manfaat buah pir untuk ibu hamil

Buah pir mempunyai kandungan air, serat, dan berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi ibu hamil. Meningkatkan imunitas tubuh adalah salah satunya. Untuk lebih mengetahui ragam manfaat buah pir untuk ibu hamil, simak 6 manfaat buah pir untuk ibu hamil yang luar biasa berikut ini.

Ragam Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

manfaat buah pir untuk ibu hamil

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah pir mengandung vitamin C mempunyai peran penting sebagai antioksidan penjaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan kuat. Manfaat buah pir untuk ibu hamil dapat melindungi sel-sel tubuh ibu hamil dan janin dari bahaya radikal bebas melalui buah pir yang mengandung vitamin ini. Selain itu kandungan zat tembaga yang menyertai vitamin C dalam buah pir dapat membantu perkembangan jaringan tulang, otot, serta kulit ibu hamil dan janin.

2. Mencegah Sembelit

Gejala umum yang dirasakan ibu hamil salah satunya adalah sembelit. Penyebab sembelit pun beragam, mulai dari perubahan hormon, kurang minum air putih, asupan serat yang kurang, hingga rahim yang membesar. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah pir yang kaya akan serat untuk mencegah sembelit.

3. Meringankan Gejala Morning Sickness

Morning sickness adalah mual-mual yang terjadi saat hamil. Meskipun ada kata “morning”, gejala ini tidak hanya terjadi pada pagi hari (kapanpun bisa terjadi). Kandungan vitamin B3 dan B6 yang ada dalam buah pir mampu meringankan gejala tersebut. Selain itu, vitamin B3 juga berfungsi untuk meredakan migrain dan melancarkan pencernaan. Sementara vitamin B6 mempunyai fungsi lain sebagai pendukung perkembangan sistem saraf bayi dan perkembangan otaknya.

4. Mencegah Kram Hamil

Gejala selain morning sickness yang kerap terjadi pada ibu hamil adalah kram. Ibu hamil merasakan kram di berbagai bagian tubuh, utamanya kram kaki yang sering terjadi. Untuk mencegah hal itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dan magnesium seperti buah pir. Kalium berperan sebagai penyeimbang kadar elektrolit dan cairan dalam tubuh sehingga tubuh tetap berfungsi normal meski dalam keadaan hamil. Sementara manfaat magnesium adalah membantu relaksasi otot ibu hamil sehingga tidak sering kram.

5. Mencegah Dehidrasi Saat Hamil

Manfaat buah pir untuk ibu hamil juga dapat mencegah dehidrasi, hal itu karena berbagai gejala yang terjadi pada ibu hamil seperti morning sickness dan berkurangnya nafsu makan dapat membuat dehidrasi. Oleh sebab itu ibu hamil disarankan banyak mengonsumsi air mineral atau makanan yang mengandung banyak air. Salah satu contoh makanan tersebut adalah buah pir yang kaya akan kandungan airnya.

6. Mencegah Bayi Terlahir Cacat

Manfaat buah pir selanjutnya adalah meminimalisir risiko cacat tabung saraf dan komplikasi kehamilan lain yang dapat menyebabkan bayi terlahir cacat. Salah satu cara untuk mencegah hal itu adalah dengan mengonsumsi buah pir yang mengandung nutrisi berupa asam folat. Asam folat yang dikandung buah pir berperan untuk membantu produksi sel darah merah agar terhindar dari anemia. Selain itu, kandungan ini baik untuk mendukung perkembangan sumsum tulang belakang janin dan saraf otak.

Kandungan Nutrisi Buah Pir

Manfaat buah pir yang beragam tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Buah pir mengandung vitamin dan mineral lain dalam jumlah sedikit –seperti tembaga, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin B, asam folat– serta antioksidan yang mampu menangkal bahaya radikal bebas. Sementara kandungan nutrisi utama yang terdapat pada buah pir berukuran sedang secara lengkap adalah sebagai berikut.

  • 120 ml air
  • 85–100 kalori
  • 25–27 gr karbohidrat
  • 6–6,5 gr serat
  • 0,5–1 gr protein
  • 6,5 ml vitamin C
  • 250 ml kalium
  • 5 mikrogram vitamin K

Demikianlah 6 manfaat buah pir untuk ibu hamil yang luar biasa bisa dipertimbangkan untuk dikonsumsi. Untuk mendapatkan manfaat buah pir seperti yang dijelaskan di atas, Anda harus mencuci buah pir dengan bersih sebelum mengonsumsinya agar terhindar dari bakteri jahat. Sementara untuk porsi makan buah pir cukup 1–2 buah setiap hari.

Selain buah pir, masih banyak lagi macam-macam buah yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Yang pasti, apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus tetetap menjaga berbagai kandungan nutrizi dan gizi yang terkandung di dalamnya. Tetap semangat, tetap jaga kesehatan bunda dan bayi dalam kandungan.