manfaat daun semanggi untuk ibu hamil

Manfaat daun semanggi untuk ibu hamil terkenal sangat banyak. Daun semanggi adalah salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Biasanya saat mendengar daun semanggi orang akan berpikir pada mitos dimana daun ini bisa membawa keberuntungan pada orang yang memiliki atau menemukannya. Padahal daun semanggi ini jika diolah menjadi sebuah masakan rasanya sangat enak kaya akan manfaat.

Kandungan dan Manfaat Semanggi Untuk Bumil

Daun semanggi memang lebih dikenal karena bisa membawa keberuntungan. Namun sebetulnya daun ini memiliki kandungan saponin dan polifenol yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. bahkan karena manfaatnya yang baik untuk tubuh, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi ini di masa kehamilannya. Apa saja manfaat daun semanggi untuk kesehatan ibu hamil? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

manfaat daun semanggi untuk ibu hamil

Ibu hamil umumnya membutuhkan nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuhnya dan mengoptimalkan pertumbuhan janin yang dikandungnya. Daun semanggi ini adalah salah satu jenis tanaman yang bisa membantu ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang khususnya selama masa hamil hingga setelah melahirkan. Daun semanggi ini dikenal sangat bagus dalam menjaga kesehatan tulang. Jika rutin mengkonsumsi daun semanggi maka kesehatan tulang ibu hamil akan terjaga. Osteoporosis bisa dicegah sehingga tidak akan mudah terkena pengeroposan tulang.

2. Melancarkan Haid

Ada kandungan yang disebut dengan isoflavon pada daun semanggi. Kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam melancarkan haid. Dalam zat isoflavon ada hormon estrogen yang tugasnya menyeimbangkan hormon yang sedang haid. Jadi bagi wanita yang punya masalah haid tidak lancar bisa mencoba daun semanggi ini ya. Untuk ibu hamil tentu isoflavon juga penting, ini bisa menjaga kesuburan dan kesehatan rahim sehingga masa kehamilan bisa lancar.

3. Mengatasi Gangguan Buang Air Kecil 

manfaat daun semanggi untuk ibu hamil

Wanita biasanya mudah sekali terkena infeksi saluran kencing atau bisa juga anyang-anyangan. Agar saat masa kehamilan infeksi saluran kencing tidak sampai kambuh maka perlu mengkonsumsi daun semanggi ini secara rutin. Jadikan daun semanggi ini sebagai bahan dasar minuman yang diminum setiap hari untuk mencegah infeksi saluran kencing. Buang air kecil yang bermasalah bisa segera diatasi dengan menggunakan daun semanggi tersebut.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Untuk ibu hamil yang suka makanan pedas mungkin perutnya akan mudah mengalami gangguan seperti mulas atau diare. Nah, daun semanggi ini bisa membantu mengatasi diare tanpa efek samping yang berbahaya. Ibu hamil tentunya tidak bisa minum obat sembarangan, jadi kalau memang mengalami diare di masa kehamilan sebaiknya konsumsi daun semanggi untuk menyembuhkan diare tersebut. Cara ini jauh lebih aman dan tidak ada efek samping yang beresiko.

5. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat daun semanggi untuk ibu hamil

Ibu hamil biasanya sangat mudah mengalami tekanan darah tinggi. Hal tersebut tentu tidak boleh dibiarkan atau diremehkan. Tekanan darah yang tinggi pada ibu hamil harus segera diatasi agar tidak mengganggu masa kehamilan. Apalagi bagi ibu hamil yang berencana melahirkan secara normal, baiknya perhatikan dengan betul tekanan darah selama hamil jangan sampai tinggi.

Jika ibu hamil yang akan melahirkan tekanan darahnya terlalu tinggi maka lahiran normal sulit diwujudkan demi keselamatan ibu dan anaknya. Jadi konsumsilah daun semanggi ini jika ingin memiliki tekanan darah yang stabil dan baik agar bisa melakukan persalinan normal dengan lancar dan aman.

Itu dia beberapa manfaat daun semanggi untuk ibu hamil. Tanaman yang selalu dikaitkan dengan mitos keberuntungan ini memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang bagus baik untuk bumil pun janinnya.