manfaat buah zuriat untuk ibu hamil

Terdapat manfaat baik buah zuriat untuk ibu hamil karena kekayaannya akan vitamin B.  Saat seorang wanita mengandung, ia harus memilih makanan yang penuh dengan nutrisi untuk menjaga kehamilan nya supaya tetap sehat. Asupan makanan sehat dapat diperoleh dari buah-buahan, salah satunya adalah buah zuriat. Siapa sangka? Buah langka ini mengandung beberapa manfaat untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Zuriat untuk Ibu Hamil 

Manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Meminimalisir Risiko Diabetes Gestasional

manfaat buah zuriat untuk ibu hamil

Manfaat yang pertama dari buah zuriat untuk ibu hamil adalah meminimalisir risiko penyakit diabetes gestasional. Penyakit tersebut rawan menyerang ibu hamil yang kadar gulanya tinggi. Oleh sebab itu, Anda dapat mengonsumsi buah zuriat untuk untuk mengatasi hal itu. 

Tidak hanya itu, Anda harus membatasi konsumsi gula untuk mendukung manfaat buah zuriat ini. Dengan begitu, Anda terhindar dari komplikasi penyakit lain yang berasal dari diabetes gestasional.

2. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dalam darah Ibu hamil harus stabil agar tidak menimbulkan gangguan kehamilan. Anda dapat memanfaatkan buah zuriat untuk menjaga kestabilan kolesterol. Buah zuriat dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Sementara ekstrak buah zuriat mampu menurunkan kadar lemak total yang ada di dalam tubuh ibu hamil.

3. Mencegah Preeklamsia 

Salah satu gangguan kehamilan adalah preeklamsia. Kondisi ini berkaitan dengan tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, Anda dapat mengkonsumsi buah zuriat yang memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

4. Menjaga Kesehatan Rahim

manfaat buah zuriat untuk ibu hamil

Secara umum, buah zuriat dimanfaatkan untuk program hamil. Hal itu disebabkan oleh salah satu manfaatnya yang dapat menyehatkan rahim. Rahim yang sehat merupakan salah satu faktor kesuburan seorang wanita. Selain itu, ketika seorang wanita sedang hamil, rahim yang sehat dapat mendukung proses tumbuh kembang janin lebih optimal.

5. Terhindar Dari Infeksi Bakteri

Manfaat selanjutnya dari buah zuriat didapat dari sifatnya yang antibakteri. Ibu hamil rentan terinfeksi bakteri yang menyebabkan ia mengalami gangguan kehamilan. Oleh sebab itu, Anda harus berusaha agar terhindar dari bakteri. Salah satu upaya atas hal itu adalah dengan mengkonsumsi buah zuriat yang bersifat antibakteri.

6. Mengatasi Sembelit

manfaat buah zuriat untuk ibu hamil

Salah satu gejala kehamilan yang sering terjadi adalah sembelit. Masalah pencernaan tersebut kerap dialami karena perut yang semakin besar menekan organ pencernaan serta perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil. Jika Anda termasuk sering mengalami sembelit, Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi buah zuriat secara rutin dibarengi dengan minum air putih yang banyak.

7. Kaya Akan Antioksidan

Kandungan antioksidan sangat diperlukan ibu hamil. Kandungan tersebut sebagai penangkal radikal bebas yang memicu kerusakan sel pada tubuh ibu hamil. Anda dapat mendapatkan asupan makanan yang kaya antioksidan dari buah-buahan, salah satunya adalah buah zuriat.

Demikianlah manfaat buah zuriat untuk ibu hamil. Anda dapat mengkonsumsi buah zuriat dengan cara meminum air rebusannya. Caranya, potonglah buah zuriat menjadi beberapa bagian lebih kecil lalu rebus hingga 15 menit. Tunggu sampai hangat dan siap untuk diminum. 

Selain dengan cara itu, Anda dapat mengonsumsi air buah zuriat dari serbuk ekstrak buah zuriat yang dijual di pasaran. Tentu, Anda harus merebus air hingga mendidih untuk menikmati air dari serbuk ekstrak buah zuriat. Jangan lupa selalu konsultasi dengan dokter kandungan agar Anda mendapat saran terbaik sesuai kesehatan Anda dan janin.