manfaat buncis untuk ibu hamil

Salah satu manfaat buncis untuk ibu hamil adalah adanya zat besi. Buncis ini menjadi sumber zat besi yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Alasannya karena bisa menjaga kesehatan ibu dan janin. Selain itu, juga bisa mencegah penyakit anemia. Dalam satu cangkir buncis bisa memenuhi kebutuhan zat besi harian ibu hamil sebanyak 10%.

Berbagai Manfaat Buncis Bagi Ibu Hamil

Buncis tidak hanya sebagai sumber zat besi saja. dimana di dalamnya juga terdapat kandungan nutrisi lainnya, seperti lemak, kalori, karbohidrat, serat, protein, kalsium, gula, fosfor, asam folat, kalium, magnesium dan masih banyak lagi. Banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki membuatnya memiliki banyak manfaat, terutama untuk ibu hamil. Inilah beberapa manfaat tersebut:

1. Mencegah Penyakit Anemia

manfaat buncis untuk ibu hamil

Sebagai sayur dengan kandungan zat besi yang cukup banyak membuatnya sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Seperti yang diketahui jika ibu hamil membutuhkan asupan zat besi yang cukup supaya terhindar dari penyakit anemia selama masa kehamilan. Menderita anemia selama masa kehamilan tidak boleh diremehkan karena cukup berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan.

2. Mencegah Depresi

Tidak hanya sebagai sumber zat besi, buncis juga memiliki kandungan asam folat. Asam folat ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil, terutama untuk mencegah depresi. Hal ini dikarenakan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat bisa mencegah tubuh untuk memproduksi jenis asam amino seperti homocystein

Jika tubuh terlalu banyak homocystein bisa mengakibatkan produksi hormon dopamin, serotonin dan norepinefrin menjadi berkurang. Padahal ketiga hormon tersebut berguna untuk mengatur suasana tidur, meningkatkan nafsu makan dan juga kualitas tidur.

3. Melancarkan Pencernaan

manfaat buncis untuk ibu hamil

Banyak wanita yang sering mengeluhkan sembelit ketika sedang hamil. Tentu kondisi ini membuatnya tidak nyaman. Namun, masalah sembelit bisa diatasi dengan mudah hanya dengan mengonsumsi buncis yang kaya akan kandungan serat. Kandungan serta ini bisa membantu melancarkan pencernaan dan terhindar dari risiko sembelit.

4. Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Buncis ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Manfaat satu ini bisa dirasakan karena kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Perlu diketahui jika asupan vitamin K sangat rendah bisa meningkatkan risiko untuk mengalami patah tulang. 

Jika tidak ingin hal ini terjadi maka disarankan untuk mengonsumsi buncis yang mengandung vitamin K. Vitamin K yang dikonsumsi akan membuat tubuh bisa dengan mudah untuk menyerap kalsium sehingga kesehatan tulang tetap terjaga. Serta membantu pertumbuhan tulang janin dalam kandungan.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat pada buncis tidak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Dimana kandungan serat tersebut bisa membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan kadar kolesterol tetap dalam tubuh.

6. Mendukung Kesehatan dan Perkembangan Janin 

manfaat buncis untuk ibu hamil

Ketika sedang hamil pasti membutuhkan asam folat. Asam folat banyak manfaatnya untuk ibu hamil, terutama dalam menjaga kesehatan janin dalam kandungan di awal pertumbuhan. Selain itu, asam folat juga berguna untuk mendukung pertumbuhan otak serta sumsung tulang belakang janin di dalam kandungan. Sedangkan bagi sang ibu, asam folat tersebut berguna untuk mencegah penyakit anemia.

Itulah informasi tentang manfaat buncis untuk ibu hamil. Banyaknya manfaat yang dimiliki buncis berarti jangan sampai tidak mengonsumsi. Makanan ini selain memiliki nutrisi yang banyak juga rasanya enak. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsinya. Jika Anda menderita gangguan kesehatan seperti anemia ketika sedang hamil dan ingin mengatasinya, bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai gangguan kesehatan yang dialami dan cara mengatasinya.