manfaat daging sapi untuk ibu hamil

Selain lezat untuk dikonsumsi, ada banyak manfaat daging sapi untuk ibu hamil yang wajib diketahui. Daging merah, seperti halnya daging sapi, mengandung protein tinggi, zat besi, vitamin, dan juga mineral yang notabene sangat dibutuhkan ibu hamil. Lantas, apa sajakah manfaat mengkonsumsi daging sapi bagi ibu hamil?

Manfaat Daging Merah Untuk Ibu Hamil

1. Sumber Energi

manfaat daging sapi untuk ibu hamil

Protein yang terkandung dalam daging sapi dapat menjadi cadangan energi di dalam tubuh manusia. Kendati demikian, seorang ibu yang sedang mengandung tetap disarankan untuk memenuhi sumber energi utamanya dari karbohidrat dan lemak bersih.

2. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi tinggi yang terdapat pada daging akan diserap oleh tubuh dan digunakan sebagai “perisai” untuk melindungi ibu hamil dari risiko terkena penyakit kekurangan sel darah merah, alias anemia. Perlu diketahui, anemia yang tidak memperoleh penanganan segera dapat berakibat pada kelahiran prematur dan risiko bayi lahir dengan bobot rendah.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat daging sapi untuk ibu hamil

Mengkonsumsi daging yang kaya akan protein dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Akibatnya, kekebalan tubuh ibu hamil menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah sakit ataupun lemas.

4. Pembentukan Sel Darah Merah

Pada dasarnya, zat besi dihasilkan melalui protein yang kita konsumsi setiap harinya. Zat besi sendiri memiliki peranan penting dalam pembentukan sel darah merah pada tubuh ibu dan janinnya. Pasalnya, produksi sel darah merah ibu selama mengandung haruslah lebih banyak, mengingat volume darah ibu yang akan meningkat pada fase kehamilannya. Nantinya, sel darah merah akan mengatur seluruh sistem tubuh supaya sirkulasi dan tekanan darahnya tetap stabil. Sel darah merah juga bertugas untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh ibu, termasuk juga janin yang sedang dikandungnya melalui plasenta.

5. Sumber Protein Alami

manfaat daging sapi untuk ibu hamil

Daging sapi bisa menjadi opsi sumber protein andalan bagi ibu hamil. Sebagaimana diketahui, protein berperan penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang janin sekaligus pembentukan sel-sel tubuh janin secara sempurna.

Cara Mengolah Daging Sapi Dengan Benar

Agar terhindar dari berbagai risiko infeksi, seorang ibu hamil harus teliti dalam mengolah daging sebelum mengkonsumsinya. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengolahan daging sapi yang benar ialah sebagai berikut:

1. Memilih Daging yang Segar

Saat hendak membeli daging sapi, usahakan untuk tidak memilih daging yang sudah mengalami sejumlah perubahan, baik dari segi warna, aroma, dan teksturnya. Jangan pula membeli daging yang kemasannya sudah robek, bocor, maupun rusak. Mengingat kemungkinan daging terkontaminasi kuman saat kemasannya rusak sangatlah tinggi.

2. Penyimpanan Daging

Apabila Anda tidak berniat langsung mengolahnya, sebaiknya daging sapi segera disimpan pada wadah tertutup dan dimasukkan ke lemari pendingin dengan temperatur 4 derajat celcius. Namun, jika daging baru akan diolah usai 4 hari atau lebih sejak hari pembelian berlangsung, maka pastikan untuk mengatur suhu lemari pendingin pada -18 derajat celcius.

3. Matang Sempurna Sebelum Dikonsumsi

Penting bagi ibu hamil untuk hanya mengkonsumsi daging yang dimasak dengan benar dan matang secara sempurna pada seluruh bagiannya. Jangan sampai masih ada bagian daging yang berwarna merah muda setelah diolah, hal tersebut menandakan bahwa daging belum matang seutuhnya. Masaklah daging sapi dengan suhu sekitar 65 derajat celcius.

Demikianlah informasi mengenai beberapa manfaat daging sapi untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Berbagai informasi tambahan berikut layanan konsultasi bersama dokter terbaik bisa Anda akses melalui https://www.morulaivf.co.id.