makanan sehat ibu hamil

Ibu hamil memang membutuhkan asupan gizi yang cukup. Gizi ini bisa dipenuhi dari makanan sehat ibu hamil yang akan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Dengan asupan gizi yang terpenuhi, maka pertumbuhan dan perkembangan janin bisa dijaga dengan lebih optimal. Tidak hanya itu, kesehatan ibu hamil juga ikut terjaga. Lalu, apa saja jenis makanan sehat untuk ibu hamil?

Pilihan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ada banyak macam makanan sehat untuk ibu hamil yang tujuannya adalah untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk pemenuhan gizi ibu hamil. Pemenuhan gizi bagi ibu hamil memiliki peran penting untuk perkembangan janin. 

Misalnya, ibu hamil harus mengkonsumsi folat untuk mencegah bayi terlahir cacat, protein dan kalsium untuk pembentukan jaringan tubuh dan tulang janin, dan zat besi untuk mencegah anemia saat hamil. Kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan yang berbeda, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Buah dan Sayur

buah dan sayur termasuk makanan sehat ibu hamil
Ibu hamil akan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur

Buah-buahan dan sayuran mengandung nutrisi yang berguna bagi ibu hamil. Misalnya pada sayuran hijau seperti bayam dan kale, banyak mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan asam folat yang baik untuk memelihara kesehatan mata, menjaga daya tahan tubuh, serta menjaga janin terlahir cacat. Jadi, akan sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk secara rutin mengkonsumsi buah dan sayur. 

2. Daging Tanpa Lemak, Ikan, dan Telur 

Ibu hamil membutuhkan nutrisi protein yang penting untuk pertumbuhan janin, terutama pada trimester kehamilan kedua dan ketiga. Untuk memperolehnya, ibu hamil bisa mengkonsumsi ikan, telur, dan daging tanpa lemak.  Selain kaya akan protein, telur juga mengandung kolin yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak dan saraf janin serta mengurangi risiko terjadinya cacat tabung saraf.

Kemudian, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi ikan. Contoh ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon yang kaya akan omega-3 yang berperan untuk menjaga suasana hati ibu hamil dan mendukung pertumbuhan serta perkembangan janin. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan mengenai mengonsumsi ikan laut yakni untuk menghindari mengkonsumsi ikan dengan paparan merkuri yang tinggi, umumnya terkandung di dalam ikan laut dalam seperti ikan hiu, ikan todak, tuna, ikan tenggiri raja, ikan marlin. 

3. Kacang-Kacangan 

kacang almond adalah makanan sehat ibu hamil
Almond adalah salah satu jenis kacang yang kaya nutrisi untuk ibu hamil

Makanan sehat ibu hamil selanjutnya adalah kelompok kacang-kacangan. Kacang-kacangan kaya akan kalsium, folat, zat besi dan seng. Jenis makanan ini baik untuk ibu hamil karena berperan penting dalam mencukupi kebutuhan serat dan melancarkan pencernaan ibu hamil.

4. Makanan Sumber Karbohidrat

Karbohidrat juga menjadi asupan penting untuk ibu hamil. Salah satu makanan sumber karbohidrat yang kaya akan nutrisi yang lainnya adalah gandum utuh. Gandum utuh juga mengandung  serat, vitamin E, dan selenium yang berperan baik untuk tumbuh kembang janin di dalam rahim.

5. Susu dan Produk Olahan Lainnya

Mungkin semua orang sudah familiar dengan susu ibu hamil. Susu ibu  hamil mengandung kalsium yang baik untuk pembentukan jaringan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu. 

Tips Memenuhi Gizi Ibu Hamil

makanan sehat ibu hamil
Tips agar gizi untuk ibu hamil selalu terpenuhi

Setelah memahami apa saja makanan sehat untuk ibu hamil, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi asupan-asupan tersebut. Beberapa tips agar gizi senantiasa terpenuhi adalah: 

  • Penuhi kebutuhan kalori setiap harinya
  • Pastikan untuk sarapan setiap hari walau sedikit tapi lebih sering
  • Konsumsilah makanan yang bergizi seperti makanan berserat tinggi dan mengandung  nutrisi lainnya yang berguna untuk ibu hamil
  • Hindari mengkonsumsi makanan pedas dan berlemak, serta minuman beralkohol, kafein, minuman bersoda
  • Hindari mengkonsumsi ikan dengan kandungan merkuri tinggi
  • Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi kalori, lemak, dan gula
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet seperti makanan kaleng atau olahan seperti sosis, nugget.

Itulah rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil sekaligus tips memenuhi gizi untuk ibu hamil. Memang dibutuhkan perhatian ekstra untuk menjaga kesehatan janin dan ibu. Namun, tentunya asupan gizi yang mencukupi bisa membuat kehamilan terasa lebih ringan dan sehat. Jadi, jangan sampai ibu hamil melewatkan berbagai asupan makanan ini ya!