manfaat buah anggur untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang umumnya lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil. Pasalnya, ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan nutrisi sang janin yang ada di dalam kandungannya juga. Oleh karena itulah, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Manfaat buah anggur untuk ibu hamil bisa menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi.

Seperti yang kita tahu, salah satu makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah-buahan. Mengonsumsi buah-buahan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah anggur.

Buah anggur mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Tidak heran, bahwa manfaat buah anggur untuk ibu hamil pun sangatlah banyak. Lalu apa sajakah manfaat mengkonsumsi buah anggur? Simak pembahasannya berikut ini.

Kandungan Buah Anggur untuk Ibu Hamil

Rasa buah anggur sangat lezat, cenderung manis meskipun ada beberapa jenis buah anggur yang agak asam. Buah anggur bisa dimakan dengan berbagai cara, mulai dari memakannya secara langsung, jus, agar-agar, hingga diolah menjadi kismis.

Dalam 100 gr buah anggur mengandung 92,3 mg air, 30 kalori, 0,5 gr protein, 0,2 gr lemak, 6,8 gr karbohidrat, 1,2 mg serat, 39 kalsium, 12 mg fosfor, 1,1 mg zat besi, dan 3 mg vitamin C. Buah anggur termasuk buah-buahan yang rendah kalori, sehingga bisa disantap sebagai camilan untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Buah Anggur untuk Ibu Hamil

Ada sebuah mitos yang beredar di masyarakat bahwa buah anggur berbahaya untuk ibu hamil. Hal itu hanya mitos belaka, sebenarnya buah anggur bermanfaat untuk ibu hamil. Inilah berbagai manfaat tersebut:

1. Membantu Perkembangan Otak Janin

manfaat buah anggur untuk ibu hamil

Kandungan asam folat pada buah anggur bermanfaat untuk membantu perkembangan otak. Selain itu, buah anggur juga bermanfaat untuk mengurangi risiko cacat otak saat lahir, membentuk saraf pada otak janin, dan membantu pembentukan tabung otak bagi janin.

2. Membentuk Tulang dan Gigi

Buah anggur yang mengandung folat dan kalsium berperan untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin. Selain itu, buah anggur juga bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan memperkuat tulang ibu selama mengandung.

3. Pembentukan Sumsum Tulang Belakang

manfaat buah anggur untuk ibu hamil

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang adalah salah satu organ yang penting untuk janin. Untuk membantu pembentukan sumsum tulang belakang, ibu hamil bisa mengonsumsi buah anggur, karena kandungan asam folat membantu janin dalam pembentukan sumsum tulang belakang.

4. Mencegah Anemia

Beberapa ibu hamil mengalami anemia, terutama pada saat memasuki trimester kedua. Pada trimester kedua ini, janin berkembang pesat sehingga sel darah merah dalam tubuh ibu terbagi menjadi dua. Untuk mengatasi anemia, ibu hamil bisa mengonsumsi anggur merah karena mengandung zat besi.

5. Mengurangi Bengkak pada Ibu Hamil

manfaat buah anggur untuk ibu hamil

Ibu hamil umumnya sering mengalami masalah kaki yang membengkak. Ibu hamil dapat mengatasi hal ini dengan melakukan olahraga supaya otot mengalami peregangan. Selain itu, bisa juga dengan mengonsumsi anggur yang mengandung kalsium dan magnesium yang efektif untuk mengurangi bengkak pada kaki ibu hamil.

Selain manfaat di atas, buah anggur juga bermanfaat dalam pembentukan saraf pusat, melancarkan sistem pencernaan, dan meningkatkan sistem imun. Manfaat buah anggur untuk ibu hamil sangat banyak. Namun satu hal yang perlu diingat untuk mengosumsinya dalam porsi yang pas dan seimbang  dengan mengonsumsi makanan bergizi lainnya.