Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Alpukat adalah salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi saat kehamilan. Manfaat alpukat untuk ibu hamil sendiri, tidak terlepas dari adanya kandungan nutrisi seperti asam folat yang baik untuk janin. Apakah hanya terbatas pada itu saja manfaat alpukat? Inilah ulasan selengkapnya seputar manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. 

Manfaat Buah Alpukat di Masa Kehamilan

Kalori dari makanan yang masuk pada perut ibu hamil itu sangat berpengaruh pada tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Tak hanya itu, setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil juga berpengaruh pada kondisi kesehatan ibu hamil itu sendiri. Perlu dicatat, ibu hamil bukan harus menaikkan porsi makan, tapi meningkatkan nutrisi yang dimakan. 

Itulah sebabnya, ibu hamil akan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi alpukat. Sebab, manfaat alpukat memang memiliki manfaat yang baik di masa kehamilan. Inilah beberapa manfaat tersebut: 

manfaat alpukat untuk ibu hamil

1. Memenuhi Kebutuhan Asam Folat

Asam folat yang terdapat pada alpukat sangat tinggi. Ini adalah salah satu nutrisi yang penting untuk pertumbuhan janin dalam kandungan agar tidak sampai cacat lahir terutama pada bagian otak dan sumsum tulang belakang. Kebutuhan akan asam folat ini pada trimester pertama sangat penting, selain untuk janin juga untuk ibu hamilnya sendiri. Jadi asam folat pada alpukat bisa mencegah terjadinya anemia, depresi, dan keguguran pada ibu hamil.

2. Mencukupi Kebutuhan Lemak Baik

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi. Ini adalah salah satu nutrisi yang baik juga untuk ibu dan janin. Lemak tak jenuh bisa mencegah obesitas baik pada bayi dan ibunya. Jantung ibu pun juga akan lebih terjaga kesehatannya jika rutin mengkonsumsi alpukat ini.

3. Atasi Masalah Pencernaan

Ibu hamil kerap kali mengalami sembelit karena ada perubahan kecepatan pada pencernaan saat hamil. Alpukat ini bisa mengatasi masalah tersebut karena pada buah alpukat terdapat serat tinggi. Serat yang tinggi bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan salah satunya adalah sembelit pada ibu hamil 

4. Sebagai Sumber Antioksidan

Kandungan likopen pada alpukat menjadikan buah ini bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi ibu hamil yang suka mengkonsumsi alpukat ini akan jarang dan terserang penyakit karena zat likopen yang berperan sebagai penangkal radikal bebas atau antioksidan.

5. Menyeimbangkan Tekanan Darah

Buah alpukat ini juga bisa menyeimbangkan tekanan darah seseorang. Ada kandungan magnesium dan kalium di dalamnya yang bertugas mengatur tekanan darah. Jika ada kemungkinan ibu hamil terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi sebaiknya makan alpukat sebagai cemilan sehari-hari. 

Dengan rajin makan buah alpukat ini maka resiko ibu hamil terkena tekanan darah tinggi bisa terhindarkan. Bahkan setelah proses persalinan tekanan darah juga bisa tetap terjaga dan terhindar dari resiko terkena hipertensi di masa depan.

6. Mengoptimalkan Proses Penyerapan Nutrisi

Penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berjalan lebih optimal apabila kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi dengan baik di dalam tubuh. Nah, vitamin dan mineral tersebut, bisa didapatkan dari alpukat. Alpukat mengandung vitamin A, C, E, K, bahkan vitamin B komplek. Belum lagi magnesium, kalium, dan asam folat. Tidak heran, jika konsumsi alpukat bisa membantu tubuh untuk lebih optimal dalam penyerapan nutrisinya. 

Nah, itu dia beberapa manfaat alpukat untuk ibu hamil. Buah alpukat juga bisa dinikmati dengan banyak cara. Mulai dari di jus, dijadikan smoothies, atau bisa juga sebagai salad. Mengingat berapa beragamnya manfaat dari alpukat, jangan sampai melewatkan buah ini untuk kesehatan kehamilan Anda ya!