Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Buah sirsak sering disebut dapat membahayakan kehamilan sehingga banyak orang terdahulu melarang generasi setelahnya untuk mengonsumsi sirsak saat hamil. Padahal, bahaya buah sirsak terjadi ketika mengonsumsi terlalu banyak. Saat ini diketahui ada manfaat buah sirsak untuk ibu hamil karena kandungan nutrisi dan antioksidan-nya. Manfaat tersebut mulai dari masalah pencernaan hingga produksi ASI (Air Susu Ibu).

Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Berikut ini 7 manfaat buah sirsak untuk ibu hamil secara lengkap. Simak baik-baik, ya!

1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu cara agar saluran cerna tetap aktif adalah dengan mengonsumsi buah sirsak. Buah sirsak mengandung serat dan air yang baik untuk hal ini. Dengan saluran cerna yang tetap aktif dapat membantu mengatasi sembelit yang kerap terjadi pada ibu hamil.

2. Mencegah Mual

Ketidakseimbangan hormon berakibat pada gejala morning sickness pada ibu hamil. Rasa asam pada buah sirsak membantu produksi air liur lebih banyak daripada biasanya sehingga mulut tidak kering, mual pun mereda. Olahan yang tepat untuk mendapat manfaat buah sirsak satu ini adalah membuatnya menjadi jus.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C pada buah sirsak. Jika sistem kekebalan ibu hamil optimal, risiko terkena penyakit saat hamil juga minim.

4. Merangsang Produksi ASI

ASI merupakan makanan primer bayi. Oleh sebab itu produktivitas ASI perlu diperhatikan. Cara alami untuk merangsang produksi ASI agar lancar adalah dengan mengonsumsi buah-buahan, sirsak salah satunya.

5. Mengatasi Peradangan

Tamar Samules, seorang ahli gizi bersertifikat menyatakan bahwa buah sirsak berguna sebagai agen anti radang. Buah sirsak mengandung senyawa alkaloid, acetogenin, dan fenol yang berfungsi untuk menangkal peradangan.

6. Memperkuat Tulang Janin

Kandungan gizi yang beragam pada buah sirsak membuat tulang janin semakin kuat. Oleh sebab itu, Anda jangan ragu untuk mengonsumsi buah sirsak. Tentu dengan porsi yang cukup.

7. Menurunkan Risiko Kanker

Acetogenin merupakan senyawa yang ditemukan dalam buah sirsak dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker, meminimalisir ketersediaan glukosa dan ATP pada sel kanker, mendukung produksi antioksidan, serta menginduksi sel tubuh yang telah mati. Dengan demikian menurunkan risiko kanker pada ibu hamil. Bahaya tidak dirasakan ibu hamil saja, namun janin juga terkena dampak negatif jika sang ibu mengidap kanker.

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil di atas tidak terlepas dari kandungan nutrisinya. Buah sirsak seberat 200 gram mengandung kurang lebih 110-130 kalori. Berikut kandungan lengkap buah sirsak.

  • Serat
  • Karbohidrat 
  • Protein
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Kalium
  • Kalsium
  • Magnesium

Kandungan nutrisi lain seperti asam folat, zat besi, zinc, serta antioksidan juga terdapat pada buah sirsak. Ini membuat buah sirsak menjadi salah satu buah yang baik untuk ibu hamil.

Larangan bahwa buah sirsak berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil tidak serta merta salah. Hal itu dapat dibenarkan jika konsumsi buah sirsak berlebihan maupun saat perut kosong. Efek samping jika mengonsumsi buah sirsak berlebihan maupun perut kosong adalah meningkatnya risiko asam lambung. Perut menjadi sakit dan tidak nyaman. Selain itu, mengonsumsi daun sirsak sebagai teh dan juga bijinya secara berlebihan juga rentan terkena risiko keracunan otak dan saraf.

Ukuran buah sirsak yang ideal dikonsumsi ibu hamil agar dapat merasakan manfaat yang telah disebutkan di atas adalah sekitar 200 gram. Maka, jika Anda mengonsumsi buah sirsak pada saat hamil untuk merasakan manfaatnya yang luar biasa, jangan mengonsumsi lebih dari 200 gram.