manfaat daun katuk untuk ibu hamil

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil sudah terbukti secara klinis melalui penelitian yang dilakoni para ahli. Konon, mengkonsumsi daun katuk secara rutin tidak hanya ampuh mempersiapkan asupan ASI saat bayi dalam kandungan lahir kelak, namun juga sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi selama berada di dalam rahim. Lalu, apa sajakah manfaat yang dimaksud?

Ragam Kandungan Daun Katuk

manfaat daun katuk untuk ibu hamil

Daun katuk mempunyai banyak sekali kandungan vitamin C yang baik dalam meningkatkan sistem ibu hamil dan janinnya. Kabarnya, vitamin C yang ada pada daun katuk lebih besar daripada buah jeruk. Selain itu, daun katuk memiliki kalium 3 kali lebih tinggi dari buah pisang.

Lebih lengkap, daun katuk mengandung protein tinggi yang sangat berguna bagi pertumbuhan jaringan, plasenta, berikut otak bayi di dalam kandungan. Daun katuk juga memiliki kandungan vitamin E dan zat besi yang dapat mencegah risiko anemia pada ibu hamil.

Khasiat Mengkonsumsi Daun Katuk Bagi Ibu Hamil

Herbal yang memiliki bentuk seperti daun kelor ini tidak hanya baik dalam meningkatkan kesehatan bayi di dalam kandungan, melainkan juga memberikan segudang manfaat bagi ibu hamil. Disamping membantu meningkatkan produksi asi, berikut merupakan beberapa manfaat daun katuk yang biasa dirasakan ibu hamil ketika dalam masa kehamilan.

1. Menjaga Metabolisme Tubuh

manfaat daun katuk untuk ibu hamil

Ketika dalam masa kehamilan, memastikan metabolisme tubuh tetap dalam kondisi normal merupakan salah satu cara paling efektif dalam menjaga kesehatan tubuh. Umumnya, seorang wanita yang sedang mengandung memiliki risiko terganggunya sistem metabolisme tubuh. Dengan mengkonsumsi olahan daun katuk secara rutin, metabolisme ibu hamil bisa tetap terjaga karena adanya vitamin B yang tinggi.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten dan vitamin A pada daun katuk ternyata bisa membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan matanya selama masa kehamilan hingga proses persalinan berakhir. Seperti yang diketahui, ibu hamil rentan mengalami gangguan pada indra penglihatannya.

3. Mencegah Penyakit Influenza

manfaat daun katuk untuk ibu hamil

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menjaga kesehatan tubuh merupakan hal paling utama nan penting bagi para ibu hamil. Dalam fase seperti ini, ibu hamil akan sangat menghindari penyakit-penyakit tertentu. Terutama jika kondisi tersebut dapat mempengaruhi janin yang dikandungnya, pun menyebabkannya merasa tidak nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Misalnya saja flu. Namun dengan mengkonsumsi daun katuk dalam kadar yang tepat, ibu hamil dapat meminimalisir risiko penyakit flu. Mengingat daun katuk sendiri mempunyai kandungan efedrin yang dapat menjauhkan ibu hamil dan menyusui dari serangan virus influenza.

4. Memenuhi Kebutuhan Oksigen dalam Tubuh

Zat besi yang terkandung dalam daun katuk sangatlah tinggi. Zat besi sendiri dikenal sebagai komponen yang dapat menyebarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh secara merata, tanpa terkecuali. Sehingga bayi dalam kandungan bisa terhindari dari masalah kesehatan akibat kekurangan oksigen.

5. Detoksifikasi

Detoksifikasi tubuh menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh untuk membuang zat-zat beracun yang bersarang di dalam saluran pencernaan. Baik ibu hamil ataupun wanita dan pria secara general, semuanya perlu mendetoksifikasi tubuhnya untuk mengeluarkan zat beracun yang berpotensi menjadi induk penyakit.

Kandungan klorofil pada buah katuk dapat membantu ibu hamil membuat jaringan tubuh bersih dan bebas dari racun. Jelas, hal ini sangat penting bagi ibu hamil yang sedang mengandung ataupun ibu hamil yang sedang dalam proses menyusui, berikut buah hatinya.

Demikianlah informasi mengenai ragam manfaat daun katuk untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tertarik untuk menggali berbagai informasi mendalam mengenai kehamilan dan menu yang baik bagi ibu hamil, silakan kunjungi https://www/morulaivf.co.id sekarang juga!