manfaat daun kencur untuk ibu hamil

Sebenarnya, banyak manfaat daun kencur untuk ibu hamil yang belum anda ketahui. Selama masa kehamilan, ibu hamil otomatis akan mencari asupan makanan sehat untuk mendukung kesehatan tubuh dan tumbuh kembang janinnya. Ada beragam makanan yang dapat dimanfaatkan ibu hamil seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan lain-lain. Namun, ada asupan nutrisi ibu hamil yang jarang diketahui, yaitu berasal dari bumbu dapur seperti daun kencur.

Manfaat Daun Kencur untuk Ibu Hamil

Dikenal sebagai bumbu dapur, daun kencur termasuk juga dalam kategori tanaman obat. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak atsiri dan alkaloid yang baik dijadikan sebagai stimulan. Oleh sebab itu, daun kencur banyak dimanfaatkan juga untuk berbagai khasiat kesehatan. Lalu, apa saja manfaat daun kencur bagi ibu hamil? Bongkar 6 manfaat daun kencur untuk kesehatan ibu hamil di bawah ini.

1. Penambah Nafsu Makan

manfaat daun kencur untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan, tidak jarang ibu hamil mengalami penurunan nafsu makan karena perubahan hormon atau morning sickness. Hal ini tentu membuat sang ibu kekurangan asupan nutrisi juga karena perutnya yang tidak terisi apapun. Untuk mengatasi hal itu, daun kencur adalah salah satu solusinya.

2. Sebagai Obat Herbal Dari Gejala Penyakit Ibu Hamil

Perubahan hormon selama masa kehamilan mengharuskan ibu hamil beradaptasi dengan semua kondisi yang terjadi. Beberapa ibu hamil rentan terkena penyakit dan infeksi yang bermula dari gejala kecil seperti flu dan batuk. Untuk mengobati gejala tersebut, kadangkala ibu hamil lebih memilih resep tradisional daripada obat-obatan kimia karena takut berpengaruh pada janinnya. Salah satu pilihan resep tradisional bisa diambil dari daun kencur yang dipastikan aman sebab alami dari daun-daunan.

3. Sumber Protein Nabati

manfaat daun kencur untuk ibu hamil

Asupan protein  merupakan salah satu kebutuhan nutrisi ibu hamil. Jika ibu hamil tidak menyukai protein hewani, maka solusinya berada pada protein nabati. Salah satu sumber protein nabati ada pada daun kencur. Oleh sebab itu, ibu hamil dapat memenuhi asupan nutrisi nabati melalui daun kencur.

4. Meningkatkan Stamina Tubuh

Hamil tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Kondisi tubuh yang lemas akibat perubahan fisik dan hormonnya kadangkala yang dijadikan alasan atas hal itu. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mengonsumsi asupan yang dapat meningkatkan stamina tubuhnya seperti daun kencur.

5. Melancarkan Pencernaan

Salah satu gejala umum yang dirasakan ibu hamil adalah sembelit. Kondisi ini menyebabkan ibu hamil harus mengonsumsi asupan serat yang cukup untuk melancarkan buang air besar sehingga pencernaan tetap lancar. Asupan serat yang cukup dikonsumsi ibu hamil salah satunya berada pada daun kencur. Ibu hamil dapat menggunakan daun kencur sebagai obat alami untuk memperlancar pencernaan.

6. Mengurangi Gejala Morning Sickness

manfaat daun kencur untuk ibu hamil

Gejala morning sickness umum terjadi pada trimester pertama ibu hamil. Meskipun umum terjadi, ada rasa tidak nyaman saat gejala ini datang sebab dapat membuat tubuh menjadi lemas. Ibu hamil dapat mengatasi hal itu dengan mengonsumsi air daun kencur di pagi hari atau mencampurkan ke dalam masakan.

Itulah manfaat daun kencur untuk ibu hamil. Daun ini dapat diolah menjadi minuman dengan cara merebus air dicampur dengan daun, air rebusan tersebut yang kemudian dikonsumsi. Selain itu, daun kencur dapat dicampurkan ke berbagai makanan yang dimasak untuk merasakan manfaatnya. Manfaat daun kencur selain bagi ibu hamil saja ternyata bermanfaat bagi kesehatan secara umum antara lain sebagai penenang saraf, penguat otot, anti inflamasi, hingga pencegahan kanker.