Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil adalah buah naga. Manfaat buah naga untuk ibu hamil tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang beragam. Buah ini dipadati dengan kandungan vitamin, serat, protein, lemak, fosfor, zat besi, dan kalsium. Lalu, apa saja manfaat buah naga bagi ibu hamil?

Intip Manfaat Buah Naga di Masa Kehamilan

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Inilah berbagai manfaat dari buah naga yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil:

1. Mencegah Cacat Lahir

Manfaat pertama adalah untuk mencegah cacat lahir pada bayi. Dalam buah naga ada kandungan asam folat yang tinggi dimana itu adalah nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan. Asam folat ini mencegah janin lahir dalam kondisi cacat terutama pada bagian yang berkaitan dengan otak dan sumsum tulang. 

Buah berwarna merah keunguan ini pun memiliki kandungan vitamin yang lengkap dari B1, B2, dan B3, masih ada vitamin C juga dan banyak kandungan penting lain. Tak heran jika buah naga ini memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil dan janinnya.

2. Membantu Pertumbuhan Tulang

Manfaat buah naga untuk ibu hamil ternyata bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini karena dalam buah naga ada kandungan kalsium dan fosfor yang bisa juga mengoptimalkan proses perkembangan tulang pada janin yang ada di dalam kandungan sang ibu.

3. Meningkatkan Hemoglobin

Dalam buah naga ada kandungan zat besi dan juga vitamin C yang cukup tinggi juga. Fungsi dari keduanya adalah untuk meningkatkan jumlah hemoglobin pada ibu hamil. Jadi buah naga ini bagus sekali untuk mengurangi anemia pada ibu hamil sehingga bisa menekan resiko yang membahayakan ibu hamil yang bisa diakibatkan dari kadar hemoglobin yang rendah.

4. Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah kondisi yang umum dirasakan para ibu hamil. Hal ini karena ibu hamil cenderung mengalami perlambatan sistem pencernaan, Buah naga bisa membantu mengatasi masalah sembelit ini karena memang serat yang ada di dalam buah naga cukup tinggi. Selain sembelit masalah pencernaan yang lain juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah naga ini.

5. Sebagai Antioksidan

Vitamin C pada buah naga bisa membantu ibu hamil meningkatkan kekebalan tubuhnya. Selain itu pertumbuhan gusi, gigi, dan tulang juga lebih optimal dengan adanya vitamin C pada buah naga ini. Vitamin C ini sudah dikenal sebagai penangkal radikal bebas sehingga membuat orang yang mengkonsumsinya bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

6. Sumber Karbohidrat

Salah satu kandungan nutrisi yang ada dalam buah naga adalah karbohidrat yang berperan sebagai sumber energi. Jika selama kehamilan mengkonsumsi buah naga, maka ibu hamil bisa mendapatkan asupan energi yang cukup. Jadi bisa dikonsumsi sebagai cemilan saat merasa lapar atau saat sarapan dengan mengolahnya jadi salad buah yang enak.

7. Mengontrol Gula Darah

Ibu hamil biasanya mudah terserang diabetes di masa kehamilannya. Agar hal tersebut tidak sampai terjadi maka bisa mengkonsumsi buah naga setiap hari sebagai cara untuk mengontrol gula darah. Hal yang biasanya memicu gula darah naik pada ibu hamil karena pilihan cemilan yang kurang tepat. Baiknya ganti cemilan yang kurang sehat dengan buah naga atau buah lain yang lebih bernutrisi.

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang manfaat buah naga untuk ibu hamil. Menjaga janin dalam kandungan memang perlu kehati-hatian, ibu hamil harus memberikan asupan yang kaya nutrisi seperti buah naga dan mulai menghindari makanan yang mengandung bahan kimia.