foods to increase male fertility

Bicara soal kesuburan dalam reproduksi, selama ini kaum wanita selalu menjadi perhatian utama. Padahal, tingkat kesuburan pria juga patut diperhatikan jika Anda dan pasangan ingin segera mendapat momongan.

Secara medis, infertilitas atau masalah kesuburan tidak hanya bisa terjadi pada kaum perempuan. Gangguan kesehatan yang bisa dipicu oleh banyak faktor ini juga bisa disebabkan oleh pria dengan kualitas serta jumlah sel sperma di bawah rata-rata.

Mengutip dari laporan Mayo Clinic, ada lebih dari sepertiga pasangan di dunia yang mengalami kegagalan ketika menjalani program hamil akibat masalah kesuburan pria. Maka dari itu, bagi Anda yang saat ini sedang menjalani program hamil sebaiknya mulai memperhatikan tingkat kesuburan pada pria, salah satunya dengan mengatur gaya hidup dan pola makan.

Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Ada banyak makanan yang baik untuk mengoptimalkan kesuburan pria dan wanita. Berikut ini merupakan beberapa contohnya.

1.Telur

Di Indonesia, telur menjadi salah satu bahan identik dari ramuan kesuburan pria. Terutama telur ayam kampung yang dikonsumsi mentah bersamaan dengan madu. Secara komposisi, telur memang mengandung banyak protein dan asam lemak omega 3 sehingga wajar bila dianggap mampu meningkatkan kualitas sperma pada pria.

Peran dari asam lemak omega-3 sendiri bisa membantu mengoptimalkan mortilitas atau gerak sperma, memaksimalkan jumlah sperma, serta memenuhi kebutuhan morfologi dari sperma.

2.Gandum Utuh

Gandum utuh banyak direkomendasikan sebagai makanan untuk kesuburan pria karena memiliki kandungan vitamin B9 atau folat. Bagi kaum pria, folat sendiri dibutuhkan untuk mengoptimalkan kualitas sperma sehingga bisa membuahi sel telur.

Anda bisa mengkonsumsi sereal dengan komposisi gandum yang sudah difertilisasi untuk mendapatkan asupan folat.

3.Tiram

Makanan penyubur reproduksi pria berikutnya adalah tiram. Sebagai salah satu produk makanan laut, tiram memiliki kandungan zinc atau seng yang cukup tinggi. Asupan nutrisi tersebut sangat baik untuk meningkatkan jumlah serta kualitas sperma pada pria yang sudah berkeluarga.

Selain tiram, kandungan zinc atau seng juga bisa Anda dapatkan dengan cara mengkonsumsi kepiting, produk olahan susu, daging merah, atau sereal yang telah difortifikasi. Efek langsung yang akan dirasakan ketika pria mengkonsumsi makanan sumber zinc di antaranya adalah peningkatan kadar testosteron serta jumlah sperma yang diproduksi.

Baca juga: Pengobatan Masalah Kesuburan

4.Daging

Daging merah adalah sumber zat besi yang bisa mengurangi risiko infertilitas ovulasi. Berdasarkan laporan dari jurnal Nutrition Research, kandungan zat besi mampu berperan mengatur kualitas serta jumlah produksi sperma pada pria. 

Selain itu, daging merah juga kaya akan protein serta karbohidrat yang bisa meningkatkan imunitas serta kekuatan otot pada pria dewasa. Sehingga makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

5.Jamur

Tahukah Anda, ternyata vitamin D juga memiliki peran penting dalam mendukung kesuburan pria dan wanita. Kabar baiknya, asupan vitamin D bisa Anda dapatkan secara alami dengan cara mengkonsumsi jamur.

Rutin mengkonsumsi jamur setiap hari dipercaya bisa membantu mengoptimalkan kualitas sperma. Selain itu, asupan nutrisi vitamin D ke dalam tubuh juga dibutuhkan untuk menunjang kesehatan gigi dan tulang.

Buah-buahan yang Baik untuk Kesuburan Pria

Beberapa jenis buah diketahui memiliki peran penting untuk mengoptimalkan kesuburan pria. Mulai dari mempengaruhi libido hingga meningkatkan jumlah produksi sel sperma. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi berbagai jenis buah seperti di bawah ini jika Anda ingin segera memiliki keturunan. 

1. Buah Jeruk

Buah jeruk tidak hanya hanya baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun juga bisa meningkatkan kualitas sperma berkat kandungan vitamin C yang tinggi. Dengan mengkonsumsi buah jeruk secara rutin, kualitas sperma pada pria akan semakin sehat dan gesit ketika bergerak menuju sel telur. 

2. Buah Semangka

Siapa sih yang tidak suka dengan buah yang satu ini? rasa manis serta tekstur daging merah merona membuat buah semangka terlihat menggoda bagi setiap orang yang melihatnya. Adapun dari segi kesehatan, semangka memiliki kandungan L-citrulline atau asam amino yang mampu melancarkan aliran darah. Termasuk ke area organ seksual pada pria.

3. Alpukat

Bicara soal buah yang dapat meningkatkan kesuburan pria rasanya kurang lengkap jika belum menyebutkan alpukat. Buah yang satu ini sejak lama dikenal kaya akan vitamin E yang diyakini bisa meningkatkan mortilitas atau pergerakan sel sperma.

Di sisi lain, buah alpukat juga mengandung asam folat serta vitamin B6 yang mampu mengoptimalkan hormon kesuburan pada pria. Sehingga tidak heran jika alpukat banyak diburu sebagai salah satu sumber makanan wajib ketika sedang menjalankan program hamil.

4. Pisang

Pisang adalah salah satu buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah yang memiliki bentuk panjang dan warna kuning langsat ini kaya akan enzim bromelain, vitamin C, vitamin B1, dan magnesium yang mampu mengoptimalkan mobilitas serta produksi sperma pada pria.

Buah pisang juga baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena selain kaya akan nutrisi buah ini juga memiliki serat tinggi yang membuat perut kenyang.

5. Tomat

Terlepas dari perdebatan apakah tomat termasuk buah-buahan atau sayuran, Anda bisa mengkonsumsi tomat untuk memperbaiki aktivitas serta struktur sel sperma. Tomat juga kaya akan vitamin C dan nutrisi lain yang bagus untuk menunjang kesehatan, harganya pun murah dan nikmat ketika dikonsumsi.

6. Delima

Selain memiliki rasa yang enak, buah delima ternyata juga kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Pada pria, antioksidan akan berperan aktif dalam menangkal radikal bebas sehingga kualitas sperma menjadi semakin optimal.

Baca juga: Kapankah Masa Subur Pria? Berikut Cara Mengetahuinya

7. Buah Blueberry

Dengan kandungan antioksidan tinggi serta kaya akan zat anti-inflamasi, buah blueberry terbukti mampu mengontrol parameter sehat sel sperma pada pria dewasa. Mengkonsumsi blueberry secara rutin setiap hari akan membantu mengoptimalkan motilitas atau gerak sel sperma hingga membantu meningkatkan jumlahnya.

Kadar antioksidan pada blueberry juga dipercaya bisa menangkal radikal bebas yang tidak baik bagi tubuh. Hasilnya, imunitas menjadi semakin meningkat.

8.Buah Goji Berry

Buah ini mungkin belum terlalu familiar di telinga masyarakat Indonesia. Meski begitu, buah goji berry termasuk dalam salah satu superfood yang bisa membantu produksi sel sperma, dengan cara meningkatkan temperatur di sekitar kantung skrotum.

Itulah berbagai jenis makanan yang baik untuk kesuburan pria dan wanita. Ciri-ciri lelaki subur sendiri secara umum bisa ditandai dengan kualitas serta produksi jumlah sperma yang cukup, ada banyak ramuan kesuburan pria yang bisa dicoba, sementara tes kesuburan pria sendiri salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan alat untuk mengukur jumlah sel sperma dan motilitasnya.