lumps of flesh like fat during menstruation

Banyak wanita yang bertanya-tanya apakah keluar gumpalan daging seperti lemak saat haid itu berbahaya? Kondisi ini sebenarnya sangat wajar. Wanita yang sedang haid bisa mengeluarkan gumpalan seperti gel yang bentuknya mirip dengan selai.

Meskipun demikian, Anda perlu memperhatikan ukuran serta volume dari gumpalan daging tersebut. Jika gumpalan daging seperti lemak saat haid tersebut hanya terjadi sesekali dengan jumlah yang sedikit, maka hal ini sangat wajar. Namun jika sebaliknya, maka Anda perlu berkonsultasi dengan ahli kandungan.

Nah, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana bentuk gumpalan darah yang wajar dan yang tidak wajar saat menstruasi. Yuk, simak!

Tanda Gumpalan Haid yang Normal

Untuk melihat apakah gumpalan daging seperti lemak saat haid tergolong normal, Anda perlu tahu ciri-cirinya sebagai berikut.

1. Memiliki Ukuran yang Kecil

Gumpalan darah haid dikatakan normal ketika berukuran kecil. Jadi jika ukurannya besar dengan jumlah yang sangat banyak, maka Anda perlu waspada.

2. Terjadi di Awal Menstruasi Saja

Darah yang menggumpal saat haid merupakan hal yang normal jika terjadi di awal haid saja. Hal ini terjadi karena pada awal menstruasi, jumlah darah yang dikeluarkan sangat banyak. Umumnya, gumpalan tidak akan keluar di periode akhir haid.

3. Tidak Menyebabkan Nyeri

Jika keluar gumpalan daging seperti lemak saat haid namun tidak menyebabkan sakit atau nyeri berlebihan, maka hal ini normal. Sakit saat menstruasi merupakan hal yang wajar sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

4. Berwarna Merah Terang/ Tua

Syarat gumpalan haid normal berikutnya adalah berwarna merah terang atau merah tua. Warna ini merupakan warna normal darah haid. 

Baca juga: Apakah Minum Es Dapat Menghambat Haid? Simak Di Sini

Mengapa Keluar Gumpalan Saat Haid?

Lantas apa yang menyebabkan keluarnya gumpalan saat haid? Perlu Anda ketahui jika saat haid sedang berlangsung, lapisan dinding rahim akan luruh. Dalam periode ini, terdapat waktu dimana dinding rahim menjadi sangat tebal. Hal ini terjadi karena sel telur yang berhasil dibuahi membutuhkan tempat yang pas untuk menempel.

Namun pada sel telur yang tidak dibuahi, maka dinding rahim yang menebal akan luruh. Inilah yang disebut dengan menstruasi. Darah yang luruh dapat berupa lendir maupun jaringan. 

Saat dinding rahim luruh, tubuh akan memproduksi antikoagulan agar darah yang keluar dapat terkendali. Bentuk darah yang keluar pun menjadi lebih tipis sehingga mudah keluar dari vagina. 

Meskipun demikian, ada masa dimana dinding rahim yang luruh memiliki aliran yang luar biasa sehingga membentuk gumpalan. Gumpalan ini mirip dengan daging dan berwarna merah. Hal ini sangat normal terjadi di awal menstruasi.

Jadi, selama gumpalan daging seperti lemak saat haid masih memenuhi kriteria normal, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda perlu waspada jika gumpalan haid yang keluar sangat banyak serta menimbulkan nyeri. Terlebih jika terjadi terus menerus sampai beberapa hari, maka Anda perlu konsultasi dengan dokter segera.