makanan penyubur kandungan

Makanan penyubur kandungan penting dikonsumsi wanita agar subur dan hamil. Salah satu faktor seseorang susah hamil adalah tidak subur. Oleh sebab itu, seseorang yang tidak subur biasanya mencari berbagai cara agar kesuburannya meningkat sehingga membantu dalam mempercepat kehamilannya. Beberapa ahli menyebutkan bahwa makanan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan karena diyakini dapat membantu memperbaiki hal-hal yang menghambat kesuburan. Berikut ini adalah 7 makanan untuk penyubur kandungan yang baik untuk dikonsumsi.

Makanan Penyubur Kandungan 

1. Protein Hewani dan Nabati

makanan penyubur kandungan

Makanan penyubur yang pertama adalah makanan yang mengandung protein hewani dan nabati. Contoh makanan yang mengandung protein hewani adalah daging yang kaya akan zat besi dan protein. Sementara makanan yang mengandung protein nabati bisa didapatkan dari kacang tanah atau kacang polong.

2. Ikan

Ikan yang menjadi makanan penyubur adalah ikan yang kaya akan asam lemak omega-3.  Kandungan tersebut dipercaya mampu membantu dalam mengoptimalkan kinerja organ reproduksi. Beberapa ikan yang kaya asam lemak omega-3 adalah ikan salmon, tuna, dan sarden.

3. Buah-buahan

Buah-buahan sangat beragam macamnya. Nah, obat-obatan yang membantu dalam menyuburkan kandungan adalah yang kaya akan antioksidan. Kandungan tersebut mampu melindungi tubuh dari penuaan dan kerusakan sel, terutama sel yang terdapat pada sistem reproduksi. Buah-buahan yang kaya antioksidan aman untuk dikonsumsi sebagai makanan penyubur di antaranya adalah stroberi, blueberry, dan rasberry.

4. Produk Olahan Susu

makanan penyubur kandungan

Produk olahan susu yang baik dikonsumsi sebagai penyubur kandungan adalah yang memilki kriteria rendah atau bebas lemak. Hal itu bertujuan untuk mengurangi kelebihan lemak yang justru memengaruhi kesuburan. Produk olahan susu yang dimaksud seperti susu, keju, smoothie, dan yoghurt. Manfaat dari produk olahan susu tersebut adalah menyehatkan tulang dan berpotensi meningkatkan kesehatan reproduksi sehingga tingkat kesuburan meningkat.

5. Makanan yang Kaya Karbohidrat Kompleks

Makanan penyubur selanjutnya adalah makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks. Kandungan di dalamnya meliputi vitamin B, zat besi, dan antioksidan yang diyakini mampu membantu dalam menyuburkan kandungan. Contoh makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks adalah biji-bijian utuh dan roti tawar gandum.

6. Makanan Kaya Asam Folat

Makanan yang kaya akan asam folat juga berperan sebagai penyubur kandungan. Makanan yang kaya akan asam folat bisa didapatkan dari kentang, brokoli, bayam, kacang-kacangan, buah-buahan seperti pepaya, jeruk, atau alpukat, dan lain-lain.

Selain untuk manfaat kesuburan, kandungan asam folat juga dapat mengurangi risiko 40% bayi lahir autis jika dikonsumsi empat bulan sebelum kehamilan dan delapan bulan setelah kehamilan. hal itu dikemukakan berdasarkan beberapa penelitian. Namun, dalam hal ini, Anda harus memperkirakan masa subur agar bisa mengetahui kapan bisa melakukan hubungan intim dengan tujuan kehamilan.Anda juga bisa menyiasati dengan mengonsumsi makanan kaya asam folat sehari-hari dengan jumlah yang wajar agar bermanfaat sebagaimana mestinya.

7. Makanan yang Mengandung Zinc

makanan penyubur kandungan

Zinc merupakan kandungan yang dapat melancarkan siklus haid sekaligus memproduksi sel telur lebih banyak. Oleh sebab itu, makanan yang mengandung zinc tidak boleh Anda lewatkan jika ingin meningkatkan kesuburan kandungan. Beberapa makanan yang mengandung zinc di antaranya adalah daging sapi, telur, produk susu, ayam, biji-bijian utuh, tiram, dan lain-lain.

Demikianlah makanan penyubur kandungan yang dapat Anda manfaatkan. Hal yang perlu diingat saat mengonsumsi makanan-makanan tersebut adalah tidak boleh berlebihan maupun kekurangan atau Anda harus mengonsumsinya dengan wajar dan secukupnya. Lebih baik konsultasikan ke klinik fertilitas seperti Morula Ivf yang sudah berpengalaman bertahun-tahun menangani masalah kesuburan atau ke dokter kandungan anda.