manfaat belut bagi ibu hamil

Manfaat belut bagi ibu hamil sangat penting untuk menambah asupan nutrisi. Ibu hamil memerlukan lebih banyak asupan nutrisi, karena saat hamil nutrisi dalam tubuhnya bukan hanya dicerna oleh dirinya sendiri namun juga untuk sang bayi dalam kandungannya. Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, mulai dari vitamin, mineral, dan lain sebagainya.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, ibu hamil bisa dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi atau suplemen pendukung. Namun tidak semua makanan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu, bagaimana dengan belut? Apakah ibu hamil boleh mengonsumsi belut? Dan adakah manfaat belut bagi kesehatan ibu hamil? Simak pembahasannya berikut ini.

Kandungan Gizi Belut

manfaat belut bagi ibu hamil

Belut adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan protein, kalsium, dan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B12 dan vitamin E yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain kandungan nutrisi tersebut, ikan belut juga mengandung sedikit lemak, namun jika dimasak dengan cara digoreng maka akan lebih berat kandungan lemak asam jenuh.

Ikan belut juga mengandung kolesterol, sodium, kalori yang cukup tinggi, lemak tak jenuh, omega 3 dan omega 6, thiamin, riboflavin, niasin, folat, pantothenic acid, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, potasium, sodium, zinc, mangan, dan selenium.

Pada mitos yang beredar mengatakan bahwa  jika ibu hamil mengonsumsi belut, maka kelak anaknya akan menjadi hiperaktif. Ada juga mitos lainnya yang mengatakan bahwa jika ingin memiliki anak laki-laki maka ibu hamil harus mengonsumsi belut.

Ternyata hal itu tidaklah benar, karena justru belut memiliki manfaat bagi kesehatan ibu hamil. Hal ini karena belut mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi yang ada di dalam kandungannya.

Manfaat Belut Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Ikan belut bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Dengan kata lain, belut aman dikonsumsi oleh ibu hamil namun dalam jumlah yang sewajarnya dan dimasak dengan matang. Lalu, apa sajakah manfaat belut bagi kesehatan ibu hamil? Berikut ini beberapa penjelasan di antaranya:

1. Membantu Perkembangan Janin dalam Kandungan

manfaat belut bagi ibu hamil

Ikan belut mengandung protein yang memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Protein dapat membantu perkembangan janin dalam kandungan dengan baik. Selain itu, nutrisi ini juga dapat membantu payudara dan jaringan rahim semakin kuat selama kehamilan.

2. Mencegah Kelahiran Prematur

Hal yang sering dikhawatirkan oleh setiap ibu hamil adalah kelahiran prematur. Untuk mengantisipasinya, ibu hamil bisa mencukupi asupan vitamin B12 yang bermanfaat bisa mencegah terjadinya risiko kelahiran prematur, berat badan bayi rendah, dan cacat tabung saraf seperti spina bifida. Ibu hamil bisa mengonsumsi belut untuk mencukupi asupan nutrisi vitamin B12.

3. Menambah Stamina

manfaat belut bagi ibu hamil

Ikan belut mengandung kalori yang cukup tinggi yaitu sebanyak 330 cal per 100 gram belut. Jika ibu hamil mengonsumsi satu belut yang berukuran 300 gram, maka kalori yang dihasilkan bisa mencapai 900 cal. Maka dari itu, mengonsumsi belut bisa menambah energi pada tubuh.

4. Menguatkan Tulang

Belut juga bermanfaat untuk menguatkan tulang, karena belut mengandung mineral fosfor. Agar asupan nutrisinya seimbang, ibu hamil juga bisa memenuhi asupan nutrisi seperti kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk menguatkan tulang dari makanan seperti susu, bayam, kangkung, dan lainnya.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan asam amino dan arginin yang ada dalam belut bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Asam amino bermanfaat untuk meningkatkan hormon pertumbuhan manusia sedangkan arginin bisa mengurangi risiko kanker payudara dengan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker ganas.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat belut bagi ibu hamil. Perlu diingat, walalupun belut aman dikonsumsi oleh ibu hamil, namun perhatikan batasan dalam mengonsumsinya. Selain itu, cukupi asupan nutrisi lainnya dari makanan bergizi lainnya.