Manfaat Apel untuk Ibu Hamil

Buah apel merupakan salah satu varian buah yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Beragam manfaat bisa didapatkan baik bagi ibu hamil maupun janin yang dikandungnya. Manfaat apel untuk ibu hamil tentu diperoleh dari kandungan nutrisi didalamnya berupa serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, asam folat, kalsium, kalium, magnesium, tembaga, dan mangan.

Manfaat Apel untuk Ibu Hamil

Manfaat Apel untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan nutrisi dalam buah apel, menjadikannya memiliki manfaat bagi kesehatan. Hal itupun juga bermanfaat untuk ibu hamil. Lalu, apa saja manfaat buah apel untuk ibu hamil? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kondisi ibu hamil sangat rentan terkena berbagai penyakit maupun infeksi jika imunitas tubuhnya melemah. Buah apel mengandung vitamin C yang berfungsi untuk mendorong produksi sel darah putih. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah apel disarankan untuk ibu hamil agar terlindungi dari berbagai macam infeksi.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Volume darah meningkat sejumlah 45% saat hamil sehingga ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan cairan dan kalium agar tidak dehidrasi. Buah apel mengandung kalium cukup tinggi. Dengan mengonsumsi buah apel, cairan dan elektrolit tubuh tetap seimbang.

3. Mencegah dan Mengatasi Kram Kaki

Manfaat buah apel untuk ibu hamil juga dapat mencegah dan kram kaki. Kandungan berbagai mineral penting seperti kalsium, kalium, dan magnesium terdapat pada buah apel. Manfaat dari kandungan tersebut adalah sebagai asupan mineral ibu hamil untuk mengatasi kram kaki. Kenaikan berat badan, perubahan hormon, dan kekurangan asupan mineral membuat ibu hamil kerap mengalami kram kaki. Dengan buah apel yang mudah dijumpai, Anda tidak perlu repot mencari obat penawar kram kaki.

4. Kesehatan Pencernaan Meningkat

Sembelit adalah gejala yang sering terjadi pada ibu hamil. Salah satu cara mengatasi sembelit adalah dengan mengonsumsi serat. Buah apel kaya akan kandungan serta. Oleh sebab itu, apel bisa dijadikan pilihan sebagai asupan serat untuk mencegah sembelit sehingga saluran pencernaan tetap lancar dan sehat.

5. Kesehatan Tulang Terjaga

Kalsium adalah salah satu asupan yang penting bagi ibu hamil dan janin. Kandungan kalsium mendukung pertumbuhan tulang, otot, jantung, sistem saraf, serta gigi bayi. Asupan kalsium yang rendah terhadap ibu hamil berpengaruh pada pertumbuhan janin dan beresiko menderita osteoporosis.

6. Meminimalisir Risiko Cacat Lahir

Kebutuhan folat harian yang cukup dipercaya dapat meminimalisir risiko cacat lahir. Kadar asam folat untuk mencukupi kebutuhan harian bisa didapatkan pada buah apel. Risiko cacat lahir pada bayi biasanya berupa spina bifida dan anensefalus yang sangat dihindari ibu hamil.

7. Mengurangi Risiko Anak Terkena Alergi dan Asma

Risiko anak terkena alergi dan asma saat lahir lebih rendah ketika ibu rajin mengonsumsi apel saat hamil. Kandungan polifenol berupa flavonoid pada kulit yang memiliki aktivitas antioksidan kemungkinan yang menyebabkan manfaat rendah risiko alergi dan asma terjadi.

Itulah 7 manfaat apel untuk ibu hamil sehat dan baik dikonsumsi. Ibu hamil dapat memakan langsung buah apel sebab kandungan nutrisi tidak hanya pada daging buah saja, namun kulit apel juga. Sebelum mengonsumsi, cucilah terlebih dahulu buah apel untuk menghindari bakteri jahat atau pestisida yang terdapat pada lapisan kulit luar apel.

Jika Anda menjadikan apel sebagai buah-buahan yang menemani saat hamil, jangan lupa untuk menyandingkannya dengan sayur atau makanan bergizi lainnya. Tujuannya adalah agar kebutuhan nutrisi yang tidak terkandung pada apel bisa terpenuhi juga. Konsumsilah pula dalam jumlah yang cukup. Konsumsi berlebihan pada sesuatu juga tidak baik bagi kesehatan meskipun mengandung banyak manfaat.