Manfaat Buah Srikaya untuk Ibu Hamil

Buah srikaya dikenal sebagai buah yang segar untuk dikonsumsi. Dibalik rasanya yang asam dan segar itu, ternyata ada banyak manfaat buah srikaya untuk hamil yang jarang diketahui.  Buah srikaya ini memiliki banyak kegunaan dan manfaatnya, karena mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil dan janin. Untuk mengetahui bagaimana manfaat buah srikaya bagi ibu hamil, simak pembahasannya pada artikel berikut ini.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Srikaya

manfaat buah srikaya untuk ibu hamil

Berbagai manfaat buah srikaya bagi ibu hamil tidak bisa dilepaskan dari kandungan nutrisi beragam yang ada didalamnya. Berbagai kandungan tersebut mulai dari vitamin, mineral, dan sebagainya. Buah srikaya juga diketahui mengandung 60-100 kalori di dalamnya. 

Nutrisi dan zat lainnya yang terkandung dalam buah srikaya antara lain vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, magnesium, zat besi, zinc, fosfor, dan lemak. Kandungan nutrisi yang lengkap ini membuat buah srikaya memiliki banyak manfaat sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, buah srikaya juga mengandung antioksidan yang melimpah, yakni polifenol. 

Manfaat Buah Srikaya untuk Ibu Hamil

Nutrisi dan zat yang terkandung dalam buah srikaya, mengakibatkan buah ini memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh, terutama pada ibu hamil. Apa sajakah manfaat buah srikaya yang baik bagi ibu hamil? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Sumber Energi

Seringkali, ibu hamil merasa cepat lelah karena banyaknya kalori yang terbuang. Oleh karena itulah, ibu hamil membutuhkan asupan kalori yang cukup agar tetap berenergi. Salah satu caranya dengan mengonsumsi buah srikaya yang mengandung 60-100 kalori. 

2. Mengoptimalkan Perkembangan Janin

Buah srikaya mengandung vitamin A dan C yang bermanfaat untuk proses perkembangan janin. Kandungan nutrisi dalam buah srikaya mampu menangkal serangan radikal bebas yang berfungsi sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan rambut, mata, serta kulit. 

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah srikaya bagi ibu hamil selanjutnya adalah berguna dalam menjaga daya tahan tubuh. Kandungan karbohidrat, kalori, dan lemak yang cukup tinggi mampu menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. Mengonsumsi buah srikaya secara rutin dan teratur mampu menjaga daya tahan tubuh.

4. Meredakan Gejala Mual

Biasanya, permasalahan ibu hamil pada umumnya adalah mengalami gejala mual atau morning sickness yang cukup mengganggu di pagi hari. Meski ini adalah kondisi yang wajar, tentunya hal ini membuat ibu hamil tidak nyaman. Untuk meredakan gejala seperti ini, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah srikaya secara rutin selama masa kehamilan.

5. Meminimalisir Kelahiran Prematur

Salah satu hal yang ditakutkan bagi para ibu hamil adalah kelahiran prematur. Untuk meminimalisir kelahiran prematur, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah srikaya secara rutin selama masa kehamilan.  Hal ini karena buah srikaya mengandung mineral zinc yang tinggi.

Mineral yang tinggi ini bisa memenuhi kebutuhan mineral pada tubuh ibu hamil setiap hari yang mencapai 100 miligram. Jika asupan zinc yang cukup selama masa kehamilan, maka kadar hemoglobin dalam tubuh tetap terjaga sehingga mampu terhindar dari kelahiran prematur.

Ada banyak manfaat buah srikaya bagi ibu hamil, sehingga buah yang satu ini sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil. Buah srikaya dapat dikonsumsi dengan diolah menjadi jus atau bahkan dimakan langsung pun tidak mengurangi kelezatannya. 

Meskipun buah srikaya memiliki banyak manfaat, namun pastikan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Penuhi kebutuhan nutrisi lainnya dari makanan yang lain. Dengan begitu, manfaat buah srikaya untuk ibu hamil bisa tetap diserap secara optimal.