manfaat ikan asin untuk ibu hamil

Banyak manfaat ikan asin untuk ibu hamil yang wajib diketahui. Ikan asin adalah salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan gizi tinggi dan cocok menjadi asupan ibu hamil. Asupan ibu hamil harus diperhatikan karena selain untuk menjaga kesehatan si bumil juga menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Ikan asin yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat berperan penting dalam tumbuh dan kembang janin dalam rahim. Selain itu ikan asin yang dikonsumsi juga berpengaruh pada proses persalinan nantinya.

Manfaat Ikan Asin Untuk Bumil

Ikan ada banyak jenisnya dan tentu memiliki kandungan gizi masing-masing. Jenis ikan yang aman dikonsumsi ibu hamil adalah ikan asin. Ikan asin ini merupakan ikan laut segar yang sudah diolah hingga rasanya asin dan gurih.  Meski masuk dalam kategori makanan olahan ikan asin ini memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil.

Banyak yang mengatakan kalau ikan asin berbahaya dimakan ibu hamil karena mengandung pengawet. Memang ikan asin ini diawetkan sehingga bisa bertahan lebih lama, namun pengawet yang digunakan adalah garam jadi ini masih aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan manfaat ikan asin untuk kesehatan ibu hamil ada banyak. Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Membantu Memenuhi Kebutuhan Lemak

manfaat ikan asin untuk ibu hamil

Lemak tidak semuanya jahat dan jelek untuk kesehatan, tapi lemak juga dibutuhkan tubuh agar metabolisme tubuh bisa berjalan maksimal. Lemak yang baik akan diubah menjadi energi untuk tubuh jadi ibu hamil pun membutuhkan lemak dan itu bisa didapatkan dari ikan asin. Tentunya lemak yang ada pada ikan asin adalah lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Sumber Protein

manfaat ikan asin untuk ibu hamil

Protein juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh khususnya ibu hamil agar bisa memaksimalkan perkembangan janin dalam kandungannya. Protein akan membantu pertumbuhan janin bisa lebih optimal sehingga nanti janin akan tumbuh dan berkembang dengan sehat dan tidak kurang apapun. Protein sendiri sangat berperan penting dalam pembentukan otot pada janin dan bisa juga untuk menjaga kesehatan otot milik ibu hamil.

3. Mencegah Anemia

manfaat ikan asin untuk ibu hamil

Ternyata ikan asin juga bagus dalam mencegah anemia pada ibu hamil. Ibu hamil memang cenderung mengalami anemia jika asupannya kurang tepat. Hal ini karena pasokan darah ibu hamil dua kali lebih banyak dari orang biasa sehingga asupannya harus betul-betul diperhatikan agar pasokan darahnya tidak sampai kurang. Cara memenuhi kebutuhan darah tersebut adalah mengkonsumsi makanan kaya zat besi. Ikan asin adalah salah satu makanan kaya zat besi yang aman dikonsumsi oleh bumil.

Anemia jika dibiarkan tentu akan mengganggu aktivitas ibu hamil. Tubuh akan selalu lemas dan tidak bisa fokus dalam melakukan apapun. Jadi sebaiknya penuhi kebutuhan zat besi agar tidak sampai terkena anemia selama masa kehamilan. Mengapa zat besi yang dibutuhkan, karena zat besi bisa memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

Bahayakah Ikan Asin Untuk Bumil?

Ikan asin dianggap berbahaya bagi ibu hamil karena sudah diolah dan diawetkan. Namun nyatanya manfaat ikan asin untuk ibu hamil cukup baik sehingga tidak ada larangan ibu hamil makan ikan asin ini. Hanya saja jangan terlalu banyak atau terlalu sering. Sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan mendatangkan manfaat namun mengundang penyakit. Jadi jika gemar sekali makan ikan asin, selama masa kehamilan tetap bisa mengkonsumsi ikan asin tersebut namun tidak boleh secara terus menerus. Ikan asin bisa dijadikan sebagai selingan agar tidak bosan dengan menu makanan harian yang itu-itu saja.