manfaat blewah untuk ibu hamil

Ternyata ada banyak manfaat blewah untuk ibu hamil yang masih jarang diketahui. Buah yang sering dikonsumsi selama bulan Ramadhan ini dapat diolah jadi minuman segar yang menyehatkan tubuh. Bahkan blewah juga memiliki kandungan nutrisi baik bagi janin.

Buah blewah mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, serat, karbohidrat, lemak, natrium, kalsium, gula, magnesium, kalium, zinc, selenium, zat besi, kolin, vitamin A, C, E, K, vitamin B kompleks, folat, serta antioksidan.

Walau begitu, konsumsi blewah saat masa kehamilan diperbolehkan sewajarnya saja. Dengan memilih blewah yang sudah matang, dan bagian kulitnya harus dibersihkan total sebab terkandung bakteri listeria yang dapat memicu risiko serius pada bayi.

Inilah 6 Manfaat Konsumsi Blewah saat Hamil

1. Mencegah Sembelit

manfaat blewah untuk ibu hamil

Saat masa kehamilan, seorang wanita kerap mengalami yang namanya sembelit. Sembelit ini sebenarnya bisa dicegah dengan konsumsi makanan berserat tinggi. Salah satunya blewah. Diketahui dalam 150 gram blewah, terkandung serat sebanyak 1,5 gram. Serat dalam blewah berkhasiat untuk mencegah sembelit serta melancarkan pencernaan pada ibu hamil.

2. Mencegah Anemia

Kurangnya sel darah merah dalam tubuh ibu hamil dapat menyebabkan anemia. Anemia akan sangat berbahaya untuk ibu hamil kalau tidak segera diatasi. Namun lebih baik mencegah daripada harus mengobati, salah satunya adalah dengan konsumsi zat besi cukup. Mineral zat besi bisa didapatkan dari makanan seperti buah blewah. Selain itu pada blewah juga terkandung vitamin C tinggi yang dapat membantu penyerapan zat besi pada ibu hamil. Sehingga blewah cocok dikonsumsi selama masa kehamilan.

3. Mencegah Cacat Janin

manfaat blewah untuk ibu hamil

Janin cacat lahir dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kurangnya tercukupinya asupan gizi folat pada ibu hamil. Bahkan saat baru merencanakan kehamilan, wanita wajib memenuhi kebutuhan asupan folat untuk meningkatkan kesuburan serta mendukung tumbuh kembang janin. Blewah juga ternyata mengandung asam folat atau B9 yang tinggi. Sangat direkomendasikan dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencegah cacat lahir, serta pre-eklampsia pada ibu hamil.

4. Mengatasi Kram Kaki

Terdapat 420 mg kalium dalam 150 gram blewah yang dapat membantu ibu hamil terhindar dari masalah kram kaki. Selain itu kalium juga dapat menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit tubuh, transmisi impuls saraf serta dapat membantu pelepasan energi dari nutrisi penting seperti protein, lemak dan karbohidrat. Walau begitu, konsumsi kalium dari 4700 mg dapat menyebabkan kondisi hiperkalemia, bahkan dehidrasi parah hingga memperparah diabetes tipe 1.

5. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Vitamin C berperan dalam menjaga kekebalan tubuh seseorang supaya tetap sehat dan tidak mudah sakit. Vitamin C juga ternyata bisa didapatkan dari buah blewah. Sebab blewah mengandung 55 mg vitamin C dari 150 gram blewah yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil jika dikonsumsi dalam jumlah cukup.

6. Menstabilkan Gula Darah

manfaat blewah untuk ibu hamil

Saat masa kehamilan, gula darah tinggi bisa berakibat buruk terhadap ibu maupun janin. Oleh karenanya diperlukan konsumsi makanan yang mengandung kalium serta antioksidan untuk mencegah kenaikan gula darah. Salah satunya adalah konsumsi blewah.

Itulah 6 manfaat blewah untuk ibu hamil yang harus diketahui. Pastikan untuk mengonsumsi buah blewah secara aman supaya khasiatnya bisa didapatkan secara optimal.