manfaat belimbing untuk ibu hamil

Selain rasanya yang enak, banyak manfaat belimbing untuk ibu hamil yang penting diketahui. Buah belimbing adalah salah satu makanan yang menyehatkan dan perlu dimakan oleh para ibu hamil. Belimbing bisa dijadikan cemilan sehat untuk ibu hamil dengan manfaatnya yang cukup beragam.

5 Manfaat Belimbing untuk Ibu Hamil 

Buah ini rasanya segar karena memiliki kandungan air yang cukup banyak. Biasanya paling enak dimakan bersama dengan buah lain yang cocok untuk rujakan. Selain enak kandungan gizinya cukup lengkap. Hal inilah yang membuat manfaat belimbing untuk kesehatan ibu hamil jadi beragam. Simak manfaatnya dibawah ini.

1. Meningkatkan Sistem Imun

manfaat belimbing untuk ibu hamil

Manfaat belimbing yang paling penting bagi ibu hamil adalah sebagai buah yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Masa kehamilan sebisa mungkin jangan sampai sang ibu sakit-sakitan. Caranya adalah dengan rajin olahraga, cukup istirahat, dan makan makanan yang bergizi. Buah belimbing sangat membantu sekali dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit. Sakit seperti flu atau batuk bisa mudah sekali menyerang seseorang yang imunitasnya jelek. Agar ibu hamil tidak mudah terkena serangan virus dan bakteri, agar tidak sampai flu atau batuk pilek, baiknya konsumsi belimbing yang kaya vitamin C.

Selain belimbing memang ada banyak makanan lain yang juga kaya vitamin C, namun buah belimbing bisa dijadikan sebagai salah satu makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sehari-hari sehingga tubuh tidak mudah sakit.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu indera yang penting dan perlu dijaga kesehatannya. Untuk ibu hamil memenuhi kebutuhan vitamin A sangat penting agar janin bisa memiliki mata yang sehat dan sempurna. Kandungan vitamin A pada belimbing bisa membantu ibu hamil yang bosan dengan wortel atau apel, sehingga kebutuhan vitamin A tetap tercukupi.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

manfaat belimbing untuk ibu hamil

Ibu hamil sudah biasa terkena masalah pencernaan. Hal ini karena perubahan yang terjadi pada tubuhnya di masa kehamilan. Biasanya ibu hamil akan mengalami sembelit atau pencernaan yang kurang lancar saat hamil. Untuk bisa mengatasi hal tersebut jangan buru-buru minum obat dari bahan kimia, cobalah untuk mengkonsumsi belimbing untuk mengatasi masalah pencernaan yang tidak lancar selama hamil.

Dengan mengkonsumsi belimbing, pencernaan akan lancar dan tidak ada efek samping yang membahayakan ibu hamil atau janin. Selama hamil pastikan untuk sangat menghindari mengkonsumsi obat-obatan dari bahan kimia karena efek sampingnya cukup membahayakan si janin.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bawaan hamil memang beragam salah satunya adalah darah tinggi. Banyak ibu hamil yang mengalami hal ini selama masa kehamilan. Hal ini tentu sangat mengganggu sekali karena saat tekanan darah naik, kepala akan pusing, mual, dan juga tidak bisa melakukan aktivitas karena tubuh terasa lelah dan mood jadi jelek.

Untuk menurunkan tekanan darah yang naik bisa mengkonsumsi belimbing sebagai cemilan sehat. Ibu hamil sangat disarankan untuk makan belimbing ini terutama yang punya riwayat hipertensi.

5. Mengontrol Kolesterol

manfaat belimbing untuk ibu hamil

Selain bagus dalam menurunkan tekanan darah tinggi, belimbing ternyata juga bagus dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol jahat tentu akan membahayakan, jadi sebaiknya konsumsi belimbing untuk bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Manfaat belimbing untuk ibu hamil ini sungguh beragam. Konsumsi buah belimbing yang masih segar, rasanya pasti manis dan bisa mengatasi rasa haus. Khasiatnya pun bisa didapatkan oleh siapa saja termasuk ibu hamil.