manfaat daun kenikir untuk ibu hamil

Selain untuk enak untuk lalapan, ternyata banyak manfaat daun kenikir untuk ibu hamil yang penting. Daun kenikir merupakan sayur yang sering dijadikan pilihan untuk lalapan. Rasanya yang enak membuat banyak orang menyukainya. Tidak hanya enak, daun kenikir juga sehat untuk dikonsumsi. 

Sayuran dengan nama latin Cosmos caudatus berasal dari Amerika Latin dan saat ini bisa dengan mudah di temukan di Indonesia. Daun kenikir memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi tersebut seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, natrium, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2 dan masih banyak lagi.

5 Manfaat Daun Kenikir Bagi Ibu Hamil

Berbagai kandungan nutrisi yang ada pada daun kenikir membuat daun kenikir memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, juga bermanfaat untuk ibu hamil. Akan tetapi, masih ada banyak orang yang belum mengetahui manfaatnya Apa sajakah manfaatnya? Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh 

manfaat daun kenikir untuk ibu hamil

Perlu diketahui jika selama masa kehamilan sistem kekebalan tubuh akan menurun. Kondisi ini akan membuat ibu hamil mengalami perubahan, salah satunya menjadi mudah sakit. Jika ibu sakit maka akan mempengaruhi janin yang ada di dalam kandungannya. Supaya tidak mudah sakit sebaiknya sistem kekebalan tubuh harus selalu dijaga dengan baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tetap baik adalah dengan mengonsumsi daun kenikir. Ini dikarenakan daun kenikir memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan juga vitamin E. Ketiga vitamin tersebut juga akan membantu menjaga  dan juga memperbaiki sistem imunitas ibu hamil.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Daun kenikir juga mengandung kalsium yang tinggi. Dimana kalsium tersebut berguna untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil dan juga janinnya. Namun, kebutuhan kalsium pada ibu hamil tidak cukup dari daun kenikir saja, ibu hamil juga membutuhkan kalsium dari makanan atau minuman lainnya. Berjemur di pagi hari juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Mengandung Antioksidan yang Tinggi

manfaat daun kenikir untuk ibu hamil

Kandungan lain yang ditemukan di daun kenikir adalah antioksidan, seperti flavonoid. Antioksidan yang ada pada daun ini cukup tinggi sehingga memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4. Mencegah Osteoporosis

Ibu hamil sangat berisiko mengalami gangguan pada tulang, seperti berisiko menderita osteoporosis. Namun, masalah satu ini bisa diatasi dengan mudah yaitu mengonsumsi daun kenikir. Hal ini dikarenakan daun kenikir memiliki kemampuan dalam melindungi fungsi tulang maupun kondisi tulang.

5. Mencegah Penyakit Hipertensi

manfaat daun kenikir untuk ibu hamil

Manfaat daun kenikir selanjutnya yaitu bisa mencegah penyakit hipertensi. Dimana ekstrak daun kenikir dipercaya bisa menghambat peningkatan frekuensi detak jantung. Selain itu, daun kenikir memiliki efek diuretik yaitu kemampuan dalam meningkatkan pembuangan garam yang berasal dari dalam tubuh. Kelebihan garam dalam darah menyebabkan hipertensi dan bisa diatasi dengan mengonsumsi daun kenikir.

Cara Mengolah Daun Kenikir

Supaya bisa mendapatkan manfaat daun kenikir secara maksimal bisa mengonsumsinya secara langsung sebagai lalapan. Selain itu, bisa mengonsumsinya dengan terlebih dahulu merebusnya seta meminum air rebusan daun kenikir. Bagi ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi ketika masih mentah atau dijadikan lalapan.

Itulah informasi tentang manfaat daun kenikir untuk ibu hamil. Daun kenikir memiliki banyak manfaat meski belum banyak yang mengetahui. Diharapkan setelah membaca informasi diatas bisa mengetahui berbagai manfaat daun kenikir dan rutin mengonsumsinya. Jika Anda sedang hamil dan ingin mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, sebaiknya rutin mengonsumsi buah daun kenikir. Sebelum mengonsumsinya tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu bisa berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai manfaat daun kenikir.