manfaat bayi tabung

Manfaat bayi tabung harus dipahami dengan baik oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Sebab, memiliki keturunan adalah keinginan setiap pasangan suami-istri. Setelah hari pernikahan, hal selanjutnya yang paling ditunggu-tunggu adalah kehamilan. Namun, ternyata kenyataannya tidak semudah itu. 

Tidak sedikit pasangan suami-istri yang belum memiliki keturunan bahkan dalam waktu yang tidak sebentar. Ada beberapa alternatif untuk mengatasi hal ini, salah satunya adalah menjalankan program bayi tabung. Banyak manfaat bayi tabung yang wajib diketahui.

Di antara alternatif lainnya, bayi tabung memiliki peluang paling besar untuk mengalami kehamilan. Maka dari itu, keunggulan bayi tabung inilah yang membuat banyak pasangan akhirnya melakukan prosedur bayi tabung.

Mengenal Prosedur Bayi Tabung

Sebelum membahas mengenai keunggulan bayi tabung, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai prosedur bayi tabung. Meskipun istilah ini familiar di telinga masyarakat, namun tidak bisa dipungkiri ada saja yang belum paham mengenai apa itu bayi tabung dan bagaimana prosedurnya.

Prosedur bayi tabung dilakukan untuk memperbesar peluang kehamilan. Hal ini menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk pasangan suami-istri yang kesulitan memiliki keturunan.

Secara ringkas, prosedur bayi tabung adalah proses kehamilan yang diawali dengan sel telur dibuahi oleh sel sperma di luar tubuh yaitu di dalam sebuah tabung. Dalam istilah medis, proses bayi tabung ini disebut dengan in vitro fertilization (IVF).

Sesuai dengan penamaannya, proses pembuahan pada prosedur bayi tabung tidak terjadi di dalam tubuh, melainkan memiliki beberapa prosedur tertentu. Pada umumnya, prosedur bayi akan dilakukan setelah mengonsumsi obat-obatan, tindakan bedah, atau inseminasi buatan tidak mampu mengatasi masalah ketidaksuburan. Berikut ini serangkaian prosedur bayi tabung:

  1. Untuk memproduksi beberapa sel telur sekaligus, maka wanita akan disuntik hormon terlebih dahulu untuk membantu memperbanyak pertumbuhan dan kematangan sel telur.
  2. Pada tahap berikutnya, Dokter akan melakukan pemantauan perkembangan sel telur dengan melakukan pengujian tes darah dan USG dengan tujuan untuk menentukan kesiapan pengambilan sel telur. 
  3. Selanjutnya, Dokter akan melakukan prosedur Ovum Pick Up (OPU) untuk mengambil sel-sel telur yang telah matang, dilakukan dengan bantuan USG, dokter akan mencari cangkang telur (folikel) dalam ovarium. Dalam hal ini, sel telur akan diambil menggunakan jarum khusus, prosedur berlangsung sekitar 30 menit hingga satu jam tergantung jumlah folikel. Untuk melakukan prosedur ini, wanita akan diberikan obat sedasi ringan (bius ringan).
  4. Pada hari yang sama, sel telur yang matang harus segera dipertemukan dengan sel sperma pasangan. Setelah itu, keduanya disimpan di dalam klinik untuk memastikan perkembangannya maksimal.
  5. Lalu, jika embrio hasil pembuahan sel telur dan sel sperma tersebut dianggap telah berkembang dengan baik, maka embrio akan dimasukkan ke dalam rahim. Proses ini dilakukan dengan cara memasukkan tabung penyalur (kateter) ke dalam vagina hingga sampai ke dalam rahim. Umumnya, embrio yang dimasukkan sebanyak satu sampai dua embrio. 
  6. Setelah dua minggu pemindahan embrio, pihak wanita akan diminta untuk melakukan tes kehamilan.

Manfaat dan Keunggulan Bayi Tabung

Bayi tabung menjadi solusi terakhir bagi pasangan yang kesulitan memiliki keturunan karena prosedur bayi tabung biasanya baru akan dilakukan jika tindakan bedah atau inseminasi buatan dan  konsumsi obat-obatan tidak mampu mengatasi masalah ketidaksuburan. Lalu, apa saja keunggulan bayi tabung? Berikut ini penjelasannya.

1. Memperbesar Peluang Kehamilan

manfaat bayi tabung

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa prosedur bayi tabung dapat memperbesar peluang kehamilan. Hal ini dapat mengatasi masalah kesuburan wanita dengan melakukan proses pembuahan tidak di dalam tubuh wanita itu sendiri. Oleh karena itulah, bayi tabung dilakukan oleh banyak pasangan.

2. Dapat Memilih Jenis Kelamin Bayi 

manfaat bayi tabung

Keunggulan bayi tabung lainnya adalah melalui prosedur ini maka suami-istri dapat memilih jenis kelamin bayi yang akan dikandung. Mengapa hal ini bisa terjadi, karena akan dipilih sperma yang memiliki kromosom tertentu yang sesuai dengan jenis kelamin manusia.

3. Memungkinkan untuk Kehamilan Ganda/Bayi Kembar

manfaat bayi tabung

Dalam prosesnya, bayi tabung bisa menghasilkan beberapa embrio. Sehingga hal ini memungkinkan bagi istri untuk mengandung bayi kembar atau mengalami kehamilan ganda.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat bayi tabung. Meskipun bayi tabung menjadi solusi terbaik untuk mengatasi kesulitan memiliki keturunan, namun tidak sedikit pasangan di luar sana yang justru gagal atau perlu beberapa kali sampai akhirnya berhasil mengalami kehamilan.