manfaat buah manggis untuk ibu hamil

Asupan nutrisi sangat dibutuhkan ibu hamil untuk mendukung kesehatan diri dan janinnya. Salah satu asupan nutrisi yang dapat dikonsumsi ibu hamil adalah buah manggis. Buah manggis (Garcinia Mangostana Linn) mudah dijumpai di Indonesia. Oleh sebab itu, Anda bisa menyetok dan merasakan manfaat buah manggis untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

manfaat buah manggis untuk ibu hamil

Sebagai sumber serat dan karbohidrat alami, buah manggis mempunyai kandungan yang dapat diandalkan ibu hamil. Kandungan tersebut antara lain: vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, dan kalium. Selain itu, buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks dan xanthones.

Sumber vitamin B kompleks pada buah manggis terdiri dari niasin, tiamin, dan folat. Fungsi dari vitamin ini adalah sebagai kofaktor yang menunjang tubuh dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Sementara xanthones adalah kandungan paling penting buah manggis yang berfungsi sebagai antioksidan penting bagi tubuh. Lantas, apa saja manfaat buah manggis bagi ibu hamil? Simak ulasan berikut ini.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah manggis bersifat antioksidan dan antibakteri yang membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas. Kandungan vitamin C yang ada pada buah manggis juga berperan sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh. Perpaduan dua hal tersebut mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Ibu hamil harus menjaga dua tubuh saat hamil, yakni tubuhnya sendiri dan janin. Ia harus berusaha ekstra menjaga kekebalan tubuhnya agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa. Sehingga kehamilan tidak dijadikan alasan ketika produktivitas menurun.

2. Mencegah Sembelit

manfaat buah manggis untuk ibu hamil

Gejala sembelit adalah yang sering dialami ibu hamil. Buah manggis merupakan salah satu sumber serat alami. Ibu hamil dapat mengkonsumsi buah manggis yang kaya serat untuk mencegah sembelit. Dengan begitu, sistem pencernaan tetap sehat selama hamil.

3. Mencegah Bayi Cacat Lahir

Cacat lahir pada bayi yang sering terjadi adalah spina bifida dan anensefalus. Untuk menghindari bayi cacat lahir perlu asupan nutrisi yang sesuai. Salah satu asupan nutrisi untuk pencegahan hal itu adalah asam folat. Buah manggis mengandung asam folat yang tinggi. Oleh sebab itu, ibu hamil dapat menjadikan buah manggis sebagai salah satu alternatif makanan penunjang selama kehamilan.

4. Mengontrol Gula Darah

manfaat buah manggis untuk ibu hamil

Ibu hamil berpeluang terkena diabetes gestasional, yakni kadar gula yang tinggi selama hamil. Hal ini menyebabkan komplikasi pada ibu hamil yang berakibat kelahiran prematur dan preeklampsia. Tentu sangat dihindari bukan?

Perpaduan antara serat dan kandungan xanthone diyakini mampu membantu ibu hamil untuk mengontrol gula darah. Risiko terkena diabetes gestasional akan menurun. Ibu dna janin lebih sehat dan berpeluang lahir normal lebih tinggi.

Itulah 4 manfaat buah manggis untuk ibu hamil. Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi buah manggis adalah keaslian buah. Buah manggis yang segar lebih baik daripada berbentuk kemasan seperti minuman kaleng maupun suplemen yang dijual di pasaran. Jika memang terpaksa mengonsumsi dalam bentuk suplemen maupun minuman kemasan, periksalah terlebih dahulu bahan-bahan pembuatnya.

Lain hal lagi beberapa ibu hamil secara tidak sadar ada yang memiliki alergi ketika mengkonsumsi buah manggis. Reaksi alergi yang biasa terjadi setelah mengkonsumsi buah manggis adalah gatal-gatal, bibir dan mata bengkak, muncul ruam kulit, dan sesak napas. Jika terjadi hal itu, segera konsultasikan kepada dokter kandungan untuk penanganan yang tepat. Sebelum itu, mintalah saran dokter tentang porsi yang baik dalam mengkonsumsi sayuran maupun buah-buahan penunjang kesehatan ibu hamil.