jus penurun darah tinggi saat hamil

Jus penurun darah tinggi saat hamil menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi preeklamsia. Masalah tekanan darah tinggi saat hamil (Preeklampsia) adalah kondisi kesehatan serius yang dapat berakibat fatal. Terlebih jika janin yang dikandung belum cukup matang untuk dilahirkan ke dunia. Lalu, jus seperti apa sajakah yang baik untuk menurunkan darah tinggi pada ibu hamil?

Ragam Jus Buah Penurun Darah Tinggi Bagi Ibu Hamil

1. Jus Tomat

jus penurun darah tinggi saat hamil

Sejak dulu, tomat populer sebagai salah satu jenis buah-buahan yang mempunyai banyak khasiat, diantaranya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Suatu penelitian mengungkapkan jika seseorang, terutama ibu hamil, mengkonsumsi jus tomat, maka kadar tekanan darah sistolik dan diastolik beserta kolesterol LDL dapat menurun. Namun perlu dicatat, agar khasiat jus tomat bisa dirasakan secara optimal, Anda harus memilih jus tomat murni tanpa campuran bahan lainnya demi memastikan Anda terhindar dari kandungan natrium yang tidak diperlukan selama masa kehamilan berlangsung.

2. Jus Buah Beri

Buah beri merupakan jenis buah kaya akan antioksidan. Sebuah penelitian yang digagas oleh Nature menjelaskan bahwa mengkonsumsi buah beri secara rutin dalam kadar cukup bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan kolesterol LDL. Meskipun demikian, isu terkait buah beri yang sudah diolah menjadi jus bagus dikonsumsi ibu hamil untuk menurunkan tekanan darah tinggi, masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

3. Jus Jambu Merah

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jus jambu merah sangat dibutuhkan ibu hamil. Selain khasiatnya sebagai jus penurun darah tinggi pada ibu hamil, jus jambu merah memiliki peranan lain dalam kesehatan tubuh seseorang, seperti membantu mencegah anemia, meningkatkan sistem imun tubuh, serta mengontrol kadar gula darah.

4. Jus Lemon

jus penurun darah tinggi saat hamil

Bercita rasa asam-segar, jus lemon jadi salah satu jus penurun darah tinggi yang kaya akan antioksidan. Jus lemon juga berguna dalam mencegah konstipasi dan berbagai gangguan pencernaan saat hamil.

5. Jus Delima

Salah satu penelitian populer membuktikan bahwa buah delima mempunyai khasiat bagi kesehatan jantung berikut pembuluh darah. Buah delima sendiri dikenal publik sebagai salah satu penyedia antioksidan tinggi berupa senyawa polifenol yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah delima dapat diolah sebagai jus penurun darah tinggi selama masa kehamilan. Yang jika dikonsumsi dalam jumlah tepat dan teratur, jus buah dilemma dapat membantu menurunkan tekanan diastolik dan kadar cedera akibat stres oksidatif pada plasenta ibu hamil dengan preeklampsia. Menariknya lagi, jus buah delima juga bisa menjadi opsi untuk mencegah timbulnya sembelit yang memang kerap menimpa ibu hamil.

6. Jus Bit

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa meminum jus buah bit bisa menurunkan tekanan darah dengan cepat sekaligus menyehatkan organ jantung. Buat bit sendiri adalah salah satu sumber alami kalsium yang berguna dalam menyeimbangkan kadar kalium dan natrium pada darah. Buah bit juga kaya akan zat besi dan vitamin A yang sangat bermanfaat pada ibu hamil.

7. Jus Ceri

jus penurun darah tinggi saat hamil

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 lalu menunjukkan adanya keterkaitan antara tekanan darah tinggi saat hamil dengan kadar melatonin yang rendah. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan melatonin alami tinggi seperti buah ceri jelas sangat dianjurkan bagi ibu yang sedang mengandung. Sehingga gejala preeklampsia pun dapat diredakan dengan tepat.

Demikianlah informasi mengenai ragam jus penurun darah tinggi saat hamil yang perlu Anda ketahui. Agar hasilnya makin optimal, Anda dapat mengkonsultasikan jenis jus buah yang baik untuk kesehatan dengan dokter langganan Anda. Atau, Anda juga dapat mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk memperoleh informasi konsultasi, dan pendampingan terbaik selama masa kehamilan berlangsung.