manfaat beras kencur untuk ibu hamil

Selain digunakan sebagai bumbu penyedap masakan rumahan, manfaat beras kencur untuk ibu hamil bisa diperoleh saat ibu mengkonsumsinya sebagai minuman herbal. Sejak dulu, herbal bernama latin Kaempferia galanga ini dikenal sebagai salah satu jenis tanaman obat yang berperan penting dalam pengobatan tradisional. Termasuk untuk mendukung tumbuh kembang janin dan menunjang kesehatan ibu.

Manfaat Beras Kencur Bagi Ibu Hamil

1. Mencegah Hipertensi atau Preeklampsia

manfaat beras kencur untuk ibu hamil

Kencur dikabarkan mampu membantu mencegah hipertensi pada ibu hamil. Kondisi ini kerap kali disebut sebagai preeklampsia. Melansir Klikdokter, dr. Andika Widyatama mengungkapkan bahwa preeklampsia merupakan suatu komplikasi yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan mungkin disertai dengan kerusakan organ-organ dalam seperti ginjal dan hati selama masa kehamilan berlangsung.

2. Mengatasi Batuk dan Sakit Tenggorokan

Minum beras kencur secara rutin diklaim ampuh membantu meredakan batuk. Sebagian besar ibu hamil di dunia merasa risau dan khawatir ketika mengkonsumsi obat batuk, antibiotik, dan obat pereda nyeri dalam jangka panjang. Tidak mengherankan jika kemudian beberapa dari mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi obat herbal atau minuman alami seperti jamu jahe dan beras kencur untuk meredakan batuk serta sakit tenggorokan yang dideritanya.

Melalui Alodokter, dr. Amadeo D. Basfiansa mengungkapkan bahwa batuk yang biasa dialami ibu hamil merupakan refleks yang umum ketika ada benda asing, lendir, cairan, ataupun mikroba yang masuk ke dalam tubuh. Tujuannya adalah untuk membersihkan saluran pernapasan dari benda asing sebagaimana disebut. Walau memang belum banyak penelitian terkait khasiat kencur dalam mengatasi batuk pada ibu hamil yang berkembang, namun selama ini cukup banyak ibu hamil yang meraih manfaat ini.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

manfaat beras kencur untuk ibu hamil

Siapapun yang sedang mengandung dituntut untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang demi memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya lengkap dengan janin dalam rahimnya. Kendati demikian, rata-rata ibu hamil kehilangan nafsu makannya dikarenakan mual dan muntah. Terlebih jika usia kandungannya masih dalam trimester pertama. Kabar baiknya, mengkonsumsi beras kencur setiap hari dapat mengatasi nafsu makan yang menurun ketika mengandung. Ibu dapat membeli beras kencur di toko jamu atau meraciknya sendiri dengan memanfaatkan campuran beras, kencur, gula, dan asam jawa.

4. Meredakan Nyeri

Nyeri selama kehamilan terjadi lantaran pertumbuhan janin dalam rahim ibu. Ibu hamil kerap kali mengalami sejumlah pembengkakan pada sebagian tubuhnya seperti tangan, pinggang, maupun kaki. Guna meringankan efek nyeri yang ditimbulkan, ibu dapat mengkonsumsi beras kencur di setiap paginya. Bahkan, ketika perut dan kepala terasa sakit, beras kencur diyakini ampuh membantu menghilangkan gejala tersebut.

5. Menenangkan Kondisi Psikis Ibu Hamil

manfaat beras kencur untuk ibu hamil

Ketika mengandung, kondisi emosi ibu hamil kerap berubah-ubah dikarenakan perubahan hormon. Disamping itu, ibu hamil biasa mengalami susah tidur yang akhirnya membuatnya merasa stres.

Berdasarkan beberapa riset, ekstrak kencur yang dikonsumsi secara berkala dapat meringankan gejala gelisah, stress, dan depresi pada ibu hamil. Dengan meminumnya secara rutin, pun membarenginya dengan gaya hidup sehat dan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya beserta janinnya, kondisi psikis ibu hamil bakal lebih mudah terkendali. Kendati demikian, riset-riset tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat kencur bagi kesehatan manusia.

Itulah beberapa manfaat beras kencur untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Segala informasi mendalam tentang kehamilan, tips dan trik parenting, lengkap dengan rekomendasi menu harian ibu hamil dapat Anda akses melalui https://morulaivf.co.id.