makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Ibu hamil pasti ingin memberikan nutrisi terbaik untuk untuk calon buah hatinya, salah satunya dengan menghindari makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Ada beberapa makanan yang sangat berbahaya untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan bahkan berbahaya bagi ibu itu sendiri. Apa saja? Berikut ini daftar makanan yang dilarang dikonsumsi ibu hamil.

Daftar Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

1. Ikan yang Besar Merkuri

makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Ikan serta hewan perairan (seafood) adalah sumber protein serta kaya asam lemak omega 3. Kedua nutrisi ini baik buat pertumbuhan balita. Hanya saja, terdapat sebagian tipe ikan yang sangat besar isi merkurinya sehingga menjadi salah satu dari sekian makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Jenis-jenis makanan seafood di Indonesia dilaporkan mempunyai kandungan merkuri yang cukup besar dan disarankan tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis- jenis ikan yang termasuk ke dalamnya merupakan udang, salmon, tuna, sarden, lele, ikan bilis, ikan nila ( tilapia), serta ikan trout.

2. Steak Setengah Matang

Ini juga salah makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Steak sebenarnya tidak dipermasalahkan jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Akan tetapi, steak dapat menjadi makanan yang berbahaya bagi ibu hamil apabila dagingnya tidak matang dengan sempurna.

Daging yang dimasak tidak matang seluruhnya besar kemungkinan memiliki parasit toksoplasmosis yang beresiko buruk untuk janin didalam kandungan. Daging sapi, daging ayam, burung, kalkun, sampai bebek yang dimasak setengah matang juga termasuk makanan dilarang buat ibu hamil.

3. Telur Setengah Matang

makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Telur rebus dan telur mata sapi ½ ataupun ¾ matang termasuk makanan yang dilarang buat ibu hamil. Ini karena telur yang belum matang tersebut biasanya masih memiliki kuman Salmonella aktif yang bisa menginfeksi ibu hamil serta janin di dalam kandungan. Alasan lain yang membuat telur rebus setengah matang jadi makanan yang dilarang dikonsumsi ibu hamil adalah adanya risiko terkena peradangan Salmonella.

4. Sangat Banyak Jeroan

Ibu hamil sebenarnya boleh mengkonsumsi jeroan seperti hati ayam, hati sapi, ampela ayam, jantung ayam serta yang lain, hanya saja tidak boleh berlebihan. Berdasarkan Pregnancy Birth and Baby, jeroan dapat menjadi makanan yang dilarang buat ibu hamil apabila dimakan sangat banyak. Ini karena jeroan memiliki banyak vitamin A. Jika mengkonsumsi vitamin A terlalu banyak bisa membahayakan janin didalam kandungan.

5. Sangat Banyak Kafein

Kafein adalah salah satu kandungan didalam makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi buat ibu hamil, terlebih bila konsumsinya berlebihan. Kafein bisa menembus plasenta serta menyebabkan kendala pada detak jantung balita. Sebaiknya batasi mengkonsumsi makanan serta minuman yang memiliki kafein, seperti kopi, teh dan minuman bersoda. Ibu hamil bisa mengganti makanan dan minuman berkafein dengan bahan makanan yang lebih sehat semacam buah dan sayuran.

6. Santapan Cepat Saji

makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Suka ataupun tidak, santapan cepat saji (fast food) seperti burger, kentang goreng, serta ayam goreng tepung (fried chicken) masuk dalam daftar makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Makanan cepat saji memiliki lemak trans yang bisa tingkatkan resiko penyakit jantung, kegemukan, ukuran calon anak sangat besar (makrosomia).

Itulah beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang harus diketahui. Waspada dan berhati hatilah dalam menjaga kehamilan dan calon buah hati dengan menghindari berbagai makanan ini ya.