 mg dan 27 mg zat besi. Ubi jalar yang diolah dengan cara dipanggang bersama kulitnya mengandung 39,2 mg vitamin C dan 1,38 mg zat besi di setiap cangkirnya.

e. Mengandung Kalium atau Potasium

Kebutuhan kalium atau potasium ibu hamil sekitar 4,7 gr per hari dan meningkat menjadi 5,1 gr pasca melahirkan. ibu dapat memenuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi secangkir ubi jalar.

2. Ubi Kayu atau Singkong

jenis ubi yang baik untuk ibu hamil

Jenis ubi yang selanjutnya adalah ubi kayu. Jenis ubi ini bermanfaat untuk ibu hamil sebab kandungan gizinya yang mendukung kesehatan ibu hamil serta tumbuh kembang janin. Simak uraian berikut ini.

a. Memiliki Kandungan Serat yang Tinggi

Ubi kayu atau singkong juga kaya akan serat. Kandungan serat di dalamnya tidak dapat larut dalam air atau biasa disebut dengan insoluble fiber. Dengan mengonsumsi ubi ini dapat membantu agar saluran cerna tetap sehat dan lancar.

b. Kaya akan Protein

Jenis ubi kayu mempunyai kandungan protein lebih tinggi dibanding jenis ubi yang lain.

c. Menghindarkan Ibu Hamil dari Insomnia

Tidak hanya pada buahnya, daun ubi kayu atau singkong ini bermanfaat bagi ibu hamil untuk mengatasi insomnia.

d. Kaya akan Antioksidan

Ubi kayu terbukti mampu menangkal radikal bebas. hal itu disebabkan oleh kandungan ubi kayu yang kaya akan antioksidan. Dengan begitu, ibu hamil mampu terhindar dari berbagai macam penyakit dan infeksi akibat terpapar radikal bebas.

3. Ubi Ungu

jenis ubi yang baik untuk ibu hamil
  • Ubi ungu diyakini mampu mengontrol kadar gula darah pada tubuh ibu hamil.
  • Ubi ungu membantu menjaga kesehatan kulit akibat kekurangan vitamin C. Umumnya ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C dua kali lebih banyak. Ubi ungu memiliki vitamin C lebih banyak dari jenis umbi-umbian yang lain.
  • Ubi ungu dipercaya mampu menghindarkan ibu hamil dari serangan jantung koroner melalui kandungan-kandungan yang ada di dalamnya.

Demikianlah 3  jenis ubi yang baik untuk ibu hamil. Setelah mengetahui itu, dapat Anda jadikan pertimbangan sebagai salah satu pilihan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.