makanan penyebab menopause dini

Makanan penyebab menopause dini penting diketahui. Menopause dini atau siklus menstruasi yang berhenti saat usia seorang wanita masih muda dan masih produktif sering terjadi karena beberapa faktor salah satunya makanan. Oleh sebab itu, hindari mengonsumsi makanan yang menyebabkan menopause dini agar sistem reproduksi tetap sehat dan berfungsi.

Macam-Macam Makanan yang Menyebabkan Menopause Dini

Banyak sekali makanan yang menyebabkan menopause dini yang ada di sekitar. Salah satu makanan tersebut adalah makanan pedas. Di samping itu, masih banyak lagi makanan dengan kandungan zat lain yang bisa menghentikan siklus haid sejak dini. Apa saja? Simak secara lengkap dibawah ini.

1. Makanan Pedas

makanan penyebab menopause dini

Makanan dengan kandungan cabai yang banyak atau makanan pedas ternyata bisa menyebabkan menopause lebih awal pada wanita. Makanan pedas akan menyebabkan kandungan hormon estrogen menurun sehingga siklus menstruasi pun terhenti.

Walaupun begitu, tidak semua wanita akan menurun kadar estrogennya saat sering mengonsumsi makanan pedas. Namun, untuk menjaga kesehatan reproduksi, Kamu juga jangan terlalu sering mengonsumsi jenis makanan ini.

2. Alkohol dan Kafein

Alkohol dan kafein merupakan 2 kandungan zat yang sangat berbahaya bagi tubuh tak terkecuali bagi siklus menstruasi wanita. Hal tersebut akan memicu hot flashes atau gejala panas pada seluruh tubuh wanita yang merupakan tanda awal terjadinya menopause.

Di samping itu, alkohol dan kafein juga akan membuat wanita insomnia. Jadi, hindarilah meminum kopi, teh, dan alkohol terlalu sering agar tidak mengalami menopause pada usia dini.

3. Makanan Tinggi Kandungan Garam

makanan penyebab menopause dini

Mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang terlalu tinggi dapat membuat penurunan kepadatan tulang khususnya pada wanita. Jika kalsium pada tulang wanita berkurang secara perlahan-lahan saat usia yang masih aktif untuk bereproduksi, hal ini juga dapat memicu menopause dini.

Oleh sebab itu, usahakan jangan terlalu asin ketika memasak. Hindarilah makanan yang memang memiliki kandungan garam tinggi dan imbangi konsumsi makanan bergaram dengan buah, sayur, serta minum air putih.

4. Makanan Tinggi Kandungan Karbohidrat

Ternyata karbohidrat dapat menyebabkan menopause lebih cepat. Karbohidrat bisa menyebabkan resistensi insulin yang mana kejadian ini dapat mengganggu produksi hormon estrogen di dalam tubuh wanita. Saat hormon estrogen terganggu, menopause bisa datang lebih awal. Di samping itu, gairah seks pada wanita juga akan menurun dengan drastis.

5. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau fast food memang cenderung kurang sehat bagi kesehatan. Fast food bisa meningkatkan berat badan wanita dengan sangat cepat yang mana hal ini dapat memperparah gejala menopause yakni obesitas. Oleh sebab itu, usahakan memakan masakan rumahan yang terhindar dari bahan penyedap rasa berbahaya. Selain hemat, tentu ini akan lebih sehat.

6. Makanan Tinggi Kandungan Lemak

makanan penyebab menopause dini

Wanita sangat tidak disarankan sering-sering mengonsumsi daging yang kaya akan lemak. Hal ini bisa menyebabkan menopause dini karena kandungan lemak yang tinggi tersebut akan menurunkan kadar serotonin dalam tubuh.

Jika serotonin rendah, wanita akan mudah merasa kesal, cemas, stres, dan mengalami gangguan psikologi. Gangguan psikologi inilah yang dapat memperburuk gejala dari menopause.

Setelah mengetahui beberapa makanan penyebab menopause dini tersebut, Anda harus lebih berhati-hati sebelum mengonsumsi makanan. Pastikan makanan yang dikonsumsi sehat serta memiliki kandungan zat yang seimbang agar tidak menyebabkan menopause ketika usia produktif. Dengan begitu, siklus haid Anda juga bisa menjadi lebih sehat, seimbang, dan tidak masuk pada fase menopause dini.