manfaat hati sapi untuk ibu hamil

Salah satu manfaat hati sapi untuk ibu hamil yaitu untuk mencukupi asupan nutrisi. Agar tubuh menjadi menjadi sehat diperlukan asupan nutrisi yang cukup apalagi untuk ibu hamil dan janin didalam kandungan. Ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, ikan bebas merkuri, dan lain sebagainya. 

Makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil seperti makanan rendah gizi dan junk food karena dapat menyebabkan anak agresif, hiperaktif, dan punya masalah dalam perilaku. Lalu, bagaimana dengan hati sapi? Apakah aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan apakah manfaat hati sapi untuk kesehatan ibu hamil? Simak pembahasannya berikut ini.

Amankah Ibu Hamil Mengonsumsi Hati Sapi?

Kandungan vitamin dalam hati sapi antara lain vitamin A, B, D, E, dan K. Selain mengandung vitamin, sapi juga mengandung protein, zat besi, zinc, magnesium, dan selenium. Meskipun hati sapi kaya akan nutrisi, bukan berarti dapat mengonsumsinya dalam jumlah banyak, mengingat kadar kolesterolnya yang tinggi.

Selain itu, vitamin A dalam hati sapi berbentuk retinol, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah  banyak dapat meningkatkan risiko janin tumbuh cacat. Maka dari itu, sebagai gantinya, ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian melalui konsumsi telur, mentega, dan keju.

Manfaat Hati Sapi untuk Kesehatan Ibu Hamil

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa hati sapi adalah salah satu makanan yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, meskipun demikian, bukan berarti dalam mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Pada dasarnya, sesuatu yang berlebihan memang tidak selamanya baik. 

Terlebih lagi bagi ibu hamill yang perlu ekstra berhati-hati dalam memilih makanan. Manfaat hati sapi untuk kesehatan ibu hamil dalam  jumlah yang cukup antara lain sebagai berikut:

1. Mengurangi Risiko Anemia

manfaat hati sapi untuk ibu hamil

Anemia disebabkan oleh tubuh yang kekurangan vitamin B12 dan zat besi. Kedua hal ini berperan penting untuk pembentukan sel darah merah pada tubuh. Dengan mengonsumsi hati sapi, maka akan mengurangi risiko anemia karena hati sapi mengandung vitamin B kompleks, terutama vitamin B12 dan juga zat besi.

2. Mencegah Kekurangan Vitamin A

Vitamin A sangat bermanfaat bagi tubuh antara lain untuk menjaga kesehatan mata, rambut, dan melembabkan kulit sehingga dapat menghilangkan stretch mark, antioksidan alami, mencegah kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan menyehatkan indung telur.

3. Membantu Memenuhi Protein Ibu Hamil

manfaat hati sapi untuk ibu hamil

Ibu hamil memerlukan protein yang bermanfaat untuk perkembangan jaringan tubuh janin, termasuk otak. Hati sapi yang kaya akan protein, baik dikonsumsi oleh ibu hamil dalam jumlah yang cukup.

4. Sumber Mineral Bagi Tubuh

Zat besi yang terkandung di dalam hati sapi bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah, meningkatkan sistem imun, mengatur suhu tubuh, membantu pembentukan enzim, dan lain-lain.

5. Menunjang kesehatan kehamilan

manfaat hati sapi untuk ibu hamil

Mengonsumsi hati sapi yang memiliki banyak sekali nutrisi bermanfaat untuk menunjang kesehatan kehamilan. Namun, perlu diingat agar mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat hati sapi untuk ibu hamil. Meskipun ada banyak sekali manfaat dari hati sapi, ibu hamil tetap harus berhati-hati dan sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan saran mengenai berapa banyak jumlah hati sapi yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.