manfaat daun saga untuk ibu hamil

Pernahkah mendengar daun saga? Ini adalah salah satu tanaman yang diyakini bisa menjadi obat batuk tradisional. Lalu, apakah ada manfaat daun saga untuk ibu hamil? Pertanyaan tersebut mulai muncul mengingat ibu hamil membutuhkan obat alami jika saja sedang sakit di masa kehamilannya. 

Daun saga adalah obat tradisional yang bisa mengatasi batuk, pilek, demam, hingga sakit perut. Dalam daun saga ada kandungan antioksidan yang cukup tinggi terutama flavonoid. Ada juga antioksidan lain seperti abrin, alkaloid, dan glycoside. Dengan tingginya kandungan antioksidan tersebut kesehatan seseorang tentu bisa terjaga dengan baik terutama bisa terhindar dari efek samping radikal bebas. 

5 Manfaat Daun Saga untuk Ibu Hamil 

Manfaat daun saga untuk ibu hamil atau bukan ada beragam. Ini karena kandungan yang ada dalam daun saga yang tinggi akan antioksidan. Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan tubuh jika mengkonsumsi rebusan air daun saga:

1. Mencegah Infeksi

manfaat daun saga untuk ibu hamil

Manfaat yang pertama adalah mencegah terjadinya infeksi dalam tubuh yang disebabkan bakteri dan mikroorganisme pathogen lain. Tubuh jadi tidak mudah terserang bakteri dan resiko terjadinya infeksi bisa diminimalisir. 

2. Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi sangat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalannya. Jika kekebalan tubuh bekerja secara optimal, penyakit tidak akan mudah menjangkiti tubuh. Ini tentu harus diimbangi dengan gaya hidup dan pola makan yang benar. 

3. Mencegah Diabetes

manfaat daun saga untuk ibu hamil

Flavonoid bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Jika tubuh memiliki kadar gula terlalu tinggi artinya orang tersebut terserang diabetes. Tentu ini tidak bisa dibiarkan, sebab penyakit ini bisa memicu penyakit berbahaya yang lain seperti stroke atau serangan jantung. Baiknya saat kadar gula darah naik konsumsi rebusan air daun saga untuk menormalkannya.

4. Menekan Resiko Kanker

Sel kanker bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Daun saga yang memiliki antioksidan yang tinggi bisa membantu seseorang mencegah munculnya kanker dalam tubuh. Antioksidan dalam daun saga bisa menjadi tameng tubuh agar tidak terkena kanker maupun penyakit jantung.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

manfaat daun saga untuk ibu hamil

Orang yang susah makan, sering diare, asam lambung meningkat, sampai radang usus bisa memanfaatkan daun saga untuk mengatasinya. Minum rebusan daun saga secara rutin bisa membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. 

Catatan Konsumsi Daun Saga untuk Ibu Hamil 

Semua manfaat daun saga di atas bisa juga dirasakan oleh ibu hamil. Namun akan lebih baik sebelum memutuskan mengkonsumsi air rebusan daun saga melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan. Pasalnya, ada yang menyatakan daun saga ini memiliki kandungan anti ovulasi. 

Bagi yang merencanakan kehamilan tentu daun saga ini perlu dihindari. Untuk ibu hamil perlu berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan air rebusan daun saga karena kandungan anti ovulasi tersebut. 

Bagi ibu hamil yang sudah terlanjur menggunakan air daun saga lebih dan ada keluhan yang datang, segera periksakan ke dokter. Ini demi keamanan masa kehamilan yang sedang dijalani. Manfaat daun saga untuk ibu hamil memang bagus namun perlu ada pengawasan dokter kandungan supaya tidak membahayakan. 

Jangan lupa saat mengkonsumsi daun saga, bersihkan dulu daun saga yang akan direbus sampai bersih. Kebersihan harus selalu diutamakan dalam mengolah bahan makanan. Nah, itu dia beberapa manfaat daun saga untuk ibu hamil dan kesehatan tubuh. Lakukan pemeriksaan rutin selama masa kehamilan agar bisa memantau kesehatan janin di dalam kandungan.