manfaat beras merah untuk ibu hamil

Banyak manfaat beras merah untuk ibu hamil yang masih jarang diketahui. Selama masa kehamilan, ibu hamil tidak hanya menjaga kesehatan tubuhnya melainkan kesehatan janin yang dikandungnya juga. Oleh sebab itu, ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. 

Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus makan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan janinnya seperti beras merah. Beras merah sama halnya seperti beras putih yang biasa kita konsumsi yaitu sebagai sumber karbohidrat. Lalu, apa manfaat beras merah bagi ibu hamil? Ayo cek 7 manfaat beras merah untuk kesehatan ibu hamil di bawah ini.

1. Sebagai Sumber Energi

manfaat beras merah untuk ibu hamil

Perubahan fisik selama masa kehamilan sebab semakin besar janin membuat ibu hamil kerap merasa lelah. Supaya tetap produktif, ibu hamil membutuhkan asupan energi yang lebih banyak dari sebelum hamil. Salah satu sumber energi yang dapat dimanfaatkan ibu hamil adalah beras merah merah. Pada beras merah, ibu hamil mendapat asupan karbohidrat sebagaimana yang ada pada beras putih dan sedikit tambahan protein. Meskipun hanya sedikit, protein dapat membawa cukup banyak manfaat tambahan bagi ibu hamil. Sementara sumber energi pada beras putih hanya karbohidrat saja.

2. Menjaga Berat Badan Selama Hamil

Berat badan selama masa kehamilan tidak boleh berlebih juga tidak boleh kurang. Untuk mengontrol berat badan, ibu hamil dapat mengonsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih. Kandungan protein dan serat beras merah dapat membuat kenyang lebih lama sehingga dapat mengontrol jadwal makan ibu hamil sehingga nafsu makan terkendali, berat badan pun terkendali.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan pada beras merah cukup tinggi. Kandungan tersebut  mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit dan infeksi pada ibu hamil dan janin. Dengan begitu, daya tahan tubuh ibu hamil meningkat sehingga tercegah dari penyakit dan gangguan kehamilan seperti preeklampsia maupun gangguan tumbuh kembang janin.

4. Mencegah Anemia Defisiensi Zat Besi

manfaat beras merah untuk ibu hamil

Anemia defisiensi zat besi merupakan penyakit kurang darah akibat kekurangan zat besi. Penyakit ini tidak jarang terjadi pada ibu hamil. Oleh sebab itu, ibu hamil dianjurkan untuk makan makanan yang kaya zat besi selain juga harus mengonsumsi vitamin prenatal. Salah satu makanan yang kaya zat besi adalah beras merah.

5. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Serat pada 100 gram atau kurang lebih 2 centong beras merah mengandung sekitar 11 gram serat. Jumlah tersebut sudah hampir setengah dari kebutuhan serat harian ibu hamil. Kebutuhan serat yang tercukupi membuat saluran cerna lebih sehat sehingga terhindar dari sembelit yang kerap terjadi pada ibu hamil.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Salah satu penyakit yang rentan terjadi pada ibu hamil adalah diabetes gestasional. Penyakit ini tinggi risiko bagi ibu hamil yang obesitas dan memiliki riwayat keluarga diabetes. Supaya terhindar dari penyakit tersebut, maka ibu hamil harus mengontrol gula darah dengan cara menjaga pola makan. Indeks glikemik pada beras merah tergolong rendah, sehingga ibu hamil dapat menjadikan beras merah sebagai salah satu menu untuk mengontrol gula darah.

7. Meminimalisir Kram Kaki

manfaat beras merah untuk ibu hamil

Penyebab kram kaki yang sering dialami ibu hamil adalah kekurangan asupan kalium. Beras merah lebih diketahui lebih banyak kandungan kaliumnya daripada beras putih. Oleh sebab itu, ibu hamil dapat memanfaatkan beras merah untuk meminimalisir kram kaki.

Demikianlah informasi seputar manfaat beras merah untuk ibu hamil. Dengan mengetahui hal tersebut, jangan ragu untuk mengganti konsumsi beras putih menjadi beras merah. Selain itu, rajinlah memeriksa ke dokter untuk mengontrol kesehatan ibu dan janin.