Makanan untuk ibu menyusui

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, terutama bagi seorang ibu. Salah satunya pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif selama 2 tahun. Sebagai ibu yang menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, maka ia harus senantiasa menjaga nutrisi ASI dengan baik pula dengan makanan untuk ibu menyusui.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa ASI adalah makanan utama bagi bayi di beberapa tahun awal kehidupannya. Nutrisi yang terdapat dalam ASI dapat menunjang tumbuh kembang dan kondisi kesehatannya.

Pentingnya memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi, tidak jarang membuat beberapa ibu justru merasa khawatir tidak bisa melakukannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa ibu justru mengalami kendala dalam pemberian ASI, misalnya ASI tidak keluar dengan lancar.

Untuk mengatasi hal ini, ibu bisa mengonsumsi makanan ibu menyusui agar produksi ASI lancar dan dapat menyusui secara lancar. Lalu, apa sajakah makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI? Simak pembahasannya berikut ini.

Tingkat Kecukupan Nutrisi Ibu Hamil

Makanan untuk ibu menyusui

Pada dasarnya, kebutuhan asupan gizi ibu menyusui berbeda dengan wanita yang tidak menyusui. Oleh karena itulah, tingkat nutrisi yang dibutuhkan juga akan berbeda. Berikut ini, gambaran secara umum terkait beberapa hal yang penting untuk diketahui:

1. Kalori

Kebutuhan kalori pada ibu menyusui dan wanita yang tidak menyusui berbeda, yaitu ibu menyusui membutuhkan 500 kalori lebih banyak dari wanita yang tidak menyusui. Agar lebih mudah dalam menghitung jumlah kalori, sebaiknya berpatokan saja kepada rasa lapar yang sering dialami. 

2. Vitamin dan Mineral

Kebutuhan vitamin dan mineral pada ibu menyusui lebih banyak daripada biasanya. Hal ini karena ibu dan bayinya sangat membutuhkan kedua nutrisi tersebut. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, ibu menyusui harus mengonsumsi asupan yang bervariasi, seimbang dan alami.

3. Cairan Tubuh

Saat menyusui, tubuh akan melepas hormon oksitosin yang akan mempercepat munculnya rasa haus. Usahakan untuk mengonsumsi air putih secara teratur tanpa harus menunggu rasa haus terlebih dahulu.

Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui

Makanan untuk ibu menyusui

Beberapa asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui bisa diperoleh dari makanan yang mengandung nutrisi yang demikian. Selain mencukupi kebutuhan nutrisi, makanan yang bergizi seimbang juga bisa membantu produksi ASI menjadi lebih lancar, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Daun katuk

Mengonsumsi daun katuk dengan maksud untuk melancarkan ASI sudah menjadi pengetahuan umum yang diketahui oleh masyarakat luas. Ini menjadi salah satu makanan pelancar ASI tradisional yang sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Daun katuk mengandung antioksidan, protein, serat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, kalium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, dan seng. Makanan yang satu ini terbukti dapat merangsang hormon prolaktin dan oksitosin yaitu hormon yang berperan dalam produksi dan pengeluaran ASI.

2. Daun Kelor

Nutrisi yang terkandung dalam daun kelor antara lain vitamin, mineral, asam amino, dan glikosida yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Mengonsumsi daun kelor menjadi alternatif bagi ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI, meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

3. Kelabat

Kelabat mengandung zat yang dapat menstimulasi kelenjar dan saluran ASI untuk menghasilkan ASI lebih banyak. Kelabat bisa dikonsumsi sebagai suplemen atau dalam bentuk bubuk.

4. Bayam

Makanan yang satu ini mengandung zat besi tinggi sehingga dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Makanan berupa sayuran untuk ibu menyusui lainnya yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI (Air Susu Ibu) antara lain buncis, brokoli, dan kacang-kacangan.

5. Jahe

Jahe dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI karena mengandung zat aktif yang dapat merangsang dan melancarkan produksi ASI. Cara mengonsumsinya bisa dengan diolah menjadi teh jahe atau mengonsumsi makanan yang mengandung jahe sebagai bumbunya.

Demikianlah informasi mengenai makanan untuk ibu menyusui yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Agar produksi ASI lancar, ibu menyusui juga perlu menghindari makanan dan minuman yang memperlambat produksi ASI seperti minuman alkohol, kafein, dan ikan yang terpapar merkuri.