manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Air kelapa memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga sudah banyak yang mendengarnya. Air kelapa ini memang mengandung banyak nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh khususnya ibu hamil. Agar lebih jelas lagi apa yang bisa didapatkan ibu hamil dari air kelapa adalah sebagai berikut.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

1. Menjaga Kesehatan Tubuh Ibu Hamil

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Air kelapa sangat bagus untuk ibu hamil karena bisa membuat ketahanan tubuh ibu hamil jadi lebih terjaga. Wanita hamil yang rutin mengkonsumsi air kelapa bisa memiliki kekebalan tubuh yang baik. dalam air kelapa terdapat kandungan vitamin yang lengkap dan bisa menjaga kesehatan tubuh. Ada vitamin C dan K yang bisa menjaga kesehatan tubuh.

Air kelapa sendiri juga memiliki sifat antioksidan yang menjadikan tubuh terbebas dari efek radikal bebas. Penyakit pun tidak bisa menembus tubuh si ibu hamil yang rutin mengkonsumsi air kelapa ini. Janin pun di dalam kandungan juga turut terjaga kesehatannya.

2. Mencegah Kram

Air kelapa ternyata juga bisa menghindarkan tubuh dari kram. Ibu hamil tentu tetap dianjurkan untuk olahraga, biasanya ibu hamil yang berolahraga akan mudah kram. Nah untuk mengurangi resiko kram tersebut minuman yang dikonsumsi bisa berupa air kelapa. Selain segar bagus juga untuk mencegah kaki atau bagian tubuh yang lain kram.

3. Penawar Racun

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Air kelapa sudah dari dulu dikenal sebagai penawar racun. Ini pun juga berlaku pada ibu hamil. Misalkan ibu hamil ada alergi pada makanan tertentu atau keracunan makanan, air kelapa ini bisa mengatasi dengan cepat. Penawar racun yang alami ini lebih dianjurkan daripada yang terbuat dari bahan kimia, terutama untuk ibu hamil. Bahan alami tentu lebih aman dan hampir tidak memberikan efek samping yang berbahaya.

Ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat yang dijual bebas di apotik. Setiap ada keluhan harus dikonsultasikan pada dokter kandungan agar obat yang diminum tidak membahayakan janin. Sebaiknya gunakan saja bahan-bahan alami seperti air kelapa ini untuk mengatasi berbagai keluhan di masa kehamilan.

4. Memperlancar Pencernaan

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah bisa mengatasi masalah pencernaan terutama sembelit. Hal ini dikarenakan air kelapa ini ternyata mengandung serta yang cukup tinggi. Ini adalah salah satu cara yang cukup efektif dalam mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil.

5. Menjaga Tubuh Tidak Dehidrasi

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Air kelapa ini baik untuk ibu hamil karena bisa menghidrasi tubuh dengan baik. Cairan tubuh yang dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga suhu tubuhnya normal bisa didapatkan dari air kelapa ini yang tentunya lebih menyehatkan karena banyak nutrisi dan gizi di dalamnya.

6. Mengganti Elektrolit

Ibu hamil biasanya mengalami fase mual dan muntah. Air kelapa ini sebaiknya dikonsumsi pada masa-masa seperti itu agar elektrolit dalam tubuh setelah mual dan muntah bisa tergantikan dengan yang baru. Tak hanya itu dengan mengkonsumsi air kelapa ini morning sickness bisa dicegah karena rasa air kelapa yang menyegarkan dan tidak membuat mual.

Nah, itu dia beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Banyak sekali yang menyarankan wanita hamil untuk mengkonsumsi air kelapa ini karena memang bisa menjaga tubuh lebih segar dan tidak mudah terserang penyakit. Air kelapa yang baik bisa didapatkan dari air kelapa yang berwarna hijau.