manfaat buah sukun untuk ibu hamil

Siapa yang menyangka dibalik rasanya yang lezat dan sering diolah menjadi camilan, manfaat buah sukun untuk ibu hamil ternyata sangat banyak lho. Sukun adalah salah satu buah yang memang bisa menjadi alternatif camilan yang sehat. Jika dilihat sekilas, buah ini memiliki bentuk yang sekilas mirip dengan nangka namun memiliki warna daging putih. Lalu, apa saja manfaat dari buah sukun untuk ibu hamil? 

Apa Saja Manfaat Sukun Bagi Ibu Hamil?

1. Mencegah Sembelit

manfaat buah sukun untuk ibu hamil

Beberapa ibu hamil mungkin mengalami sembelit atau konstipasi pada masa kehamilannya. Hal tersebut tentu menjadi kondisi yang tak nyaman, mengingat perut akan terasa penuh dan begah karena bab yang tak lancar. Dengan mengkonsumsi sukun, sembelit ini dapat setidaknya kita cegah demi penyerapan nutrisi lebih maksimal.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Kenaikan berat badan pada ibu hamil memang merupakan hal yang umum terjadi, namun jika kondisi tersebut tidak terkendali atau berlangsung secara berlebihan pun tetap tak baik.  Mengkonsumsi buah yang tinggi kalori serta rendah karbohidrat seperti sukun ini dapat menjadi salah satu cara agar berat badan kita tetap terkontrol.

3. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang ada pada sukun mampu menjaga imunitas kita, termasuk ibu hamil, sehingga aktivitasnya bisa berjalan tanpa hambatan.

4. Bantu Tingkatkan Produksi Sel Darah Merah

manfaat buah sukun untuk ibu hamil

Salah satu kondisi yang harus dihindari ketika mengandung adalah anemia atau kekurangan darah karena dapat mengurangi produktivitas menjadi berkurang dan tubuh yang sering merasa lemas. Buah sukun mampu bantu meningkatkan produksi sel darah merah tersebut ketika kita telah mengkonsumsinya.

5. Memperkuat Tulang

Ibu hamil juga harus memperhatikan kekuatan tulangnya karena merupakan penunjang aktivitas sekaligus penyangga janin yang dikandung. Salah satu cara menjaga kesehatan tulang adalah dengan mengkonsumsi makanan seperti halnya sukun.

6. Menurunkan Kolesterol

Kondisi kolesterol berlebih bisa saja membahayakan ibu hamil ketika proses persalinannya nanti, juga tak baik bagi janin yang dikandung karena berpotensi mempengaruhi perkembangan organ tubuhnya. Maka sebaiknya kita menjaga kolesterol tersebut agar tak terlalu tinggi. Salah satunya dengan mengkonsumsi sukun yang dikenal dapat membantu turunkan kolesterol tinggi.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

manfaat buah sukun untuk ibu hamil

Selain bantu menurunkan kolesterol, sukun juga dipercaya dapat membantu turunkan kadar gula dalam darah. Mengapa kondisi ini perlu diperhatikan? Karena Gula darah yang terlalu tinggi dapat memicu komplikasi pada organ tubuh yang kemudian berefek pada janin. Tak hanya itu, Ibu dengan kadar gula darah yang tinggi cenderung beresiko ketika persalinan nantinya.

8. Membantu Perkembangan Sel Otak Janin

Tak hanya untuk ibu hamil, sukun pun dikenal baik untuk janin yang dikandungnya. Hal tersebut karena adanya kandungan omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak sang buah hati.

9. Membantu Penyembuhan Luka

Manfaat sukun lainnya adalah mampu mempercepat penyembuhan luka karena adanya kolagen yang terkandung di dalamnya. Meski luka kecil, namun jika dibiarkan bisa saja memicu terjadinya infeksi atau menjadi penyebab dari kondisi yang lebih parah apabila tidak ditangani dengan tepat. Selain itu, sukun juga dikenal mampu bantu meringankan alergi yang diderita.

Demikian informasi mengenai manfaat buah sukun untuk ibu hamil yang dikutip dari laman hamil.co.id . Asupan makanan yang baik tentu harus diketahui dan dikonsumsi oleh ibu hamil, maupun yang sedang merencanakan kehamilannya demi kesehatan ibu, janin dan kebaikannya di masa mendatang. Untuk informasi mengenai program kehamilan, Anda dapat menghubungi kami di morulaivf.co.id .