Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil

Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah berenang. Manfaat berenang untuk ibu hamil juga dikenal banyak dan baik untuk perkembangan dan kesehatan bayi. Berenang juga termasuk sebagai olahraga yang ringan dan tidak terlalu banyak gerakan di area pinggang ataupun perut. Lalu, apa saja manfaat berenang untuk ibu hamil?

Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil

manfaat berenang untuk ibu hamil

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa olahraga renang memiliki manfaat untuk ibu hamil. Olahraga yang satu ini dapat membantu sendi-sendi pada tubuh ibu melakukan peregangan. Selain itu, inilah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh ibu hamil saat berenang:

1. Membantu Melancarkan Peredaran Darah Pada Ibu Hamil 

Manfaat berenang untuk ibu hamil yang pertama adalah bisa untuk melancarkan peredaran darah. Tidak hanya itu, berenang juga bisa membantu memperkuat jantung. Dengan rutin melakukan olahraga ini, kebutuhan nutrisi dan oksigen ibu hamil dan janin dalam kandungan akan selalu tercukupi.

2. Menjaga Berat Badan

Seringkali ibu hamil mengalami peningkatan berat badan. Hal ini adalah normal terjadi pada setiap ibu hamil, namun tetap perhatikan berat badan agar tidak naik secara berlebihan. Untuk mencegah obesitas atau berat badan yang naik berlebih, ibu hamil bisa rutin melakukan berenang. Sebab, berenang bisa membantu berat badan pada ibu hamil menjadi lebih terjaga dan stabil. 

3. Membuat Kualitas Tidur Jadi Lebih Nyenyak 

Selain menyehatkan, olahraga renang juga sangat menyenangkan untuk dilakukan. Sehingga berenang dapat meredakan stres saat hamil dan membuat kualitas tidur malam menjadi lebih nyenyak. Ini tentunya akan sangat baik untuk kesehatan ibu hamil secara keseluruhan karena istirahatnya menjadi lebih berkualitas. 

4. Meringankan Nyeri Punggung 

Biasanya, ibu hamil mengeluhkan sakit punggung selama kehamilan karena tulang belakang harus menopang tubuh yang semakin berat akibat pertumbuhan janin yang semakin besar. Nah, salah satu solusi untuk meredakan nyeri punggung adalah berenang. Ibu hamil bisa melakukan olahraga renang untuk meningkatkan kelenturan dan kelentukan otot, serta mengurangi tekanan pada tulang belakang.

5. Memperkuat Otot dan Sendi

Manfaat berenang yang terakhir adalah untuk menguatkan otot dan sendi. Gerakan renang dapat membuat otot dan sendi di tubuh ibu hamil menjadi lebih kuat. Rutin melakukannya dapat membuat ibu hamil tidak mudah lelah, mengatasi pegal, hingga mengurangi bengkak-bengkak di kaki dan tangan.

Catatan untuk Ibu Hamil Saat Berenang 

manfaat berenang untuk ibu hamil

Olahraga renang dilakukan di dalam air, sehingga perut ibu akan terjaga dan ditopang oleh air.  Oleh karena itulah,  olahraga renang aman dilakukan oleh ibu hamil karena resiko terjatuh dan melukai perut sangat kecil. Meskipun demikian, tidak sedikit ibu hamill yang mash ragu untuk melakukan olahraga renang. 

Padahal olahraga yang satu ini adalah salah satu olahraga yang paling aman dilakukan oleh ibu hamil. Menurut British Journal of Sports Medicine, Ibu hamil dapat mulai melakukan olahraga renang pada trimester pertama hingga trimester akhir kehamilan. Namun, meskipun olahraga renang aman dilakukan oleh ibu hamil tetap harus menjaga keselamatannya dengan berhati-hati pada saat berada di pinggir kolam renang agar tidak terpeleset. 

Pada saat melakukan olahraga renang, usahakan untuk didampingi oleh orang terdekat atau pasangan. Agar dapat membantu dan menjaga ibu hamil selama melakukan berenang. Terutama membantu ibu hamil berjalan di daerah yang basah dan licin.

Itulah berbagai manfaat berenang untuk ibu hamil. Meskipun olahraga renang adalah olahraga yang aman dilakukan untuk ibu hamil, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain pastikan berenang di kolam renang yang bersih, lakukan pemanasan dan pendinginan, konsumsi cukup air, dan pilih gerakan renang yang aman.