manfaat air tebu untuk ibu hamil

Manfaat air tebu untuk ibu hamil salah satunya dapat mencegah infeksi. Tidak hanya itu, manfaat air tebu juga dapat mencegah peradangan. Air tebu berasal dari tanaman tebu. Rasanya manis dan menyegarkan jika dikonsumsi. Selain enak dikonsumsi, air tebu mempunyai banyak sekali manfaat. Tentu hal ini tidak luput dari kandungan air tebu yang berupa antioksidan, protein, serat larut, fitonutrien, dan berbagai vitamin (Vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, dan B6). Berikut ini manfaat air tebu untuk kesehatan ibu hamil.

Manfaat Air Tebu untuk Ibu Hamil

1. Sumber Energi Instan

manfaat air tebu untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan, ibu hamil memberi makan dua tubuh yakni diri dan janinnya. Oleh sebab itu ia memerlukan sumber energi ekstra daripada orang normal. Air tebu merupakan salah satu sumber energi yang bisa dijadikan asupan pendukung sumber energi. Disebut sebagai instan sebab ibu hamil tidak perlu repot-repot memasak atau bahkan mengunyah, tinggal minum saja air tebu yang tersedia.

2. Memenuhi Kebutuhan Protein

Ibu hamil membutuhkan protein untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuhnya. Sementara janin membutuhkan protein untuk mendukung tumbuh kembangnya. Tebu diketahui memiliki kandungan protein cukup tinggi sehingga dapat dimanfaatkan ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan protein bagi diri dan janinnya.

3. Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Antioksidan yang terkandung dalam air tebu berperan penting untuk menangkal radikal bebas sehingga sistem imunitas tubuh menjadi lebih kuat. Dengan begitu, ibu dan janin akan kebal terhadap berbagai penyakit dan infeksi yang menyerang.

4. Mencegah Peradangan dan Alergi

manfaat air tebu untuk ibu hamil

Antioksidan yang terdapat pada air tebu berupa flavonoid dan phenolic. Kandungan antioksidan ini mampu menghindarkan ibu hamil dari peradangan dan alergi yang dialaminya. Oleh sebab itu, salah satu solusi ibu hamil jika mengalami peradangan maupun alergi adalah dengan mengonsumsi air tebu.

5. Melancarkan Pencernaan

Ibu hamil yang mempunyai masalah pencernaan dapat diatasi dengan minuman alami seperti air tebu. Serat larut dalam air tebu cukup tinggi sehingga mampu membantu pencernaan agar lebih lancar. Dengan pencernaan yang lancar, ibu hamil akan terhindar dari masalah sembelit juga.

6. Meredakan Infeksi Saluran Kemih

Manfaat selanjutnya dari air tebu ialah meredakan infeksi saluran kemih yang umum terjadi pada ibu hamil. Dalam hal ini air tebu bisa dicampur dengan air kelapa atau jus lemon sebelum dikonsumsi. Namun, meskipun air tebu dikonsumsi tanpa campuran apapun juga berkhasiat dalam meredakan infeksi saluran kemih.

7. Memiliki Indeks Glikemik Rendah

manfaat air tebu untuk ibu hamil

Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula pada suatu makanan. Air tebu memiliki indeks glikemik rendah meskipun mengandung gula cukup tinggi. Namun, jika ibu hamil mengonsumsi secara wajar, maka kandungan gula yang ada pada air tebu justru dapat menjadi sumber energi.

Demikianlah 7 manfaat air tebu untuk ibu hamil. Secara umum banyak kontroversi yang menyebabkan ibu hamil takut untuk mengonsumsi air tebu. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula yang terdapat di dalamnya. Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes atau sedang mengalami diabetes gestasional, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi air tebu untuk kesehatan. Sementara ibu hamil normal (dalam hal ini tidak sedang atau mempunyai riwayat diabetes) konsumsilah air tebu secara wajar meskipun indeks glikemik rendah. hal ini untuk mencegah terjadinya diabetes gestasional yang biasa terjadi pada ibu hamil.