manfaat buah tin untuk ibu hamil

Manfaat buah tin untuk ibu hamil sangat penting diketahui. Buah ini memiliki beragam manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Nama lain dari buah ini adalah buah ara. Sangat direkomendasikan untuk para ibu hamil. Manfaat buah tin bagi ibu hamil sangat bagus, agar lebih jelas simak ulasan singkatnya berikut ini.

Manfaat Buah Tin Pada Ibu Hamil

Buah yang satu ini memiliki cukup banyak peminat, selain rasanya yang enak buah ini juga memiliki banyak sekali manfaat yang diberikan untuk tubuh seseorang bisa selalu sehat. Banyak orang yang belajar secara otodidak agar bisa menanam pohon atau tanaman buah Tin ini sehingga saat membutuhkannya tidak perlu repot mencari keluar rumah. 

Untuk ibu hamil, buah tin ini memiliki banyak manfaat yang bagus untuk dirinya sendiri dan janin yang sedang dikandung. Kira-kira apa saja manfaat buah tin bagi ibu hamil? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Otak Janin

manfaat buah tin untuk ibu hamil

Ibu hamil selalu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi agar bisa mengoptimalkan pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungannya. Hal ini karena pada buah tin ada kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini merupakan salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan ibu hamil agar perkembangan otak janin yang ada di dalam kandungannya bisa optimal. Jika ibu hamil kekurangan asam folat maka dampaknya ada pada janin yang dikandung, biasanya akan terjadi cacat lahir yang berkaitan dengan otak dan tulang punggung. Jika asam folat tercukupi bayi akan lahir normal dengan otak yang cerdas.

2. Menjaga Kesehatan Kulit Bumil

Saat hamil perubahan akan banyak terjadi pada fisik dan psikis ibu hamil karena pengaruh hormon. Biasanya ibu hamil akan mengalami beberapa masalah pada kulit selama masa kehamilan seperti kulit kusam dan kurang menarik. Nah, hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah tin selama masa hamil. Dalam buah tin terdapat senyawa prolens yang bisa membantu ibu hamil mendapatkan kulit glowing dan terbebas dari kulit kusam. Masalah kulit akan teratasi dengan memakan buah tin ini selama masa kehamilan.

3. Meredakan Morning Sickness

manfaat buah tin untuk ibu hamil

Salah satu bawaan hamil yang hampir semua bumil rasakan adalah morning sickness. Ini adalah salah satu hal yang wajar dan normal karena memang ada perubahan di dalam tubuh yang menyebabkan terjadinya morning sickness tersebut. Namun, kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut karena bisa mempengaruhi kondisi tubuh bumil dan juga perkembangan janin dalam kandungan. Buah tin bisa mengatasi morning sickness yang parah karena memiliki vitamin B6 yang sangat bermanfaat untuk meredam morning sickness pada ibu hamil.

4. Sumber Kalsium

Kalsium adalah salah satu kandungan yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil agar tulang si bumil tetap sehat dan kuat, serta pertumbuhan tulang janinnya juga bisa optimal. Tidak heran jika kebutuhan kalsium pada ibu hamil dua kali lebih banyak dari biasanya. Untuk bisa memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil ini, buah tin sangat direkomendasikan. Buah ara ini bisa memenuhi kebutuhan kalsium selama masa kehamilan dengan sangat baik. Kandungan kalsiumnya cukup tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai sumber kalsium ibu hamil.

5. Mengatasi Diare

manfaat buah tin untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil yang suka makan pedas tentu akan rawan terkena diare. Agar tidak mengkonsumsi obat kimia yang bisa memberikan efek samping pada kehamilan, buah tin bisa dijadikan obat untuk mengatasi diare tersebut.

Nah, itu dia beberapa manfaat buah tin untuk ibu hamil. Konsumsilah makanan sehat dan kaya nutrisi demi menyiapkan diri pada masa persalinan dan memaksimalkan tumbuh dan kembang janin dalam kandungan.