makanan protein untuk ibu hamil

Makanan berprotein sangat penting untuk menambah asupan nutrisi untuk ibu hamil. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi mampu mendukung upaya menyehatkan diri ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya. Salah satu nutrisi yang diperlukan ibu hamil adalah protein. Terdapat berbagai fungsi protein untuk ibu hamil, di antaranya adalah mampu mendukung kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin dalam kandungan, mencukupi kebutuhan zat besi untuk membantu produksi sel darah merah, serta dapat meningkatkan dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Lalu, apa saja makanan yang mengandung protein? Berikut rincian lengkapnya.

Makanan Protein untuk Ibu Hamil 

1. Daging

makanan protein untuk ibu hamil

Sumber protein yang pertama adalah daging. Ini disebut dengan protein hewani. Beberapa jenis daging yang direkomendasikan untuk mencukupi asupan protein ibu hamil di antaranya adalah daging unggas, kambing, dan sapi. Daging unggas yang rendah lemak dapat Anda dapatkan dari ayam, kalkun, dan bebek.

2. Telur

Sumber protein hewani yang selanjutnya didapatkan dari telur. Telur sebagai sumber protein mempunyai manfaat sebagai sumber energi ibu hamil, meminimalisir risiko terjadinya inflamasi, dan membantu dalam tumbuh kembang saraf otak janin. Saran konsumsi telur bagi ibu hamil adalah satu butir setiap hari atau maksimal 2 butir karena dalam satu butir telur mengandung 7 gram protein.

Baca juga: Inilah 5 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Secara Lengkap

3. Tahu

Sumber protein selanjutnya adalah tahu. Terbuat dari bahan pokok kedelai yang merupakan kacang-kacangan membuat makanan ini bermanfaat dalam membantu pembentukan organ vital janin. Selain itu, tekstur tahu sangat lembut sehingga nikmat dikonsumsi dan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan sehingga ibu hamil tidak bosan mengonsumsinya.

4. Susu

makanan protein untuk ibu hamil

Mengonsumsi susu protein untuk ibu hamil baik berupa susu sapi secara langsung maupun produk olahan dari susu sapi baik dikonsumsi karena dapat menjadi sumber protein yang dibutuhkan. Beberapa produk olahan susu berupa yoghurt dan keju. Selain susu sapi, susu dari olahan kacang kedelai atau biasa disebut susu kedelai juga bagus sebagai sumber protein yang mempunyai beragam manfaat bagi ibu hamil dan janinnya.

Baca juga: 7 Nutrisi Ibu Hamil yang Harus Bunda Ketahui

5. Ikan Laut

Ikan untuk ibu hamil khususnya ikan laut, adalah salah satu sumber protein yang dapat ibu hamil konsumsi dengan beragam menu sesuai selera. Ikan laut lebih rendah kolesterol dibanding daging merah sehingga baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, ikan laut juga mengandung omega-3 yang bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan saraf tubuh, otak, dan mata janin. Saran kadar konsumsi dari dokter sekitar 12 ons per minggu.

6. Kerang

Selain ikan, kerang yang merupakan biota laut juga berperan sebagai sumber protein yang bermanfaat bagi ibu hamil. Bahkan, kerang diyakini lebih sehat dibanding sumber protein berupa daging ayam atau sapi. Hal itu disebabkan oleh kandungan lemak dan kalorinya lebih rendah daripada daging ayam atau sapi. Perlu diketahui bahwa di dalam 85 gram kerang terkandung 11 gram protein yang bisa didapatkan.

7. Kacang-Kacangan

makanan protein untuk ibu hamil

Kacang-kacangan merupakan jenis protein nabati, yaitu sumber protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Kacang-kacangan yang populer kaya akan protein adalah kedelai. Kacang kedelai dan berbagai produk olahannya baik dikonsumsi ibu hamil sebagai asupan protein. Selain kacang kedelai, kacang polong dan almond juga baik dikonsumsi sebagai asupan protein nabati ibu hamil. Sumber protein pada kacang polong bermanfaat dalam proses produksi sel janin. Sementara kacang protein dalam kacang almond berkhasiat dalam mendukung pembentukan otot janin.

Demikianlah manfaat dari protein dan ragam makanan protein untuk ibu hamil yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengonsumsinya. Setiap hari, ibu hamil setidaknya membutuhkan 40 hingga 70 gram protein. Oleh sebab itu, bijaklah dalam mengonsumsi sumber protein. Jangan berlebihan maupun kekurangan.