manfaat buah markisa untuk ibu hamil

Manfaat buah markisa untuk ibu hamil sangat banyak ragamnya. Buah markisa yang rasanya unik dan kaya akan nutrisi ini masih banyak digemari oleh para konsumen. Umumnya, manfaat buah markisa untuk ibu hamil ialah dapat membantu menyehatkan pencernaan. Simak manfaat buah markisa untuk ibu hamil lebih lengkapnya di sini.

Manfaat Buah Markisa untuk Ibu Hamil

Inilah berbagai manfaat dari buah markisa:

1. Menangkal Osteoporosis

manfaat buah markisa untuk ibu hamil

Kandungan kalsium yang dimiliki oleh buah markisa sangat berpengaruh pada tubuh ibu hamil. Kalsium dapat membantu ibu hamil untuk tetap menjaga kepadatan tulang serta membantu pembentukan tulang rawan pada janin. Ibu hamil yang kekurangan kalsium akan rentan terkena osteoporosis, oleh karena itu dengan mengkonsumsi buah markisa akan memenuhi kadar kalsium yang ada di dalam tubuh.

2. Melancarkan Pencernaan

Kebanyakan ibu hamil kerap kali mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi buah markisa sebagai pelengkap nutrisi. Buah markisa memiliki kandungan serat yang banyak dimana nutrisi berupa serat akan berperan penting dalam mengatasi masalah pencernaan seperti susah buang air besar, perut kembung, dan juga mag.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Lancar atau tidaknya sirkulasi darah berpengaruh terhadap baik atau buruknya kondisi kesehatan tubuh seseorang khususnya pada ibu hamil. Ketika bumil yang mengandung memiliki sirkulasi darah lancar, maka janin akan mendapatkan nutrisi secara optimal. Kondisi tersebut dapat tercapai apabila ibu hamil mendapatkan asupan zat besi yang baik dimana kandungan gizi tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah markisa. 

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

manfaat buah markisa untuk ibu hamil
Unrecognizable female sitting on the carpet in domestic room and making heart symbol on her belly

Kesehatan jantung berperan penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Kandungan kalium yang ada pada buah markisa memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga jantung memiliki kinerja yang baik. Dengan mengkonsumsi buah markisa, maka kebutuhan kalium akan terpenuhi yang mengakibatkan fungsi jantung menjadi optimal.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi buah markisa dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang khususnya pada bumil. buah markisa memiliki kandungan vitamin c sebanyak 50% dimana berperan penting untuk menjaga imunitas tubuh. Selain itu, antioksidan yang dimiliki oleh buah markisa juga berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Mengatasi Insomnia

Mengidap insomnia dapat mengakibatkan resiko pada ibu hamil khususnya pada janin. Insomnia dapat memicu adanya depresi dan juga kecemasan sehingga akan mempengaruhi fungsi tubuh. Insomnia ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah markisa karena markisa mempunyai senyawa khas yang mampu mengurangi kecemasan dan juga insomnia.

7. Menjaga Kesehatan Mata

manfaat buah markisa untuk ibu hamil

Vitamin A yang dimiliki oleh buah markisa memiliki peran untuk menjaga kondisi kesehatan mata pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi buah markisa maka akan meningkatkan penglihatan dan juga meminimalisir timbulnya penyakit mata seperti katarak dan lain-lain.

8. Mengatasi Masalah Pernapasan

Selain memiliki rasa buah yang enak dan berkhasiat, kulit buah markisa ternyata juga memiliki manfaat yang tak bisa dipandang sebelah mata. Dengan mengiris kulit buah markisa kemudian mencium aromanya, maka Anda akan terhindar dari mengi, sakit tenggorokan, maupun batuk rejan. Hal itu dikarenakan kulit buah markisa mengandung  ekspektoran dan senyawa biflavonoid yang mampu mengatasi masalah pernapasan.

Itulah tadi manfaat buah markisa bagi ibu hamil. Karena memiliki banyak khasiat, maka ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah markisa sebagai penyeimbang nutrisi sehari-hari. Namun diharapkan untuk selalu mengatur porsi makan yang seimbang, sehingga makanan yang dimakan memiliki takaran gizi yang seimbang. Ketika nutrisi yang dimakan seimbang, maka akan berpengaruh baik terhadap kondisi ibu hamil dan juga janin.