Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil

Jeruk menjadi salah satu buah yang memiliki manfaat untuk ibu hamil. Lebih dari 100% kebutuhan orang terhadap vitamin C ada pada buah jeruk. Buah jeruk merupakan yang mempunyai kadar vitamin C paling tinggi dalam famili citrus. Tidak hanya itu, buah jeruk juga mengandung bermacam nutrisi lain seperti kalsium, kalium, serat, asam folat, serta kaya akan antioksidan.

Kandungan buah jeruk yang luar biasa tersebut memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil. Ketahui beragam manfaat buah jeruk untuk ibu hamil berikut ini.

Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil

1. Mencegah Bayi Cacat Lahir

Manfaat Buah Jeruk

Cacat lahir yang terjadi pada bayi biasanya disebabkan oleh beberapa gangguan pembentukan tabung otak dan tabung saraf. Contoh gangguan tersebut adalah anensefali dan spina bifida. Oleh sebab itu, ibu hamil diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi seperti buah jeruk. Kandungan asam folat yang tinggi pada jeruk membantu dalam pencegahan terjadinya gangguan yang telah disebutkan sebelumnya sehingga minim resiko bayi cacat lahir.

2. Mencegah Anemia

Manfaat buah jeruk untuk ibu hamil dapat juga mencegah anemia. Hal itu karena asam folat membantu dalam memproduksi sel darah merah lebih banyak. Sementara vitamin C berperan penting untuk membantu penyerapan zat besi di usus. Perpaduan dua kandungan nutrisi pada jeruk tersebut membantu ibu hamil dalam mencegah anemia. Hal itu dapat mendukung pertumbuhan janin agar lebih sehat dan kuat.

3. Mencegah Sembelit

Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil

Sembelit terjadi karena sistem pencernaan terganggu. Serat merupakan asupan yang dibutuhkan ibu hamil untuk mengatasi sembelit yang kerap kali terjadi. Salah satu sumber serat yang enak dikonsumsi selama hamil adalah jeruk. Manfaat buah jeruk sebagai sumber serat juga bisa membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mencegah nafsu makan berlebihan yang berakibat kenaikan berat badan.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi pada saat hamil biasa disebut hipertensi gestasional. Kondisi ini sangat tidak baik bagi ibu hamil karena akan berdampak negatif bagi ibu hamil dan janinnya. Untuk mencegah hal itu, ibu hamil dapat mengonsumsi jeruk yang mengandung kadar kalium cukup tinggi. Selain mengatur tekanan darah, kalium juga membantu untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh ibu hamil.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil

Saat hamil, tidak jarang kulit menjadi tampak kering, kusam, bahkan berjerawat. Tentu membuat ibu hamil terkadang terlihat kucel. Hal ini dapat diatasi dengan perawatan alami mengingat beberapa skincare tidak diperbolehkan bagi ibu hamil karena zat kimia yang kurang aman. Salah satu cara untuk menjaga kulit agar tetap sehat adalah dengan mengonsumsi jeruk.

Kandungan vitamin C dan antioksidanlah yang membantu tubuh memproduksi kolagen dan mencegah kerusakan kulit. Dengan begitu, kulit tetap kencang dan lembab.

Itulah beragam manfaat buah jeruk untuk ibu hamil. Jadi, bagi Anda yang sedang hamil jangan ragu untuk menyetok buah jeruk. Anda bisa mengonsumsi sebagai pencuci mulut setelah makan. Selain dimakan langsung, Anda bisa mengolah menjadi jus untuk minum di sela-sela  makan. Tidak disarankan mengonsumsi jeruk saat perut masih kosong sebab dapat memicu kambuhnya asam lambung. Apalagi saat trimester akhir kehamilan. Hal itu akan berdampak negatif saat persalinan.

Selain manfaat yang didapat ibu hamil dari mengonsumsi jeruk, terdapat beberapa risiko yang terjadi saat ibu hamil mengonsumsi terlalu banyak. Beberapa di antaranya adalah menyebabkan sakit tenggorokan sebab asam sitrat pada jeruk tinggi, menyebabkan kram perut, memicu kelahiran prematur, asam lambung, dan diabetes gestasional karena kandungan gula cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda hanya perlu mengonsumsi jeruk dalam jumlah sedang, sekitar 3 buah setiap harinya.